Hastag Campus

4 Cara Mahasiswa Menambah Penghasilan Tanpa Ganggu Kuliah

Kalau mahasiswa zaman old bisa dibilang sulit sekali untuk bisa menambah pundi-pundi uang saku bulanan dikarenakan belum banyak lapangan pekerjaan yang ramah dengan mahasiswa. Namun sekarang hal itu sudah sangat berbeda.

Mahasiswa zaman now sudah punya banyak sekali peluang untuk bisa mengeksplor berbagai hal. Karena melek internet dan semakin banyak lapangan kerja yang tersedia secara online, maka mahasiswa sekarang bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan sendiri dan tambahan uang saku bulanan.

Buat kamu yang masih mahasiswa dan ingin menambah penghasilan bulanan, kamu bisa coba apply dan melakukan hal ini!

1. Jago design? Join aja di website kontes design yang memberikan hadiah uang cukup besar
Kalau kamu punya skil design yang cukup oke, coba saja kamu join sebagai freelance design di website penyedia kontes design seperti sribulancer.com dan 99designs.com Di sini kamu gak perlu terikat waktu dan terikat kontrak kerja apapun. Kamulah yang menentukan pekerjaan yang akan kamu ambil. Simple bukan?

Baca juga: Berbeda Pendapat Dengan Orang Tua Dalam Memilih Jurusan? Pahami 6 Tips Ini

Contest holder (perusahaan/ instansi/ orang) yang membuat kontes design akan mengumumkan brief lengkap melalui website tersebut. Ada banyak design yang dilombakan, mulai dari logo, poster, brand identity pack dan masih banyak lagi. Tinggal kamu cari-cari sendiri deh mana kontes design yang bisa kamu ikuti. Kalau design-mu berhasil terpilih, salarynya cukup besar lho yaitu dimulai dari sekitar Rp2 jutaan. Cobain deh!

2. Mengasah fotografi juga bisa menghasilkan uang. Karyamu bisa kamu jual di website penyedia stok foto
Bisa saja kamu bekerja sebagai fotografer paruh waktu di studio foto atau di akhie pekan untuk acara wedding. Namun seringkali waktu menjadi kendala, karena statusmu masih mahasiswa.

Nah, kalau kamu sering hunting foto-foto keren, kamu bisa tuh menjual karya fotomu ke situs yang menerima kontribusi foto dari fotografer lepas. Seperti contohnya Shutterstock, 123rf, iStock, dll. Kamu tak harus terikat kontrak dengan sebuah perusahaan atau terkendala waktu, karena kamu bisa mengatur sendiri kapan kamu bisa bekerja.

3. Menulis artikel gak bisa dapat penghasilan? banyak media yang bakal kasih reward uang untuk karya tulismu!
Kalau kamu suka banget menulis, jangan sia-siakan skill menulis yang kamu miliki. Karena di era digital ini, banyak sekali situs-situs yang membutuhkan karya tulismu. Dan kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadikan penghasilan tambahan.

Kamu bisa saja ngeblog, tapi jika blog masih baru dan tak banyak visitor, mungkin penghasilan yang kamu dapat tidak signifikan. Karena itu kamu perlu mengirimkan karya tulismu ke media-media besar yang menyediakan platform UGC untuk menulis. Ada banyak pilihan kategori artikel yang bisa kamu tulis. Kamu cukup menyesuaikan dengan gaya bahasa media tersebut.

Baca juga: 7 Tips Dapatkan Manfaat Maksimal dari Buku yang Kamu Baca

Kamu bisa punya waktu yang fleksibel untuk kerja sampingan, karena kamu bisa nulis di mana aja dan kapanpun kamu bisa. Bahkan beberapa media ada yang menyediakan platform menulisnya di aplikasi smartphone lho, jadi kamu bisa makin fleksibel deh kerjanya. Soal penghasilan, media-media tersebut biasanya akan memberikan reward yang fair buat karya tulismu. Setidaknya, kamu bisa menghasilkan pendapatan Rp1,5 – 4 juta setiap bulannya lho!

4. Jago berbahasa asing? Rugi kalau kamu gak nyoba jadi freelance translator
Saat ini makin banyak situs-situs layanan penyedia job untuk freelancer. Salah satu pekerjaan yang banyak ditawarkan adalah translator bahasa asing. Kalau kamu mahasiswa yang sedang studi bahasa asing, pastinya ini cocok banget buat kamu. Situs seperti sribulancer, upwork, gobann, projects, dan masih banyak lagi.

Untuk setiap project bisa dihargai bermacam-macam, namun juga ada yang sudah tertera harga pastinya. Biasanya minimal 1 project akan diberikan salary sebesar Rp50.000, lumayan bukan? kamu juga bisa kapan saja mengambil job sesuai dengan waktu luangmu.

Itulah tadi beberapa pekerjaan sampingan untuk mahasiswa zaman now. Di era yang serba digital seperti saat ini, semakin mempermudah kamu untuk menambah uang penghasilanmu. Hanya dengan bermodalkan internet saja kamu bisa dapatin penghasilan sendiri lho, syukur-syukur kamu bisa bantu orangtuamu untuk meringankan beban biaya kuliah!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star