Hastag Campus

6 Cara Menikmati Berkahnya Bulan Ramadan ala Mahasiswa Rantau

Biasanya momen yang paling berkesan dan dinantikan saat Ramadan datang adalah momen dimana kita bisa buka dan sahur bersama keluarga seperti ngabuburit sambil jalan-jalan mencari ta’jil bersama ayah, makan masakan yang ibu buat, dan bercengkrama di ruang keluarga sambil nunggu adzan Maghrib.

Namun, ada saatnya kita dihadapkan pada jarak di mana momen tersebut akan menjadi langka, misalnya menjadi mahasiswa rantau di kota orang. Keadaan tersebut terkadang membuat kita sedih karena yang biasanya sahur ada yang bangunin dan buka puasa ada yang masakkin, namun saat ini kamu harus benar-benar melakukan sendiri dan mandiri.

Eitss…jangan buru-buru sedih ya guys! Kamu bisa menikmati Ramadanmu di tanah rantau agar lebih berkah dengan melakukan 7 kegiatan di bawah ini!

1. Mengikuti Acara Kampus
Saat Ramadan datang, organisasi kampus akan mengadakan banyak agenda yang mendukung kegiatan di bulan Ramadan tersebut seperti bagi-bagi takjil, sahur on the road, kajian islam, berbagi makanan bareng anak yatim, dan festival Ramadan.

Kamu bisa lho bergabung dan ikut kepanitiaan di dalamnya sehingga rasa sepimu menjadi anak rantau yang jauh dari keluarga akan sedikit berkurang. So, manfaatkan setiap waktumu dengan kegiatan positif di bulan Ramadan.

Baca juga: 8 Tips Hemat ala Mahasiswa Biar Gak Nyusahin Orang Tua Terus

2. Rutin datang ke kajian
Saat Ramadan datang, banyak masjid yang mengadakan agenda kajian rutin. Kajian tersebut biasanya dilakukan saat menjelang buka puasa dan sehabis salat subuh. Kamu bisa memanfaatkan waktumu dengan mengikuti kajian rutin tersebut. Dengan ikut kajian kamu bisa belajar dan menambah wawasanmu tentang ilmu agama.

Jadi, yuk berbenah di bulan yang penuh berkah dengan menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Mengajar anak di TPA, boleh nih kamu coba
Mengajar anak di TPA tidak ada salahnya kamu coba untuk mengisi bulan Ramadan kali ini. Kamu bisa mengajar mereka mengaji, bercengkrama, dan bermain bersama anak. Bukankah hal itu sangat menyenangkan?

4. Belajar usaha dengan berjualan makanan
Kamu suka dunia bisnis dan hobi berjualan? Tidak ada salahnya kamu mencoba memanfaatkan peluang di bulan Ramadan ini dengan menjual aneka makanan berupa ta’jil, aneka es, kolak, dan makanan ringan sambil ngabuburit menunggu waktu buka puasa tiba.

Selain itu kamu juga akan mendapat penghasilan sendiri dari usahamu berjualan lho guys. Hal ini bisa menjadi langkah awalmu untuk mencoba berbisnis. Siapa tahu daganganmu bisa berkembang dan laku banyak.

Baca juga: Bakal Ikut Magang atau Praktik Kerja Lapangan? Ikuti 5 Tips Ini!

5. Nikamati bukber dan sahur bareng teman kost
Selanjutnya yaitu kamu bisa menikmati momen buka bersama dan sahur dengan teman-teman kostmu. Kamu bisa ngabuburit dan jalan-jalan bareng mereka. Kebersamaan dengan temanmu itulah sebagai obat rindu akan keluarga di rumah.

Jadi manfaatkan setiap waktu dan momen yang kamu punya dengan mereka. Jika nanti sekiranya ada waktu libur kamu bisa pulang kampung sebentar untuk bersua dengan keluargamu.

6. Tarawih dan tadarus bareng
Biar semakin berkah ibadah Ramadhanmu, malamnya tunaikan salat tarawih di masjid dan setelahnya kamu bisa tadarus mengaji Quran. Daripada kamu membuang waktu hanya di kost, yang biasanya kamu jarang ke masjid, momen Ramadan ini bisa kamu manfaatkan untuk memperbaiki kualitas ibadahmu lho guys. Dengan begitu semoga amal ibadahmu bertambah di bulan Ramadan ini.

Itulah 6 cara menikmati berkahnya bulan Ramadan untuk mahasiswa rantau yang jauh dari keluarga. Yuk, manfaatkan setiap waktumu dengan kegiatan positif di bulan yang penuh kemenangan ini. Tetap semangat ya !

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star