Mahasiswa Wajib Tahu, 5 Cara Mendapatkan Nilai Plus dari Dosenmu

Pernah nggak sih kamu merasa sudah belajar mati-matian tapi nilaimu tetap saja jelek saat ujian? Di kelas pun kamu sudah memperhatikan penjelasan dari dosen tapi kamu masih juga belum bisa memahami. Psstt, sebenarnya kebanyakan dosen tidak hanya memberikan nilai dari lembar jawaban ujian kamu saja loh, tetapi juga menilai bagaimana attitude dan effort kamu selama kuliah.

Oleh karena itu, selain giat belajar sebaiknya kamu mulai memperbaiki kualitas diri kamu saat kuliah. Dengan begitu, biasanya kebanyakan dosen akan mempertimbangkan kerja keras kamu sebagai nilai plus. Mau tahu apa saja yang membuat para dosen bisa memberikan nilai plus kepadamu? Yuk simak kelima cara ini.

1. Jadilah mahasiswa teladan yang tidak pernah terlambat
DI awal perkuliahan biasanya dosen dan mahasiswa akan membicarakan tentang kontrak perkuliahan dan beberapa kesepakatan termasuk dalam hal keterlambatan. Toleransi keterlambatan yang biasanya diizinkan oleh dosen adalah sekitar 10-15 menit. Namun demikian, berusahalah untuk tidak pernah terlambat sama sekali. Kalau kamu sering terlambat walaupun masih dalam batas toleransi, dosen akan menganggap kamu kurang menghargai perkuliahan yang sedang kamu jalani. Alih-alih mendapat nilai plus, kamu justru sedang menanam nilai minus. Jadi, jangan terlambat lagi ya.

Baca juga: Meski Tak Ada Biaya, 7 Cara Ini Bisa Membuatmu Kuliah Setinggi Mungkin

2. Duduk di barisan depan untuk memperoleh secercah harapan
Kalau kamu adalah mahasiswa yang kuliah hanya untuk memenuhi daftar kehadiran biasanya kamu sangat enggan duduk di barisan depan. Padahal, dengan duduk di barisan depan kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Yang jelas kamu bisa lebih fokus memperhatikan perkuliahan.

Nggak mungkin kan kamu ngobrol dengan temanmu padahal dosen ada tepat di hadapanmu. Ini artinya materi perkuliahan akan terserap lebih baik dibandingkan ketika kamu duduk di belakang. Selain itu, kamu menjadi lebih mudah dikenali bahkan dihafal oleh dosenmu. Duduk di barisan depan artinya kamu antusias dan mau mengusahakan yang terbaik untuk kuliahmu. Para dosen sangat menyukai hal itu.

3. Aktif dan responsif agar tidak dianggap mahasiswa fiktif
Tidak diragukan lagi semua dosen sangat senang dengan mahasiswa yang aktif dan responsif di kelas. Aktif bertanya dan memberikan respon di kelas artinya kamu benar-benar memperhatikan apa yang dosen jelaskan. Kamu tidak perlu khawatir jika respon atau pertanyaanmu akan dianggap bodoh oleh teman-temanmu karena seringkali mereka juga ingin menanyakan hal yang sama dengan yang ingin kamu tanyakan atau nyatakan. Dan lagi, faktanya adalah dosen sangat mengapresiasi terhadap respon sekecil apapun, seremeh apapun.

Begitu juga ketika dosen meminta mahasiswa untuk mengerjakan soal di papan tulis, jadilah yang pertama. Majulah dengan berani dan jangan takut jika yang kamu kerjakan ternyata salah. Mahasiswa membuat kesalahan dalam menyelesaikan soal sangat bisa ditolerir oleh dosen, yang tidak bisa ditolerir adalah ketika mahasiswa melakukan kebohongan. Maju dan kerjakanlah tanpa takut salah, karena seorang dosen akan selalu membantumu berbenah.

Baca juga: Khusus Mahasiswa: Ini Trik Bikin Portfolio Keren Biar Cepat Dapet Kerja!

4. Bersikap ramah tapi sopan tanpa celometan
Beberapa dosen menganggap mahasiswa bukanlah sebagai seseorang yang lebih bodoh atau lebi rendah daripada dirinya melainkan seorag rekan yang sedang belajar bersamanya. Tak jarang dosen bersikap ramah kepada mahasiswa layaknya teman sebaya. Namun, dosen tetap tidak menyukai jika keramahannya disalah-artikan sampai-sampai mahasiswa bisa celometan padanya. Itu adalah sebuah kesalahan besar. Bersikaplah ramah tapi sopan karena celometanmu akan memperburuk citra dirimu.

5. Berbuat curang adalah hal yang sangat terlarang
Tidak pernah terlambat, selalu duduk di barisan depan, aktif di kelas, bersikap sopan dan segala hal baik yang sudah kamu lakukan akan sia-sia kalau dosen melihatmu berbuat curang saat ujian. Sekali lagi mahasiswa boleh melakukan kesalahan tetapi tidak boleh melakukan kebohongan termasuk berbuat curang.

Jangan sampai karena mencontek sedetik merusak image-mu selamanya. Kamu harus tahu bahwa dosen sangat enggan membantu mahasiswa yang suka berbuat curang. Beberapa dosen yang memiliki integritas sangat tinggi bisa memberikan nilai E seketika saat tahu mahasiswanya mencontek. Jadi, hentikan kecuranganmu sekarang atau indeks prestasimu jatuh ke dasar jurang. Kalau sudah begitu kamu harus mengulang lagi kuliahmu tahun depan. Sayang, kan.

Nah guys, coba evaluasi dirimu. Apakah kamu sudah melakukan kelima cara di atas? Jika belum, kamu bisa memulainya saat ini juga. Tambah waktu belajarmu, perbaiki kualitas dirimu, maka para dosen akan bangga padamu dan mudah memberikan nilai plus untukmu.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s