Hastag Campus

Berbeda Pendapat Dengan Orang Tua Dalam Memilih Jurusan? Pahami 6 Tips Ini

Dapat melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah merupakan harapan banyak orang, apalagi jurusan kuliah yang kita pilih sesuai dengan passion yang kita miliki. Tetapi tak jarang orangtua ikut serta merekomendasikan jurusan pilihan mereka, bahkan sampai memaksakan kehendaknya, meski jurusan tersebut tidak sesuai dengan passion atau hal yang kita sukai.

Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut? Berikut ini adalah tips untuk kamu yang mengalami masalah perbedaan pendapat dengan orangtua seputar jurusan kuliah.

1. Dengarkan dan pertimbangkan saran dan argumen orang tuamu
Lebih baik jangan membantahnya sebelum orang tuamu selesai memberikan nasihat dan saran. Karena memotong pembicaraan orangtua akan membuat suasana menjadi semakin rumit. Setelah mendengarkan saran dari orangtuamu ada baiknya kamu tidak menolak mentah-mentah nasihat mereka.

Cobalah untuk mengambil plus dan minusnya serta efek jangka panjang dan jangka pendeknya, siapa tahu saran dari orangtuamu ada benarnya juga. Sebab, semua orang tua pasti menginginkan sesuatu yang terbaik untuk anaknya.

Baca juga: Bocoran 5 Trik yang Tak Biasa Agar Lulus Ujian Tanpa Ikut Les

2. Jika ingin mempertahankan pendapat, terlebih dulu cari referensi sebanyak-banyaknya tentang jurusan yang kamu sukai
Jika kita sudah memikirkan matang-matang apa saran dari orang tua kita tetapi kita tetap yakin ingin mengambil jurusan kuliah sesuai dengan passion yang kita miliki, kita harus berani menerangkan apa yang kita inginkan kepada orangtua. Tapi sebelum itu, pastikan kamu sudah punya cukup bekal untuk berargumen.

Cari referensi sebanyak-banyaknya terkait jurusan yang akan kamu pilih. Mulai dari universitas, biaya, sampai prospek kerja. Jadi saat ditanya orangtuamu mengenai jurusan itu, kamu lancar menjawabnya dan terlihat bersungguh-sungguh, dengan cara itu bisa jadi orangtua akan luluh dengan pilihanmu.

3. Cari waktu yang tepat untuk mengungkapkan pendapatmu
Saat ingin menyampaikan keinginanmu untuk memilih jurusan kuliah sesuai dengan keinginanmu, carilah waktu yang tepat misalnya saat santai bersama keluarga. Hindari menyampaikanya pada saat yang kurang baik misalnya saat orangtuamu sedang lelah atau mood-nya buruk. Soalnya, hal itu dapat mempengaruhi jawaban dari keinginanmu.

Waktu yang paling tepat untuk mengajak mereka berdiskusi adalah ketika mereka sedang senang. Mereka akan lebih fokus dan positif dalam mendengarkan maupun menanggapi pendapatmu.

Baca juga: Semangat, 7 Kelebihan Ini Dimiliki Olehmu yang Kuliah Sambil Kerja 

4. Jabarkan argumenmu secara lengkap dan detil dengan nada yang tenang
Setelah memperoleh referensi dan waktu yang tepat untuk berdiskusi, jelaskan kepada orangtua beberapa alasan mengapa kamu berkeinginan mengambil jurusan tersebut, lebih baik tidak hanya mengandalkan jawaban karena kata hati saja lengkapi penjelasanmu dengan hal yang lebih meyakinkan misalnya kesempatan kerja yang akan didapat jika mengambil jurusan tersebut dan manfaat lainnya.

Yakinkan mereka bila ini benar-benar yang kita inginkan serta berkomitmen untuk sungguh-sungguh menjalani masa perkuliahan. Jangan lupa untuk menjelaskan bahwa kuliah bukanlah waktu yang sebentar, jadi kenyamanan adalah hal yang paling utama dan akan mempengaruhi nilai yang nantinya kamu dapatkan, biarkanlah dirimmu bisa melewati masa-masa kuliah dengan nyaman dan penuh semangat.

5. Buktikan bahwa kamu bisa bertanggung jawab dengan pilihanmu
Kamu harus membuktikan jika kamu akan bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab dengan pilihanmu. Salah satu caranya adalah dengan giat belajar dan bersikap lebih baik. Misalnya jika kamu biasanya cukup manja dan ingin mengambil jurusan di universitas yang ada di luar kota atau luar negeri, kamu harus mengubah sikapmu menjadi lebih mandiri. Contohnya dengan membantu ibumu mengerjakan pekerjaan rumah. Ini mungkin akan membuat orangtuamu memberikan kepercayaan lebih buatmu.

6. Jangan lupa berdoa
Jangan lupa untuk senantiasa berdoa kepada yang Maha Kuasa karena hanya Dialah yang dapat membolak-balikan hati manusia. Berdoalah agar jalan yang kamu ambil adalah jalan yang tepat dan orangtua akan merestuimu untuk melanjutkan pendidikan sesuai dengan kata hatimu. Dengan restu dari orangtua, semua akan menjadi lebih mudah.

Nah, itu dia beberapa tips dalam menyikapi perbedaan pendapat dengan orang tua terkait pilihan jurusan kuliah. Buat kamu yang tengah dilema, semoga segera mendapatkan titik temunya!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star