Hastag Campus

11 Cara Belajar Simpel dan Mudah Diingat Saat Menjelang Ujian

Pada masa sekolah, semasih kita menjadi siswa pasti pernah dan sering mengalami masalah saat proses menerima pelajaran. Seperti sulit untuk mengerti dan memahami pelajaran yang diterima. Ini akan menjadi masalah yang rumit ketika sudah dekat dengan ulangan maupun ujian. Untuk kali ini saya akan membagikan beberapa tips agar bagaiman cara belajar agar mudah diingat dan dipahami ketika akan menghadapi sebuah ujian mata pelajaran.

1. Baca berulang-ulang hingga paham isi dari sebuah bacaan tersebut.
Hal yang paling pertama kamu lakukan adalah membaca sedikit demi sedikit dari materi yang akan diujiankan. Bacalah berulang-ulang hingga paham apa isi dari tulisan tersebut.

2. Catat poin-poin penting pada materi.
Langkah selanjutnya adalah mencatat poin-poin penting. Hanya mencatat poinnya saja dan bukan meringkas. Contoh kecil misalnya mengingat tanggal-tanggal bersejarah. Cukup mencatat tanggal, tempat dan nama peristiwa tersebut. Jika ingin menambahkan keterangannya, isilah secara singkat dan yang paling penting buatan diri sendiri karena akan lebih mudah untuk mengingatnya.

3. Buatlah potongan kertas dengan panjang x lebar = 15 x 10 cm
Setiap potongan kertas diisi dengan poin-poin penting yang ingin anda ingat seperti yang kamu tulis pada langkah ke-2.

Baca juga: Hai, Kamu Mahasiswa Baru, Ini Dia 5 Tantangan yang Sudah Menantimu

4. Perbanyak kertas yang telah terisi catatan tersebut.
Pasang potongan kertas tersebut pada tempat yang sering anda lihat atau anda kunjungi pada saat di rumah. Misalnya di dinding kamar dekat tempat tidur, dan pada kamar mandi dan lain sebagainya. Dan yang satunya lagi bawalah kemanapun kamu pergi. Akan lebih mudah mengingat maupun menghafalnya ketika anda mau tidur, dan pada saat mandi anda bisa melihat catatan kecil tersebut. Meski agak konyol tapi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh saya yakin ini akan berhasil.

5. Sebelum memulai pekerjaan apapun, sempatkan membaca catatan dan cobalah untuk menghafalnya.
Jika sudah memahami isi pelajarannya pasti tidak susah untuk menghafalnya. Khususnya menghafal catatan yang berupa angka akan sulit diingat jadi cobalah untuk menghafal.

6. Berpikirlah bahwa hal yang dipelajari hari ini akan sangat berpengaruh pada ujian esok hari.
Dengan berpikir seperti itu kamu akan belajar dengan sungguh-sungguh. Buatlah diri anda sendiri termotivasi. Sebuah motivasi akan sangat mendukung apapun usaha anda. misalkan dukung diri sendiri dengan cara, berikan diri anda sendiri HADIAH ketika anda berhasil mencapai tujuan anda, dengan begitu anda akan senang pada saat belajar.

7. Belajar kelompok.
Jika kamu ingin belajar kelompok, cobalah sebelum itu belajar sendiri terlebih dahulu, untuk mengetahui sampai mana kemampuanmu. Hal-hal yang kurang, bisa kamu diskusikan nanti kepada teman belajar kelompokmu.

Baca juga: 11 Alasan Kenapa Kamu Perlu Ambisi Supaya Bisa Sukses

8. Abaikan hal-hal yang mengganggu.
Jika kamu memiliki masalah diluar pelajaran seperti sedang bertengkar dengan teman atau pacar abaikanlah dahulu. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal pada saat ujian, anda harus fokus. Hal yang mengganggu seperti itu hanyalah hambatan. Ingatlah ujian sangatlah penting dan tidak dapat diulang ketika anda mendapatkan nilai yang tidak sesuai harapan.

9. Jika anda merasa bosan, segarkan pikiran.
Jika ada perasaan jenuh saat belajar, segarkan pikiran dengan sedikit berjalan kaki di halaman rumah dan menghirup udara segar. Jangan lupa minum air putih dan makanan yang mendukung kesehatan dan meningkatkan konsentrasi.

10. Berdoa
Setiap apapun yang kamu lakukan, doa sangatlah penting. Jangan lupa berdoa dan meminta restu kepada Tuhan agar ujianmu berjalan dengan baik dan lancar.

11. Keyakinan terhadap diri sendiri
Yang terakhir yakinlah pada kemampuan diri anda. Dorong dirimu sendiri agar lebih percaya diri untuk menghadapi ujian. Dengan begitu, kamu dapat mengerjakan ujian dengan tenang. Jika ada sedikit kesalahan hadapi dengan hati-hati dan cobalah untuk tidak panik.

Semoga bermanfaat dan selamat berjuang!

Sumber: Indtimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star