5 Tips Agar Tetap Semangat Bekerja Selama Berpuasa

Bekerja saat sedang melaksanakan ibadah puasa mempunyai tantangan dan sensasi tersendiri. Apalagi jika kamu merupakan pekerja lapangan atau pekerjaan kamu selama bulan Ramadan ini sedang banyak-banyaknya. Pasti akan sangat menuntut semangat yang tinggi dan tidak boleh menjadi malas-malasan.

Puasa sendiri bukanlah alasan untuk menjadi malas atau tidak produktif. Karena meskipun sedang puasa dan perut merasa sangat lapar. Tentunya ada solusi yang bisa kamu lakukan guys. Misalnya dengan lima tips di bawah ini yang bisa membuat kamu tetap semangat bekerja, meskipun sedang berpuasa.

1. Meskipun ngantuk, jangan pernah melewatkan waktu sahur kamu
Makan sahur, sama halnya dengan sarapan pagi dihari-hari biasa. Makan sahur sendiri mempunyai peran yang cukup penting, agar tubuh kamu bisa tetap bugar dan tetap semangat dalam menjalani kegiatan selama berpuasa.

Saat sahur, makanlah makanan yang bisa membuat kamu kenyang cukup lama. Tidak lupa juga makanan yang sehat juga harus kamu perhatikan agar bisa tetap sehat selama bulan Ramadan ini. Tidak hanya sehat, makan sahur juga mempunyai nilai pahala tersendiri lho.

Baca juga: Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Hambat Perkembangan Dirimu

2. Memenuhi kebutuhan cairan selama berbuka dan sahur
Tidak hanya makanan saja yang harus kamu perhatikan. Tentunya asupan cairan juga tidak kalah penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa. Kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan saat sedang berbuka dan juga saat sedang makan sahur.

Tidak hanya menjaga semangat saat sedang bekerja. Memenuhi kebutuhan cairan saat sedang puasa juga bisa menghindarkan kamu dari dehidrasi dan bisa menghilangkan racun-racun yang ada dalam tubuh kamu.

3. Manfaatkan jam istirahat dengan sebaik mungkin
Saat bekerja, pastinya kamu akan mendapatkan waktu untuk beristirahat. Meskipun waktu yang diberikan untuk istirahat tidak terlalu lama. Kamu tetap bisa menggunakannya untuk bisa mengembalikan rasa semangat saat akan memulai bekerja kembali. Setelah melaksanakan salat zuhur dan membaca Quran. Kamu bisa menggunakan waktu yang tersisa dengan melakukan tidur siang. Jangan langsung membuka gadget dan melihat postingan yang tidak perlu. Lebih baik kamu mengembalikan energi dengan cara tidur siang.

Baca juga: 5 Tips Jitu Percaya Diri Jadi Public Speaker, Anti Grogi Deh!

4. Kurangi aktivitas-aktivitas yang bisa membuat semangat kamu menjadi hilang
Manfaatkan waktu dibulan Ramdaan ini dengan sebaik-baiknya. Jika kamu cukup disibukkan dengan deadline yang cukup banyak di kantor. Alangkah baiknya untuk mengurangi kegiatan di luar kerjaan yang bis membuat kamu semakin lelah dan menghilangkan rasa semangat kamu selama bekerja. Misalnya, kamu bisa mengganti olahraga berat dengan olahraga ringan, jangan terlalu sering melihat jam atau waktu berbuka.

5. Lakukan buka bersama orang-orang terdekat
Jangan buka puasa sendirian terus. Meskipun kamu jauh dari keluarga dan saudara-saudara tercinta. Kamu tetap bisa melakukan buka puasa bersama dengan orang-orang terdekat kamu kok. Misalnya dengan rekan kerja atau bisa juga dengan teman satu kontrakan atau kos dengan kamu.

Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Berbuka puasa seadanya saja dan sederhana saja. Asalkan ada kebersamaan dan buka puasa kamu tidak sendirian, itu sudah sangat luar biasa. Saat bekerja, kamu seperti punya suatu hal yang dinanti-nantikan pada saat berbuka nanti.

Meskipun bulan puasa kamu tidak makan dan minum dalam waktu yang telah ditentukan, bukan berarti kamu gak bersemangat dalam menjalani hari. Tetap semangat ya puasanya.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s