Bocoran 5 Trik yang Tak Biasa Agar Lulus Ujian Tanpa Ikut Les

1. Reset Hidupmu
Kamu memang bukan alat elektronik yang mudah di-reset. Namun ini maksudnya untuk memperbaiki pola hidup yang kurang baik. Sehingga kebiasaan baik itu bisa mudah lebih dikerjakan.

Mulailah dari kebiasaan kecil seperti mandi setiap hari meski sedang libur, cukup makan sehat, atau tidur teratur pada pukul 10 malam.

2. Buat Timeline
Ini adalah unsur yang paling penting agar kamu dapat mengingat kapan waktu yang tepat untuk belajar. Tentukan pukul berapa biasanya kamu bangun pagi, hingga selesai persiapan pagi seperti mandi dan sarapan. Kemudian atur jam belajar, makan, dan istirahat.

Menurut ilmu kesehatan, otak paling baik dipakai di atas jam 10 pagi. Jadi ada baiknya, pagi hari kamu mulai membaca dan mengulang ilmu yang telah lalu. Kemudian jam 10 hingga 12 siang, kamu bisa mengerjakan soal atau menuntaskan permasalahan yang belum terpecahkan.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Tahu, 5 Cara Mendapatkan Nilai Plus dari Dosenmu

Dari jam 12 hingga 2 siang, kamu pergunakan untuk istirahat, beribadah, dan makan. Di atas jam 2 siang biasanya otak mulai lelah sehingga bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan tugas seperti mengarang atau mencatat.

3. Tentukan Target
Belum tentu kalian memilih tidak les karena kekurangan biaya atau merasa sudah cukup pintar. Beberapa individu lebih suka belajar sendiri karena tidak suka energinya terlalu divorsir dalam durasi les yang cukup panjang. Tetapi kelemahannya adalah kalian jadi sering lalai, untuk itu tanamkan niat!

Pikirkan berapa banyak soal yang sudah dibahas oleh teman saat bimbingan belajar. Targetkan berapa soal yang harus kalian bahas setiap hari, berapa lama waktu kalian untuk mengerjakan 100 soal, berapa minimal jawaban benar yang kalian inginkan agar mencapai nilai tertentu sampai akhir bulan ini. Catat dan tempelkan di tempat yang mencolok sebagai motivasi kalian.

4. Say No to Media Sosial
Sudah punya kebiasaan baik, sudah punya target, tapi kalian masih suka molor akibat kelamaan main ponsel. Sebaiknya pada waktu belajar yang telah ditentukan, jauhkan ponsel, misal letakkan di dalam tas dalam keadaan mode diam. Bila menemukan soal yang sulit, sebaiknya dicatat dulu dan dicari di internet di luar jadwal belajar.

Baca juga: Semangat, 7 Kelebihan Ini Dimiliki Olehmu yang Kuliah Sambil Kerja 

5. Pakai Inderamu
Ujian yang menentukan nasib tidak hanya memanfaatkan kepintaran otak, tetapi juga keberuntungan. Jadi jangan lupa untuk selalu rajin beribadah. Selain itu pergunakan semua inderamu saat mempelajari sebuah topik.

Pertama, bacalah dan ucapkan dengan suara keras, kemudian direkam agar dapat didengar ulang sebelum tidur. Lalu tulis poin penting dengan tulisan indah dan pulpen warna-warni. Agar kamu lebih rileks, konsumsi teh hijau saat belajar juga cukup membantu.

Semoga sukses!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s