Baru Lulus, Ini 5 Manfaat Tidak Terlalu Pilih-pilih Pekerjaan

Setelah mengenyam pendidikan di sekolah untuk waktu yang cukup lama, kita tentu merasa bahagia ketika dinyatakan lulus. Perasaan lega dan bangga yang menyelimuti kemudian akan berganti dengan rasa deg-degan namun penuh semangat untuk segera terjun ke dunia kerja. Satu pertanyaan penting harus kamu jawab: mau kerja apa?

Tentu, setiap orang berharap agar dirinya bisa mendapat pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat serta jurusan pendidikan yang telah jalani. Namun kamu pasti sadar bahwa hal itu tidak selalu bisa terjadi. Jika setelah lulus kamu kesulitan mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu, apa yang sebaiknya kamu lakukan?

Jawabannya adalah mencari dan menjalani jenis pekerjaan lain yang tersedia bagimu. Bersifat selektif boleh saja, tapi jangan menjadi terlalu pemilih. Kenapa? Karena dengan mengambil peluang alternatif yang terbentang di hadapanmu, kamu akan mendapat setidaknya 5 manfaat berikut.

1. Mendapat pengalaman
Dalam dunia kerja, seseorang yang telah punya pengalaman kerja tentu memiliki nilai plus dibanding orang yang sama sekali belum berpengalaman. Bahkan meski hanya sekadar pengalaman bekerja di perusahaan kecil, itu tetap merupakan keunggulan tersendiri. Maka setelah lulus, usahakan untuk segera bekerja supaya kamu segera mendapat pengalaman.

Baca juga: 7 Alasan Fresh Graduate adalah Karyawan Sekaligus Rekan Kerja Terbaik

Meskipun pekerjaan pertamamu mungkin tidak berhubungan langsung dengan bidang yang kamu inginkan, kamu akan tetap mendapat sejumlah manfaat. Misalnya kamu jadi tahu bagaimana cara berurusan dengan atasan, rekan sekerja, atau klien. Semua itu akan sangat berguna di pekerjaanmu selanjutnya. Jadi, jangan ragu untuk segera bekerja ya.

2. Belajar etos kerja yang baik
Selain pengalaman, seorang pekerja juga akan memiliki nilai plus jika punya etos kerja yang baik. Yang termasuk di dalamnya adalah sikap profesional, mau bekerja sama, jujur, rajin, disiplin, dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki semua ciri tersebut, kamu pasti akan lebih mudah meraih kesuksesan di bidang apapun.

Maka anggaplah pekerjaan pertamamu sebagai kesempatan untuk mengembangkan etos kerja yang baik tersebut. Meskipun pekerjaan itu tidak sesuai dengan keinginanmu, jangan jadikan itu alasan untuk bermalas-malasan. Sikap seperti itu justru akan membuatmu mendapat citra buruk, sehingga kamu malah makin sulit meraih sukses. Kamu tidak mau itu terjadi bukan?

3. Mengembangkan relasi
Seseorang juga akan lebih mudah meraih kesuksesan jika ia punya relasi yang baik dengan banyak orang di dunia kerja. Semakin banyak orang yang kenal dan berhubungan baik denganmu, semakin besar kemungkinan kamu bisa mendapat info lowongan kerja, info peluang bisnis, kesempatan untuk kerja sama membangun usaha, dan lain sebagainya.

Namun membangun relasi dengan orang-orang di dunia kerja tentu akan sulit kamu lakukan jika kamu hanya menganggur saja setelah lulus sekolah. Jadi jangan ragu untuk segera terjun ke dunia kerja, apapun pekerjaannya. Dari situ kamu bisa mulai membangun relasi yang suatu saat mungkin bisa membawamu kepada kesuksesan.

Baca juga: Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Hambat Perkembangan Dirimu

4. Terhindar dari kebosanan
Tidak terlalu pilih-pilih pekerjaan setelah lulus juga membuatmu terhindar dari kebosanan. Selama ini kamu terbiasa memiliki kegiatan, mungkin dari pagi hingga sore setiap harinya. Ketika lulus dan tiba-tiba kamu tidak memiliki kegiatan apa-apa, cepat atau lambat pasti kamu akan merasa bosan. Nah, terjun ke dunia kerja akan mencegah hal tersebut.

Mungkin kedengarannya sepele, tapi sebenarnya penting. Kebosanan yang berlarut-larut bisa membuatmu merasa frustrasi dan bahkan depresi. Lagipula kamu pasti capek sendiri kan merasakan kebosanan terus-menerus? Jadi kenapa tidak ambil saja peluang kerja yang ada?

5. Mendapat uang
Last but not least, apalagi kalau bukan keuntungan finansial. Daripada diam saja di rumah dan tidak mendapat apa-apa, kenapa tidak mencoba mengambil saja peluang kerja yang ada supaya bisa mendapat uang?

Uang itu bisa kamu pakai untuk kehidupan sehari-hari atau menabung untuk mempersiapkan kelanjutan kariermu ke depannya. Kamu juga jadi bisa belajar mengatur sendiri pendapatan dan pengeluaranmu, suatu skill yang bakal sangat berguna untuk masa depanmu. Jauh lebih baik daripada menganggur bukan?

Jadi gimana? Ternyata banyak kan keuntungan yang bisa kamu dapat jika tidak terlalu pilih-pilih pekerjaan? Jadi jika kamu baru lulus, jangan jadi terlalu pemilih ya. Ambil saja peluang kerja yang ada di depanmu dan kamu akan mendapat banyak manfaat!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s