Hastag Campus

Jurus Jitu, 5 Teknik Belajar Efektif untuk Hasil yang Maksimal

Setiap orang pastinya memiliki cara dan teknik belajar yang tidak sama. Ada yang lebih mudah belajar dan memahami dengan melihat atau melalui visual, ada yang dengan mendengarkan atau audio, ada juga yang melalui praktek atau kinestetik.

Setiap cara pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi tetap saja kita harus mencari cara efektif agar tidak menguras banyak tenaga ataupun waktu, tapi hasilnya tetap memuaskan. Bagaiman caranya?

1. Pemanasan dengan topik yang mudah lebih dulu
Belajar itu harus enjoy biar apapun informasinya lebih mudah diterima dan diolah menjadi pengetahuan baru. Banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya mungkin mencari tempat dan suasana baru yang lebih menyenangkan dari biasanya. Kita juga bisa lho memulai kegiatan belajar dengan memilih tema atau topik yang lebih mudah.

Tentu saja tujuan awalnya untuk membangkitkan semangat maka kita lebih dulu harus pemanasan dengan hal yang ringan dan kita sukai. Setelah itu kita bisa meningkatkan level belajar kita dengan tema atau topik yang lebih sulit. Misalnya sebelum memulai tema baru, kamu bisa mengulang pelajaran sebelumnya. Mengerjakan beberapa soal yang pernah berhasil kamu kerjakan. Bukan untuk membuang waktu, tapi untuk mengulang kembali memori belajar sebelumnya.

Baca juga: 8 Fakta Menarik tentang Bahasa Ini Bakal Memperluas Pengetahuanmu

2. Kembangkan teknik menulis catatanmu
Ada yang bilang makin banyak belajar makin banyak lupanya. Tapi itu semakin membuat kita malas bukan untuk belajar. Nah untuk mencegah hal itu terjadi, maka ada baiknya kita membiasakan diri untuk membuat catatan di setiap kegiatan belajar. Banyak cara dan teknik serta media yang bisa menunjang kita untuk membuat catatan saat belajar.

Misalnya saja dengan membuat daftar bahan apa saja yang akan kita pelajari lebih dulu. Apakah kita akan belajar dari buku, internet, atau media lainnya? Dengan begitu kita akan lebih mudah mengatur langkah akan ke mana dan melakukan apa dulu saat belajar. Teknik ini juga mengurangi kemungkinan membuang waktu untuk mencari bahan yang sebelumnya tidak kita ketahui.

3. Berdiskusilah
Mungkin gaya belajar kita adalah dengan menyendiri agar lebih fokus. Tapi ada kalanya kita juga butuh berkolaborasi dengan orang lain. Melalui diskusi yang kita lakukan, maka akan ada banyak insight atau ide baru untuk menambah bahan belajar kita. Tidak hanya dari satu pemikiran kita saja tapi juga ada pandangan baru yang lebih luas dari orang lain.

Termasuk saat kita mengalami kesulitan dalam belajar. Sudah ke berbagai sumber kita upayakan mencari solusi, tapi belum tentu solusi itu yang paling efektif. Bisa jadi dari saran orang lain kita menemukan solusi yang tepat. Termasuk membuka diri menerima feed back atau masukan agar bisa memperbaiki kesalahan yang ada.

Baca juga: 5 Alasan Harus Memilih Sastra Inggris untuk Jurusan Kuliahmu

4. Memvisualisasikan subject yang dipelajari
Tidak semua orang bisa memahami pelajaran tanpa membayangkan. Kita perlu membayangkan atau memvisualisasikan subject yang kita pelajari. Tentu saja tujuannya agar kita lebih mudah menentukan apa yang sebenarnya kita pelajari dan harus kita lakukan setelahnya.

Beberapa orang memilih menggambarkan situasi atau object tertentu. Sebagian lainnya mungkin seolah sedang berbicara sendiri, dan masih banyak lagi cara lainnya. Bebas saja teknik yang akan kita gunakan untuk belajar dan memahami isinya. Selagi mudah dan menyenangkan, maka akan lebih mudah pula kita memahami isinya.

5. Hindari berbagai macam gangguan
Yang pasti harus kamu lakukan adalah mengurangi segala bentuk gangguan. Kamu perlu fokus saat belajar, sekalipun kamu menggunakan cara yang lebih santai dari orang lainnya. Tapi tetap saja kamu tidak bisa konsentrasi saat ada banyak gangguan yang menghampiri.

Kamu bisa mengurangi gangguan dari kebiasaan kecil, misalnya bermain handphone, mengobrol yang tidak penting, memainkan barang tanpa tujuan dan lain sebagainya. Jika kamu berhasil sudah pasti jaminannya adalah efektivitas belajarmu menjadi lebih baik lagi.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star