8 Fakta Menarik tentang Bahasa Ini Bakal Memperluas Pengetahuanmu

Bahasa merupakan sebuah aspek yang kompleks sekaligus mempesona dari kehidupan manusia. Bahkan, ilmuwan meyakini bahasa pada awalnya berevolusi dari serangkaian dengusan dan gerakan tangan.

Dari awal yang primitif itu, banyak bahasa kemudian lahir dan banyak juga di antaranya yang telah punah. Berikut adalah delapan fakta bahasa paling menarik dari seluruh dunia.

1. Ada lebih dari 2.700 bahasa dengan lebih dari 7.000 dialek
Di planet Bumi, para ilmuwan mencatat terdapat lebih dari 2.700 bahasa dengan 7.000 dialek berbeda. Dari jumlah itu, bahasa yang paling banyak pengucapnya di dunia saat ini adalah bahasa Cina. Tepatnya, secara berurutan mulai dari yang terbanyak adalah bahasa Cina, Spanyol, Inggris dan Hindi.

Bahasa Cina sendiri diketahui memiliki lebih dari 50.000 karakter. Tapi, kalau kamu hendak membaca tulisan Cina secara umum, kamu hanya perlu mengetahui 2.000 di antaranya saja. Di Indonesia saja, terdapat 365 bahasa berbeda yang diucapkan sehari-hari.

2. Setiap dua minggu, ada bahasa yang punah
Ini adalah sebuah fakta yang mengejutkan. Selain bahasa, adalah dialek yang diketahui lebih banyak yang punah. Hingga saat ini, diketahui telah ada lebih dari 231 bahasa yang benar-benar telah punah dan 2.400 bahasa di dunia dianggap berada dalam ambang kepunahan.

Baca juga: Pilihan Bisnis Modal Kecil Buat Kamu yang Masih Mahasiswa

3. Agatha Christie, penulis yang buku-bukunya paling banyak diterjemahkan
Alkitab merupakan sebuah kitab suci yang diketahui tersedia dalam 2.454 bahasa yang berbeda. Sementara buku novel Pinnochio karya penulis Italia Carlo Collodi adalah yang buku kedua yang terbanyak diterjemahkan, setelah Alkitab.

Itu kalau buku. Sementara penulis atau pengarang yang buku-bukunya paling banyak diterjemahkan di dunia hingga saat ini adalah novelis fiksi kriminal asal Inggris, Agatha Christie. Bukunya terjual lebih dari satu juta kopi dalam bahasa Inggris dengan lebih dari satu juta buku terjemahan.

4. Bahasa dengan jumlah alfabet terbanyak di dunia adalah bahasa Khmer
Bahasa Khmer yang merupakan bahasa resmi negara Kamboja diketahui memiliki jumlah karakter sebanyak lebih dari 70 buah. Bandingkan dengan huruf latin yang hanya memiliki 26 alfabet mulai dari A – Z. Bahasa Khmer memiliki 33 konsonan, 23 vokal dan 12 vokal independen. Sementara jumlah alfabet paling sedikit adalah bahasa Rotokas di Papua Nugini.

Nah, fakta di atas adalah tentang jumlah alfabet. Kalau untuk jumlah kata, adalah bahasa Inggris yang menjadi juaranya. Bahasa internasional itu diketahui memiliki lebih dari 250 ribu jumlah kata. Busyet! Ada yang bisa hafal semuanya?

5. Bahasa tertua yang diketahui adalah bahasa Sanskerta
Bahasa Sansekerta telah didapuk sebagai bahasa paling tua di dunia. Bahasa tertua yang berasal dari India itu diikuti oleh bahasa Sumeria, Ibrani dan Basque.

Tetapi, satu-satunya alasan mengapa para ilmuwan melabeli bahasa Sansekerta sebagai bahasa tertua adalah karena adanya catatan tertulis. Dalam hal ini adalah Kitab Suci Weda kuno yang ditemukan diperkirakan berasal dari masa 2.000 tahun sebelum Masehi.

Jawaban sebenarnya atas pertanyaan, “Bahasa apa yang paling tua?” adalah belum diketahui. Pasalnya, bisa jadi ada bahasa yang lebih tua dari Sansekerta. Sebab, bahasa yang diucapkan secara lisan tidak ada rekamannya.

Baca juga: Buat Calon Mahasiswa, Ini 8 Beasiswa Kuliah yang Layak Kamu Coba

6. Belajar bahasa kedua dapat membuat seseorang lebih pintar
Sejumlah ilmuwan setuju bahwa menjadi orang polyglot (bicara banyak bahasa) dapat meningkatkan kemampuan otak. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa berbicara lebih dari satu bahasa dapat membantu memperlambat proses penuaan.

7. Bahasa saling mempengaruhi satu sama lain
Sebagai contoh adalah bahasa Inggris. Dalam kamus, bahasa internasional itu ternyata mengadopsi sebanyak 29% kata-katanya dari bahasa Prancis, 29% dari bahasa Latin (Romawi), 26% bahasa Jerman dan sisanya berasal dari bahasa buatan yang diciptakan sendiri.

8. Dewasa ini banyak bermunculan bahasa buatan anyar
Ngomong-ngomong tentang bahasa buatan, dewasa ini diketahui telah banyak diciptakan untuk keperluan buku, televisi dan film. Bahasa buatan itu termasuk 14 bahasa baru yang berbeda ciptaan J.R.R Tolkien, penulis novel Lord of the Rings.

Tolkien menciptakan bahasa untuk kaum Hobbit, Elf, Dwarf, manusia Middle-Earth dan makhluk-makhluk mitologi semacamnya dalam novelnya yang lain. Tolkien jago menciptakan bahasa karena latar belakangnya yang seorang filologis (ahli sejarah bahasa).

Itulah 8 fakta menarik tentang bahasa yang bisa menambah wawasanmu.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s