Hastag Campus

Selagi Masih Kuliah, 11 Kursus Ini Akan Melejitkan Nilai Jualmu Saat Berkarier Nanti

Kuliah itu ibarat mengumpulkan modal untuk meniti karier atau masa depan. Namun seringkali mahasiswa tidak mengacuhkan bahwa ada keterampilan lain yang tidak diajarkan di perkuliahan, juga penting untuk dipelajari.

Padahal keterampilan tersebut bisa melejitkan harga jual para mahasiswa ketika sudah bekerja nantinya. Satu cara untuk mendapatkan keterampilan itu adalah melalui kursus.

Kursus-kursus yang seolah sepele ini sebenarnya sangat baik diambil oleh para mahasiswa. Apa sajakah kursus tersebut?

1. Kursus Menyetir
Apa jadinya bila suatu saat karena kepentingan dinas, kamu diminta bosmu untuk menemaninya presentasi di kantor klien, namun ternyata kamu belum bisa menyetir mobil. Apa coba yang akan kamu katakan pada bosmu?

Masak bosmu yang akan menyetir, sedangkan kamu malah duduk santai di sampingnya. Sebelum menyesal akan datangnya hari itu, belajarlah cara menyetir mobil ya!

Baca juga: 5 Sifat yang Harus Kamu Miliki Sebelum Masuk Dunia Kerja

2. Kursus Bahasa Inggris
Di era globalisasi sekarang ini, besar sekali kemungkinannya kamu akan mendapat pemimpin perusahaan atau klien orang asing. Satu-satunya komunikasi yang bisa digunakan adalah bahasa internasional, yaitu Bahasa Inggris.

Apalagi sekarang sudah banyak sesi wawancara perekrutan karyawan yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai satu di antara komponen penilaian. Sayangnya, tidak sedikit mahasiswa baru niat ikut kursus Bahasa Inggris ketika sudah sibuk skripsi. Sehingga ia tidak bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk interview.

3. Kursus Komputer Perkantoran
Kamu mungkin hanya menggunakan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word. Sedikit sekali menggunakan aplikasi pengolah angka seperti Microsoft Excel. Padahal di dunia kerja, Microsoft Excel dan Power Point adalah makanan sehari-hari para pekerja.

Semakin banyak kamu menguasai dan memahami fungsi-fungsi Microsoft Excel dan Power Point, sungguh itu sangat membantu kamu di pekerjaan nantinya.

Makanya, walau kamu tidak banyak menyentuh dua aplikasi tersebut saat kuliah, tidak ada salahnya kursus Komputer agar keahlianmu makin bertambah.

4. Kursus Pemotretan
Di perusahaan manufaktur lantai produksi maupun lapangan, pasti akan banyak pelaporan yang satu komponen pentingnya adalah melampirkan foto. Jadi, ada baiknya kamu mengambil kursus ini.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja, Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapetin

5. Kursus Bahasa Asing Lainnya
Terbukanya era perdagangan bebas membuat banyak Negara yang mencoba peruntungannya di Negara kita. Sebut saja Negara Tiongkok. Untuk memudahkan komunikasi dengan mereka, ada baiknya kita mengambil kursus Bahasa Mandarin.

6. Kursus Internet Marketing
Kamu tidak perlu menunggu waktu untuk mempelajari itu semua. Mulai dari sekarang, sembari kamu mengerjakan tugas-tugas semester satu yang belum banyak, ambillah kursus di bidang ini.

7. Kursus Komputer
Di dunia kerja nanti kamu akan banyak bersinggungan dengan komputer. Apabila ada masalah di komputer kantor milikmu, kamu bisa membetulkan sendiri tanpa harus menunggu orang IT datang ke mejamu. Bahkan untuk perusahaan yang belum memiliki sistem yang bagus, kamu yang sudah memiliki pengetahuan tentang ,ini bisa menjadi pengusul untuk membuatkan jaringan, yang akan memudahkan orang bekerja di perusahaan itu.

Pokoknya kamu gak bakal rugi bila mempelajari kursus ini.

8. Kursus Desain
Satu pekerjaan yang akan kamu kerjakan adalah berhubungan dengan promosi ke masyarakat atau departemen lain. Di sinilah pentingnya kamu menguasai ilmu desain ini. Kamu yang sudah mengambil kursus ini akan terampil membuat poster program untuk departemen kamu, sehingga departemenmu akan sangat terbantu berkat keterampilan yang kamu miliki.

9. Kursus Menjahit
Mengambil kursus menjahit juga akan membuatmu produktif di sela-sela waktu menunggu jawaban lamaran pekerjaan. Bahkan kamu bisa buka bisnis sampingan sendiri nantinya.

10. Kursus Teknisi Handphone
Mungkin saja suatu saat atasan atau rekan kerja akan menceritkan smartphone-nya sedang bermasalah. Nah, kalau kamu sudah kursus, kamu bisa menawarkan diri untuk membantunya tanpa dipungut biaya. Kalau sudah begitu, atasan mana yang tidak tertarik dengan kamu yang serba bisa ini.

11. Kursus Memasak
Ini terutama bagi mereka yang akan bekerja berdasarkan sistem proyek, misalkan dua tahun ini mengerjakan waduk di Batam, kemudian dua tahun berikutnya mengerjakan proyek pembangkit listrik di Sumatera Utara.

Mereka yang bekerja dengan sistem tersebut akan tinggal di sebuah mess, yang kadangkala makanannya tak sesuai dengan lidah kamu. Kalau kamu sudah kursus keterampilan memasak, jadi terbantu. Berbekal kompor, minyak, penggorengan dan bumbu-bumbu sederhana, kamu bisa membuat sendiri masakan yang benar-benar kamu inginkan.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star