Hastag Campus

Buat Mahasiswa, Ini 5 Tips Cerdas Munculkan Ide Kreatif dalam Bisnis!

Berniat membangun bisnis dalam waktu dekat? Kalau jawabannya adalah iya, kamu perlu mempersiapkan mulai sekarang. Namun jika sampai saat ini kamu masih bingung mikirin idenya, simak lima tips cerdas untuk menggalinya.

Sudah siap menyimak?

1. Baca buku yang menginspirasi khususnya tentang ide bisnis
Banyak banget buku semacam ini yang bisa kamu temukan di toko buku seperti ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis untuk orang sibuk, ide bisnis dengan modal sedikit, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menemukan ide bisnis lewat browsing internet, lho.

Baca juga: 11 Cara Belajar Simpel dan Mudah Diingat Saat Menjelang Ujian

2. Ikut seminar, workshop dan Business Fair
Asiknya jadi mahasiswa itu adalah kamu bisa ikut berbagai macam seminar dan workshop yang berkualitas dengan harga murah bahkan gratis. Selain itu, kalau di kotamu ada acara semacam pameran bisnis, kamu bisa ikut supaya menambah pengetahuanmu untuk menumbuhkan ide baru karena biasanya, yang dipamerkan memiliki keistimewaan dan dan keunggulan konsep yang unik.

3. Ikut kompetisi Business Plan
Berbagai kampus di Indonesia biasanya sering mengadakan beberapa lomba business plan. Kalau kamu ikut lomba ini biasanya kamu akan belajar banyak mengenai rancangan business plan yang sistematis, menarik dan “menjual”. Lebih keren lagi, kalau kamu memutuskan terjun ke dunia bisnis langsung menggunakan business plan yang kamu lombakan.

Baca juga: 8 Hal Inspiratif Ini Bisa Membuatmu Menjadi Lebih Sukses dari Sekarang

4. Ikut Program Kreativitas Mahasiswa
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) biasanya merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI). Kegiatan ini bisa membantu kamu untuk menghasilkan ide-ide kreatif ketika kamu bertemu dengan mahasiswa lainnya. Kalau kamu gak sempat ikut, kamu bisa lho lihat daftar “kreativitas” mahasiswa yang lolos ke PIMNAS yang bisa di download gratis di website DIKTI.

5. Tekun melihat masalah dan mencari alternatif solusinya
Cara satu ini cukup ampuh. Untuk mencari alternatif solusi dari masalah yang ada kamu bisa menggunakan konsep 5 W (5 WHY). Konsep ini digunakan oleh perusahan otomotif Toyota dalam memecahkan masalah-masalah yang ada. Jadi, kalau kamu melihat hal yang menurut kamu adalah sebuah masalah, cukup tanyakan “mengapa” sebanyak lima kali supaya kamu tahu penyebabnya lebih detail.

Konsep 5 W (5 WHY) ini membantu kamu mengetahui masalah yang sebenarnya dan mengurangi kemungkinan kesalahan dalam menyelesaikan masalah.

Daripada kelamaan mikirnya, mending terapkan cara-cara di atas biar ide bisnismu bisa mengalir lancar! Bagaimana?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star