Kuliah Sambil Kerja, Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapetin

Banyak mahasiswa yang sudah mulai bekerja meski masih duduk di bangku kuliah. Alasan mereka beragam, mulai dari alasan ingin mencari uang saku tambahan, mengisi waktu luang, atau untuk mencari relasi. Meski terkesan melelahkan kuliah sambil bekerja tidak hanya membuat kamu produktif, lho! Tapi kuliah sambil bekerja bisa mendatangkan segudang manfaat, mau tau apa aja sih manfaatnya? Simak yang di bawah ini ya!

1. Belajar memanajemen waktu
Karna kamu memilih kuliah sambil bekerja pastinya kamu dituntut untuk pandai-pandai mengatur waktumu. Kamu harus bisa mengatur waktu untuk kuliah, mengerjakan tugas, belajar, dan bekerja. Meski terkesan bakalan merepotkan hal ini justru akan membuatmu terbiasa dan kamu tidak akan mudah keteteran dalam mengurus waktu. So, bila kamu menghadapi hari-hari yang hectic banget kamu sudah terbiasa deh.

Baca juga: Baru Lulus, Ini 5 Manfaat Tidak Terlalu Pilih-pilih Pekerjaan

2. Kamu bisa bijaksana mengatur dirimu sendiri
Dengan mengambil keputusan bekerja saat bangku kuliah maka satu hal yang pastinya tidak boleh kamu lupain adalah kamu harus bijaksana dalam mengatur dirimu sendiri. Kalau kamu tidak bijaksana maka badanmu bisa-bisa mudah capek bahkan jatuh sakit karena tidak mampu menjaga pola makan atau waktu tidur.

Mau tidak mau waktu untuk hangout bersama teman harus kamu korbankan. Meski begitu, percayalah bahwa apa yang kamu korbankan saat ini tidak akan merugikanmu di masa depan.

3. Tidak akan kaget dengan dunia kerja
Menurut salah satu situs pencari kerja, JobStreet menunjukkan bahwa sebagian besar pencari kerja yang masih fresh graduate tidak memiliki skill mumpuni dan spesifik. Rata-rata dari pencari kerja yang masih fresh graduate hanya memiliki kemampuan umum saja.

Meski demikian, kamu tidak perlu risau sebab bila kamu sudah memutuskan pilihan bekerja sambil kuliah akan membuatmu siap dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti. Bila kamu ingin melamar pada sebuah perusahaan maka pengalamanmu bekerja semasa kuliah pastinya akan sangat membantu.

Selain itu, bila kamu memutuskan untuk berwirausaha maka kamu tidak akan takut memulai langkah dan tidak perlu khawatir akan kerasnya persaingan dalam dunia wirausaha.

Baca juga: Buat Mahasiswa, Ini 5 Tips Cerdas Munculkan Ide Kreatif dalam Bisnis!

4. Kamu akan belajar setia mencintai proses bukan mencintai hasil
Satu yang tidak boleh kamu lupakan adalah saat kamu mulai bekerja meski kamu masih duduk di bangku kuliah, kamu harus menyadari bahwa apa yang kamu lakukan itu adalah sebuah proses menuju tangga kesuksesan. Kamu sudah memulai langkah yang tepat dengan memulai semua jalan kesuksesan semasa kuliah mulai dari nol.

Kamu akan tahu bagaimana rasanya dikecewakan, lelah, bingung, dan bahagia. Dari semua pengalaman itu, kamu akan menyadari bahwa kesetiaan dalam mencintai proses akan menuntunmu pada jalan kesuksesan

5. Gak perlu takut bokek di akhir bulan
Momok bagi mahasiswa adalah bokek di akhir bulan, benar bukan? Tapi momok seperti itu pastinya lambat laun akan hilang sendiri sebab kamu sudah punya pegangan untuk mencukupi kebutuhanmu lewat hasil kerjamu. Apalagi bila kamu memutuskan berwirausaha saat kuliah. Pastinya pendapatan yang kamu dapatkan setiap minggu atau setiap harinya akan sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari sebagai seorang mahasiswa.

So, buat kamu yang saat ini yang masih duduk di bangku kuliah dan masih bingung untuk memutuskan apakah ingin bekerja atau tidak, sebaiknya kamu tidak perlu khawatir untuk memutuskan. karena tidak ada salahnya dan tidak ada ruginya kamu kuliah sambil bekerja.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s