4 Cara Simpel Menghadapi Homesick untuk Mahasiswa Rantau

Tantangan terberat bagi mahasiswa yang sedang merantau jauh untuk menimba ilmu di luar kota adalah menahan kerinduan pada keluarga dan juga sahabat yang ada di kampung halaman atau yang biasa kita sebut homesick!

Buat kamu yang lagi merantau jauh dari rumah, kamu pasti sering banget kan mengalami homesick? Yuk coba tips simpel dan mudah ini supaya kamu gak gampang homesick dan makin enjoy dengan masa-masa kuliahmu di tanah rantau!

1. Coba memasak masakan rumahan yang biasa dibuat ibumu!
Masakan rumah yang dibuat oleh ibu atau keluarga memang tiada duanya. Kalau teringat masakan rumah pasti jadi mendadak kangen dengan segala macam hal yang ada di kampung halaman. Nah, untuk itu kamu juga perlu belajar skill memasak ala-ala mahasiswa nih!

Coba untuk memasak makanan rumah secara rutin, kalau kamu sudah jago memasak makanan khas daerah atau rumahmu dijamin deh rasa rindumu sedikit banyak akan terobati. Feels like home!

Baca juga: 5 Tips Jitu Percaya Diri Jadi Public Speaker, Anti Grogi Deh!

2. Rutin telepon dan video call dengan keluarga dan sahabat-sahabatmu
Komunikasi adalah hal yang sangat penting. Beruntung kamu hidup di era yang memudahkanmu untuk melakukan komunikasi di mana dan kapanpun. Gak perlu lagi kirim surat yang sampainya berhari-hari. Karena kamu sudah bisa telepon, chatting dan bahkan video call kapan pun kamu mau, maka jangan pernah lupa untuk rutin berkomunikasi denan orangtua, keluarga dan juga sahabat.

3. Gabung komunitas, organisasi atau UKM di kampus agar kamu makin aktif berkegiatan
Perbanyak kegiatan supaya kamu gak makin kepikiran dengan orang-orang rumah dan sahabat-sahabatmu. Manfaatkan statusmu sebagai mahasiswa ini untuk ikut berbagai kegiatan yang bermanfaat, seperti komunitas-komunitas di kampus, UKM, atau organisasi di kampus.

Selain dapat menambah banyak skill, networking dan ilmu yang tidak kamu dapatkan di bangku kampus, dengan berkegiatan seperti ini bisa meminimalisir datangnya homesick yang bisa menyerangmu kapan saja. Jadi, jangan sia-siakan kesempatanmu selama kuliah ya!

Baca juga: 5 Ciri Disiplin yang Kamu Punya Ini Jadi Modal Utama Menuju Sukses

4. Buat kamar kost atau tempat tinggalmu seperti kamarmu di rumahmu agar kamu semakin nyaman
Agar kamu tidak sering terkena homesick, kamu harus bisa membuat dirimu nyaman di kamar atau tempat tinggalmu. Biasanya homesick akan menyerang pada saat kamu tidak melakukan kegiatan apapun, yang mana itu biasanya terjadi saat kamu sedang santai di kosan saat hari libur.

Nah, karena itu kamu harus bisa bikin kamu senyaman mungkin dengan keseharianmu selama merantau. Coba untuk mendekorasi kamarmu seperti kamarmu di kampung halaman, jaga kebersihan kamar, dan pasang foto-foto orangtua, keluarga dan sahabatmu. Dengan merasa nyaman di kamar sendiri, setidaknya kamu

Itulah tadi tips simpel buat mengatasi sindrom homesick buat kamu yang sedang merantau di kota orang. Meski berat hidup merantau dan jauh dari orang-orang tercinta, tapi selama tujuanmu adalah untuk masa depanmu kamu harus bisa survive ya! Selamat mencoba!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s