7 Realita Dunia Kerja yang Wajib Banget Diketahui oleh Fresh Graduate

Banyaknya tugas di kampus serta skripsi yang menguras tenaga dan emosi pastinya membuat kamu para mahasiswa ingin cepat-cepat lulus dan bekerja. Bayangan akan kebebasan dari tugas dosen, kewajiban membayar biaya kuliah, serta memiliki uang sendiri pastinya jadi hal yang sering kamu bayangkan tentang dunia kerja.

Padahal gak sesimpel itu lho. Banyak fresh graduate yang kaget karena dunia kerja ternyata jauh dari yang selama ini dibayangkan. Buat kamu para fresh graduate atau calon fresh graduate, ini beberapa gambaran realita dunia kerja yang perlu kamu tahu.

1. Bangun pagi jadi hal yang wajib kamu lakukan tiap hari
Waktu kuliah kamu mungkin suka malas-malasan buat bangun pagi. Pasang alarm jam 5 tapi bangun jam 7, ujung-ujungnya bolos kuliah hari itu. Pada situasi seperti ini kadang mahasiswa bisa minta tolong pada teman untuk titip absen.

Tapi, setelah kerja nanti, gak ada lagi yang namanya malas bangun pagi dan titip absen ke rekan kantor. Kalau sering terlambat, kamu harus siap gajimu dipotong bahkan mendapat surat peringatan.

Baca juga: Sebelum Lulus Kuliah, Pastikan Kamu Sudah Persiapkan 7 Hal Ini 

2. Gak ada lagi yang namanya geng-gengan
Saat masih kuliah dulu kamu bebas berteman dengan siapapun yang kamu mau. Tapi ketika memasuki dunia kerja, kamu harus bisa menempatkan diri dan berteman dengan siapapun. Karena gak jarang karyawan di hadapkan dengan sebuah proyek di mana dirinya harus bekerja sama dengan rekan yang gak disukai, tapi bagaimanapun juga profesionalitas tetap nomor satu.

3. Cara pandang teman-temanmu yang luar biasa berbeda-beda
Kalau waktu kuliah dulu kamu berteman dengan sesama mahasiswa yang usianya gak jauh berbeda denganmu. Di dunia kerja nanti kamu akan berkawan dengan sesama rekan kerja yang usianya berbeda-beda, bahkan ada yang terpaut jauh dari kamu.

Salah satu dampaknya, akan ada banyak sekali perbedaan pemikiran dan cara pandang dalam menghadapi segala hal. Kamu gak perlu kaget dan merasa aneh, karena nantinya kamu juga akan terbiasa kok.

4. Sepintar apapun kamu, kalau kamu gak punya attitude, kamu bukan siapa-siapa
Meskipun di kampus kamu adalah mahasiswa terbaik yang punya jam terbang tinggi dan selalu dicari ketika memasuki musim ujian. Tapi saat memasuki dunia kerja nantinya, kamu harus sadar diri bahwa kamu ini seorang karyawan baru yang punya nol tahun pengalaman.

Sepintar apapun dirimu, kamu gak bisa sesumbar dan bersikap sok bisa dalam segala hal. Kamu tetap harus menghormati karyawan lain dan jangan pernah gengsi untuk meminta tolong dan bertanya tentang apapun yang kamu gak tahu.

5. Waktu dan uang yang kamu miliki serba berkebalikan dengan masa kuliah
Pasti kamu setuju bahwa mayoritas mahasiswa punya banyak waktu luang untuk bersenang-senang tapi uang yang dimiliki mahasiswa sangat terbatas sehingga kadang mahasiswa gak bisa seenaknya berfoya-foya.

Nah, setelah bekerja nantinya setiap kerja keras dan keringatmu akan dibayar dengan rupiah. Sayangnya, kamu gak akan punya banyak waktu untuk memanjakan diri atau berfoya-foya. Tapi sisi positifnya kamu jadi punya tabungan yang nantinya bisa kamu pakai untuk hal lain yang lebih penting.

Baca juga: Sering Pesimis, Pahami 5 Hal Ini Agar Bisa Membangun Rasa Percaya Diri

6. Saat keadaan memaksamu untuk minta kiriman pada orangtua, rasa sungkan pasti selalu ada
Ketika masih mahasiswa kamu punya jatah bulanan dan bahkan kadang kamu bisa meminta uang tambahan tanpa merasa malu. Tapi saat statusmu adalah seorang karyawan, percayalah kamu akan merasa sangat sungkan dan gak enak hati untuk meminta uang pada orangtua. Walaupun orangtuamu memahami situasi yang sedang kamu hadapi dan gak keberatan mengirimkan uang buat kamu.

7. Rasa bangga dan bahagia yang tak terkira saat bisa mengirim uang pada orangtua di akhir bulan
Akhir bulan akan jadi momen yang paling kamu tunggu, selain karena semua kerja kerasmu akhirnya terbayarkan dengan pundi-pundi rupiah. Kamu juga bisa melihat kebahagiaan di wajah orangtuamu saat kamu memberikan sebagaian gajimu pada mereka. Apalagi buat kamu para fresh graduate, dijamin ini akan jadi hal yang gak terlupakan dan bikin kamu selalu semangat bekerja.

Itu tadi beberapa realita dunia kerja yang perlu diketahui oleh fresh graduate. Gimana? Sudah siap kerja?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s