5 Syarat Ini Harus Dimiliki Kalau Mau Jadi Freelancer Sukses, Punya?

Tidak diperintah oleh atasan dan waktu kerja yang bisa diatur sendiri mungkin merupakan alasan yang digunakan banyak orang memilih bekerja sebagai freelancer. Bekerja di mana dan kapan saja memang terlihat menyenangkan, namun bekerja sebagai freelancer itu berarti tidak ada yang menggajimu tiap bulan dan kamu sendiri yang harus menjadi atasan dan bawahan untuk diri sendiri.

Freelancer bukan cuma sekedar bekerja dimana saja dan kapan saja. Untuk menghidupi diri sebagai pekerja lepas ketika sudah dewasa ada syarat yang mutlak harus kamu miliki. Apa saja kira-kira?

1. Mental yang kuat
Memiliki mental kuat adalah persyaratan mutlak yang harus dimiliki untuk hidup sebagai pekerja lepas. Tidak ada bos yang memberimu pekerjaan yang harus dikerjakan secara rutin dan tidak ada gaji setiap awal bulan. Kamu harus mencari peluang sendiri dan dibayar sesuai pekerjaan yang kamu lakukan.

Baca juga: 8 Hal Inspiratif Ini Bisa Membuatmu Menjadi Lebih Sukses dari Sekarang

Mencari peluang sendiri berarti kamu harus mampu mempromosikan diri agar ada yang memilihmu untuk melakukan pekerjaan. Selain itu karena bekerja sendiri ketika ada masalah saat kamu melakukan pekerjaan, kamu harus menanggungnya sendiri.

Kamu juga harus memiliki mental yang kuat untuk menjelaskan apa pekerjaanmu setiap ada yang tanya “Kerja dimana sekarang?”.

2. Bisa mengatur waktu
Tidak ada yang mengaturmu saat melakukan pekerjaan mungkin terdengar menyenangkan. Kamu bisa tidur lebih lama di pagi hari atau berkumpul bersama teman kapanpun karena pekerjaanmu bisa menunggu. Namun tidak ada yang mengaturmu berarti pekerjaanmu akan rawan tidak selesai tepat waktu.

Menjadi seorang pekerja lepas, image diri menjadi sangat penting karena hal tersebut menentukan apakah kamu akan dipekerjakan lagi atau tidak. Jika kamu adalah tipe orang yang mulai bekerja hanya saat mendekati deadline atau suka menunda pekerjaan, menjadi freelancer tidak cocok untukmu.

Untuk menjadi seorang pekerja lepas, bisa mengatur waktu adalah syarat penting lainnya yang harus kamu miliki. Jangan menunda pekerjaan yang bisa kamu kerjakan sekarang dan buatlah jadwal kapan saatnya kamu harus bekerja. Disiplin lah terhadap jadwal yang kamu buat.

3. Pekerja keras
Menjadi pekerja lepas kamu harus bekerja lebih keras. Jika klien memintamu mengerjakan sesuatu 100%, kamu harus memberikannya 120% atau lebih. Apakah jasamu akan digunakan selanjutnya tergantung dari bagaimana hasil pekerjaan yang kamu berikan.

Baca juga: 5 Kebiasaan Hidup Orang Sukses yang Wajib Kamu Terapkan Sekarang Juga

Jika kamu bekerja setengah-setengah dan memberikan hasil yang tidak maksimal, klien tidak akan mempercayakan pekerjaan padamu lagi. Ingat untuk menjadi seorang pekerja lepas, image sangat lah penting. Karena tidak ada yang mengecek atau mengedit hasil pekerjaanmu sebelum di bawa ke klien, kamu harus bekerja lebih keras untuk memastikan bahwa kamu sudah memberikan hasil yang terbaik.

4. Konsisten
Untuk hidup dari hasil bekerja secara lepas kamu perlu konsisten. Meski bekerja secara lepas, kamu tentu juga butuh penghasilan untuk hidup. Jika kamu memilih untuk menjadi freelancer, jangan berpikir kamu bisa bekerja hanya kapanpun kamu mau bekerja. Memang kamu adalah bos untuk dirimu sendiri, namun ingat kamu juga bawahannya.

Buatlah jadwal kapan kamu harus bekerja dan kapan kamu bisa istirahat. Misalnya jika seorang pekerja kantoran menghabiskan waktunya selama delapan jam untuk bekerja, kamu harus mengalokasikan waktu minimal selama delapan jam atau sebaiknya lebih untuk bekerja setiap harinya.

5. Kreatif dan mau terus belajar
Siapapun yang tidak kreatif dan tidak mau belajar menjadi lebih baik akan selalu tertinggal pada akhirnya. Setiap hari akan ada sesuatu yang baru, sesuatu yang lebih efisien atau sesuatu yang lebih cepat. Bekerja sebagai pekerja lepas, kamu harus mempromosikan dirimu terus-terusan.

Tentu agar promosimu di lirik orang kamu harus menawarkan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang baru dan lebih baik dibanding oranglain. Hal itu hanya bisa kamu lakukan jika kamu tidak berhenti mengasah sisi kreatif yang kamu miliki dan belajar terus menerus.

Kira-kira kamu sudah memiliki kualifikasi untuk menjadi seorang freelancer belum?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s