Hastag Campus

5 Tips Hemat Saat Ramadan, Biar Keuanganmu Aman sampai Hari Raya!

Bulan Ramadan seringkali membuat pengeluaranmu membengkak? Padahal kamu justru ingin berhemat. Nyatanya, kamu justru seringkali menghidangkan makanan berbuka secara besar-besaran. Lalu, gimana ya biar bulan puasa tetap bisa berhemat? Bukan hal yang mustahil kok untuk menghemat pengeluaran saat bulan puasa, coba deh ikuti tips ini!

1. Belanja di awal bulan dalam jumlah besar
Meskipun kelihatannya barang yang kamu beli terlihat banyak, tapi belanja dalam jumlah besar bisa lebih hemat lho! Terkadang beberapa toko juga memberikan harga lebih murah pada barang yang diberi dalam jumlah banyak. Lebih baik lagi jika kamu belanja satu minggu sebelum bulan Ramadan sebelum harga bahan pokok naik. Perhatikan diskonnya ya!

Baca juga: 7 Realita Dunia Kerja yang Wajib Banget Diketahui oleh Fresh Graduate

2. Batasi berbuka di luar rumah
Pasti kalau Bulan Ramadan banyak banget ajakan untuk berbuka puasa bukan? Mulai dari teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, semuanya mengajak berbuka puasa bersama sekaligus untuk reuni. Coba deh kamu bikin prioritas, mana buka bersama yang memang benar-benar harus kamu datangi. Kalau kamu terlalu memaksakan untuk mengikuti semuanya, jangan harap kalau pengeluaranmu tidak membengkak ya.

3. Buat camilan takjil sendiri
Daripada beli di luar, mending buat sendiri kan camilan untuk takjil. Hitung-hitung sambil mengisi waktu ngabuburit. Kalau sedang kepepet, kamu bisa rutin pergi ke masjid untuk berburu takjil, sekaligus melanjutkan ibadah salat Magrib. Ide bagus kan?

Baca juga: Sebelum Lulus Kuliah, Pastikan Kamu Sudah Persiapkan 7 Hal Ini

4. Jaga kualitas dan pola makan
Kebanyakan masyarakat menganggap puasa menjadi sesuatu yang harus dirayakan. Boleh saja menyambutnya dengan bahagia, asal tidak berlebihan. Misalnya saat berbuka puasa. Gak perlu lah kamu makan tiap hari di restoran mewah, asal gizi kamu terpenuhi sudah cukup kok. Dengan pola makan seperti ini, tentu saja pengeluaranmu akan bisa dikontrol dengan baik.

5. Manfaatkan promo dan diskon
Ini bisa jadi kesempatanmu saat berbelanja atau memilih tempat untuk buka bersama. Kamu bisa pilih restoran yang menyediakan diskon khusus saat Bulan Ramadan. Kamu juga harus cermat perhatikan diskon-diskon barang yang kamu butuhkan.

Pilihan lainnya, kamu bisa berbelanja ke pasar tradisional untuk mendapat harga yang lebih murah. Luangkan waktu pagi hari atau malam usai tarawih ya.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star