Hastag Campus

Selain Buat Tambahan, Ini 5 Alasan Mahasiswa Perlu Bekerja Sampingan

Menjadi mahasiswa tentunya sudah gak sama kayak saat SMA lagi ya. Biaya untuk keperluan kuliah dan lainnya pun juga sudah gak semurah saat SMA. Pasti akan ada perubahan dan yang pasti semuanya semakin meningkat.

Ditambah lagi, saat kuliah kita lebih merasakan tanggung jawab untuk mengurangi beban orangtua. Rasanya, sudah mulai gengsi untuk terlalu sering minta uang jajan sama orangtua, setuju gak?

Buat kamu yang merasakan perasaan seperti ini, kamu bisa banget lho untuk mulai mencoba bekerja sambil kuliah. Ada beberapa alasan juga nih yang bisa mendorong kamu untuk lebih termotivasi lagi mencari pekerjaan sampingan.

1. Menambah pengalaman
Pengalaman merupakan guru paling berharga yang gak ada duanya dan gak akan kita dapat di kampus terbaik sekalipun. Pengalaman akan didapat dari kehidupan yang sesungguhnya. Mulai bekerja sambil kuliah akan membuat kamu menyadari betapa kerasnya dunia sehingga kamu gak akan hidup untuk bermain-main seperti mahasiswa lainnya. Kamu pun akan jadi pribadi yang lebih dewasa tanpa kamu sadari, lho.

Baca juga: Inilah 5 Trik Ampuh Kerja Keras Tanpa Membuang Waktu!

2. Mengurangi beban orangtua
Bekerja berarti kita akan mendapatkan penghasilan tambahan, sehingga, uangnya bisa kita tabung atau gunakan sebagai keperluan sehari-hari. Alhasil, kita jadi gak sering minta uang saku sama orangtua. Pasti deh orangtua kita akan bangga banget.

3. Bisa buat menambah isi CV juga
Ketika kamu lulus nanti dan akan memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, pekerjaan paruh waktumu selama kuliah bisa dijadikan sebagai penambah isi CV mu lho. Banyak banget perusahaan besar yang mengedepankan pengalaman kerja calon pegawainya. Karena, itu menandakan dia layak mendapatkan posisi di kantor tersebut.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja, Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapetin

4. Membuka wawasan
Bekerja sambil kuliah juga akan membuka wawasanmu. Kamu akan bertemu dengan orang yang mungkin usianya lebih tua darimu dan kamu jadi lebih tahu soal kerasnya dunia. Sehingga, kepribadianmu pun jadi lebih terbentuk dan kepekaan sosialmu lebih terasah dibanding orang lain yang seusiamu.

5. Mengasah kemampuan mengatur waktu
Mengatur dan membagi waktu merupakan kemampuan yang hanya bisa dimiliki jika kamu terjun langsung untuk mempraktekkannya. Sebagai mahasiswa yang juga harus bekerja, mau gak mau kamu akan mengasah bakat mengatur waktu ini. Memang bukan hal yang mudah, tapi manfaatnya akan kamu rasakan kok suatu saat nanti.

Bekerja sambil kuliah memang menyenangkan dan memberi manfaat. Tapi ingat, jangan sampai terlena dan tetap tanamkan dalam benakmu bahwa kewajiban utamamu adalah untuk menyelesaikan studi-mu ya.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star