Hastag Campus

Jangan Bersedih, Ini 5 Alasan Kenapa Ujian Hidup Harus Kamu Nikmati

Siapa di antara kita yang tidak pernah didera ujian hidup? Semua orang tentu menghadapinya.

Saat ujian atau masalah hidup datang, kita tidak diminta untuk berlari menghindarinya, karena setiap ujian harus dihadapi bagaimana pun kondisinya. Dalam kaidah kehidupan ini, mereka yang kaya atau miskin semuanya mengalami ujian, namun dengan kadar dan tingkat yang berbeda-beda.

Orang kaya misalnya, ujian hidupnya bisa dengan kenikmatan materi sehingga terkadang ia lalai dan menjadi tamak terhadap kekayaan, alhasil tak mau bersedekah atau berbagi kepada orang kecil. Begitu juga orang yang miskin, didera oleh ujian hidup seperti kelaparan dan himpitan ekonomi, sehingga kerap menghalalkan segala cara demi sesuap nasi.

Janganlah bersedih, ujian datang menandakan bahwa kita masih hidup. Jika sudah mati maka tak ada lagi ujian duniawi. Untuk itu jangan letih bersyukur dan bersabar atas segala ujian yang datang karena setiap ujian punya solusi yang diberikan oleh Sang Maha Pencipta.

Berikut ini 5 alasan mengapa ujian hidup harus kamu nikmati.

1. Ujian hidup mengajarkan kita tentang tawakal kepada Ilahi
Kala ujian hidup yang bertubi-tubi datang padamu, mungkin membuatmu larut dalam nelangsa dan merasa sudah berada di titik penghabisan. Cobalah bangkit dan yakinkan hatimu bahwa ujian hidup bukan untuk menyiksamu untuk menjadi tidak berarti apa-apa, justru pada hakikat hidup seorang manusia tidak pernah lepas dari rundungan ujian.

Ketahuilah, bahwa ujian hidup membuat kita belajar untuk selalu berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan berserah pada-Nya, segala hal menjadi mudah, sebab kita memiliki sandaran untuk menumpahkan keluh kesah. Karenanya, jadikan ujian hidup sebagai sebuah pelajaran berharga. Karena ujian mengajarkan kita untuk bertawakal kepada Ilahi atas segala skenario hidup yang Dia berikan untuk kita.

Tenanglah dan jangan khawatir Tuhan tak berikan jalan. Ujian hidup akan membuat bahumu kuat dan kamu akan semakin yakin bahwa pertolongan-Nya amat dekat.

Baca juga: Pengen Dapat Beasiswa di Luar Negeri? Simak 5 Tips Ala Jerome Polin

2. Karena hidup tanpa ujian bukanlah sebuah kenikmatan, hidupmu jadi tak punya arti
Bayangkan jika kamu hidup dalam zona nyaman dan tidak pernah merasakan masalah sama sekali, hidup tenang, serba berkecukupan, tidak ada yang diresahkan, semua berjalan lancar?

Sejatinya, jika semua itu kamu rasakan, maka lambat laun otakmu akan mati lantaran tak pernah bekerja untuk berusaha mencari jalan keluar dari masalah. Hidup tanpa ujian juga akan membuat manusia menjadi lalai dan lupa diri sehingga akan jauh dari Tuhan-Nya karena merasa bisa berdiri sendiri.

Ujian ibarat pelangi yang menghiasi hidupmu, maka jangan abaikan dan lewati ujian itu dengan semangat dan selalu mengandalkan Sang Pencipta.

3. Ujian untuk membuat kita naik kelas
Coba kita pikir, terkadang setiap ujian yang datang menguji kita tak lain bertujuan untuk membuat kita dewasa dalam berpikir dan bertindak. Ujian hidup mengajarkan kita arti sebenarnya dari menjalani kehidupan ini.

Jangan lupa, Tuhan selalu menyaksikan setiap gerak-gerik kita dalam melalui hidup ini, termasuk menilai seberapa sabar dan istikamah kita dalam melakoni setiap ujian yang Dia beri.

Sama seperti di sekolah, kita akan selalu menghadapi ujian sebagai syarat untuk naik ke jenjang berikutnya, jika kita lulus ujian, maka dapat naik ke kelas berikutnya, namun jika gagal maka harus mengulang lagi hingga lulus.

Ketahuilah, jika kita menjalani hidup ini dengan selalu berpakaian syukur dan tidak mengeluh, maka bala bantuan dari Ilahi akan datang asal kita tak berhenti berdoa dan berikhtiar.

Baca juga: Buat Mahasiswa, Ini 5 Tips Cerdas Munculkan Ide Kreatif dalam Bisnis!

4. Ujian hidup itu nikmat karena berhasil mengubah seseorang berperangai buruk menjadi baik
Inilah salah satu nikmat dari ujian. Hikmah yang mendalam betapa ujian hidup bukanlah bencana, namun momen titik balik seseorang untuk menjadi lebih baik.

Bayangkan seorang yang divonis bersalah karena membunuh akhirnya bertobat dan kembali ke jalan yang benar saat ia menjalani hidup di dalam jeruji. Sel penjara membuatnya banyak mendapatkan pelajaran berharga tentang hidup dan mulai menghargainya dengan cara menjadi pribadi yang lebih baik lagi sebelumnya.

Demikian juga seorang wanita yang telah beberapa kali gagal berumah tangga, akhirnya mendapatkan titik balik berupa hijrah ke jalan yang benar dan mulai menata harinya menjadi lebih baik lagi setelah menelan pahitnya kegagalan rumah tangga.

Semua ada hikmahnya jika kita memaknai ujian dengan kacamata hati. Maka tak ada yang perlu disesali, justru kita harus selalu bersyukur.

5. Ujian membuat kita semakin dekat dengan Sang Khalik
Dengan menganggap positif ujian hidup yang silih berganti datang, maka hal tersebut dapat membuat kita terus terkoneksi dengan Sang Pencipta. Mengapa demikian? Karena kita merasa berada di titik lemah kita sehingga sangat rapuh dan butuh sandaran serta tempat bergantung. Hanya pada-Nya kita bisa bergantung dan meminta agar dimudahkan segala urusan, termasuk kekuatan untuk melewati segala ujian.

Untuk itu, dibalik deru ujian yang datang menghadangmu, selalu eratkan hubungan dengan sang Khalik, sebab dengan berpangku tangan pada-Nya, hidup pelik tidak akan mencekik.

Demikianlah 5 alasan mengapa ujian hidup itu harus dinikmati sebab semua yang Tuhan beri bukan tanpa alasan dan tanpa hikmah. Tuai manfaat dan resapi setiap ujian hidup sebagai bahan refleksi diri. Dengan begitu kita tak lagi menuhankan ego dan nafsu dalam mengendalikan hidup. Justru kita harusselalu bergantung pada-Nya di segala kondisi hidup. Teruslah semangat.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star