Hastag Campus

Buat Fresh Graduate, Terapkan 6 Hal Ini Agar Betah di Tempat Kerja

Selepas lulus dari bangku perguruan tinggi dan berstatus fresh graduate, pastinya kamu ingin segera mendapatkan pekerjaan agar ilmu yang kamu dapat selama ini bisa kamu aplikasikan secara langsung.

Tapi selama menjadi karyawan baru kamu butuh proses adaptasi yang gak gampang bahkan gak jarang fresh graduate yang merasa bosan padahal baru saja bekerja. Bosan dengan pekerjaan sebenarnya adalah hal yang wajar, yang perlu kamu lakukan adalah mencari cara untuk mengatasi rasa bosan di kantor.

Nah, berikut ada enam tips yang bisa kamu lakukan agar lebih betah bekerja.

1. Ciptakan suasana kerja yang nyaman
Salah satu faktor penting agar kamu betah di tempat kerja adalah dengan menciptakan suasana kerja senyaman mungkin. Kamu bisa mulai dengan berkenalan dan ngobrol dengan karyawan lain sebanyak mungkin sehingga kamu gak merasa bosan dengan pekerjaanmu.

Baca juga: 6 Hal Penting Ini Wajib Kamu Coba Setelah Berstatus Lulus Kuliah

2. Bersikap profesional
Tanamkan sikap profesional walaupun kamu adalah seorang karyawan baru. Apapun yang terjadi kamu harus ingat bahwa kamu adalah seorang karyawan yang menjunjung tinggi profesionalitas. Jadi ketika kamu mendapatkan proyek yang gak kamu sukai atau harus bekerja satu tim dengan rekan kerja yang gak kamu sukai, kamu tetap akan berusaha sebaik mungkin untuk mendapat hasil yang maksimal. Dampaknya, kamu akan lebih puas ketika melihat hasil kerjamu yang baik.

3. Tata dan hias meja kerjamu semenarik mungkin
Meja kerja yang berantakan bisa membuat kamu semakin pusing dan gak betah berlama-lama duduk di sana. Maka dari itu, atur dan hias meja kerjamu agar enak dipandang. Selain itu, jika meja kerjamu tertata rapi, kamu gak akan kebingungan jika harus mencari dokumen penting karena semuanya sudah kamu atur sebaik mungkin.

Baca juga: 4 Cara Simpel Menghadapi Homesick untuk Mahasiswa Rantau

4. Bersyukur
Bersyukur adalah cara lain yang ampuh dalam membuat kamu betah dengan pekerjaanmu sekarang. Mulailah mengingat sulitnya mencari pekerjaan saat kamu baru lulus kuliah, bosannya masa-masa jadi pengangguran, dan melihat pada temanmu yang sampai saat ini belum mendapatkan pekerjaan. Dengan ini kamu bisa sadar kalau lelah dan bosan bekerja jauh lebih baik daripada lelah dan bosan jadi pengangguran.

5. Tanamkan rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu bisa bikin kamu jadi karyawan yang tahan banting dan serba bisa. Kamu gak akan merasa pesimis atau malas ketika mendapat tugas yang belum pernah kamu kerjakan atau bukanlah keahlianmu, karena kamu menganggap ini semua sebagai bentuk pelajaran yang pastinya akan berguna untuk kariermu saat ini atau nanti.

6. Fokus pada kinerja
Daripada terus mengeluh, lebih baik fokus untuk terus meningkatkan kinerja. Terkadang sikap cari perhatian dan menginginkan pujian dari atasan bisa bikin kamu betah bekerja lho. Karena kamu pasti akan melakukan apapun untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal. Kamupun gak akan terlalu peduli dengan suasana kerja yang sebenarnya membosankan.

Ingat ya, dalam dunia kerja kamu gak bisa asal resign hanya karena merasa bosan. Sebagai pekerja, kamu harus punya mental kuat dan gak manja. Jadi kalau masalah yang kamu hadapi hanyalah bosan, kamu bisa mengatasinya dengan enam cara di atas.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star