Hastag Campus

8 Tips Hemat ala Mahasiswa Biar Gak Nyusahin Orang Tua Terus

Menjadi seorang mahasiswa yang merantau pasti selalu ada suka duka di setiap momen, termasuk soal keuangan yang pas – pasan di akhir bulan. Menjadi mahasiswa dituntut untuk dewasa karena dilihat dari umur sudah bukan remaja lagi, namun bila dilihat dari kemapanan para mahasiswa belum mampu mencari uang. Terlebih, buat kamu yang merasa gak mau jadi beban orang tua terus pasti gaya hidup irit merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan.

Nah gak usah bingung dan ribet, yuk terapkan gaya hidup irit ala mahasiswa di bawah ini, dijamin kamu bisa meringankan beban orang tuamu yang jauh di sana.

1. Masak sendiri atau cari rumah makan yang miring harganya
Kalau buat cewek sih gak ribet kalau harus masak setiap hari untuk mengirit biaya hidup di perantauan. Nah kalau cowok? Buat para cowok, kamu lebih baik mencari rumah makan yang harganya merakyat untuk mengirit biaya hidupmu. So, rajin – rajin mencari rumah makan yang harganya miring ya.

Baca juga: Jangan Bersedih, Ini 5 Alasan Kenapa Ujian Hidup Harus Kamu Nikmati

2. Makan bolehlah diluar tapi airnya bawa sendiri dari kosan
Sesekali makan di luar, tapi airnya tetap bawa dari kosan untuk mengirit biaya. Jangan salah lho, pengeluaranmu akan lebih irit jika kamu selalu membawa air minum saat makan di luar.

3. Bilang lagi gak punya uang buat temen yang doyan ngajakin kamu nongkrong di resto mahal
Disaat kamu lagi pengen irit biaya eh temanmu kerjaannya mengajakmu ke tempat makan mahal terus. Nah di sinilah kamu harus pintar – pintar menolak temanmu dan bilang apa adanya jika kamu saat ini tak punya uang.

4. Maksimalkan wifi kampus, irit kuota
Untuk urusan tugas dan lainnya, sebaiknya kamu maksimalkan wifi kampus sebagai prasaranamu dalam mengakses internet. Dengan begitu, kamu akan jauh lebih irit untuk urusan kuota.

5. Daripada beli buku mending pinjam ke senior
Mahasiswa yang irit berarti merupakan mahasiswa yang cerdas, buktinya daripada beli buku kuliah yang mahal lebih baik pinjam punya senior atau alumni sejurusan. So, dari sekarang kamu wajib punya kenalan kakak senior sebanyak mungkin biar buku – buku kuliahnya bisa dihibahkan padamu.

Baca juga: Pengen Dapat Beasiswa di Luar Negeri? Simak 5 Tips Ala Jerome Polin

6. Nongkrong di kosan teman saat kamu sedang jenuh
Daripada nongkrong di tempat mahal, mending kamu nongkrong di kosan teman untuk menghemat biaya keseharianmu saat kuliah. So, hidup irit bukan lagi paksaan jika kamu menjalani segalanya dengan happy.

7. Periksa struk pengeluaranmu
Pasti bingung kan kemana raibnya uangmu dan kamu gak ingat apapun? Nah maka dari itu sebaiknya kamu rajin – rajin kumpulkan struk pembayaran buat beli camilan biar kamu tahu kemana raibnya uangmu selama ini. Selain itu, kamu bisa lebih memilah dan memilih mana camilan yang harganya miring dan pas buat kantongmu.

8. Berpikir ulang sebelum membeli sesuatu
termasuk urusan soal faedahnya. Lebih baik kamu hindari membeli barang – barang unfaedah yang akan membuat keuanganmu jebol. So, pikirkan kembali baik dan buruknya segala hal agar kamu tak menyesal.

Hal besar dimulai dari hal kecil. Jadi yuk mulai bantu ringankan orangtua dengan hal-hal kecil di atas.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star