Hastag Campus

Yuk Cek 5 Jurus Jitu Menjadi Pribadi Inovatif

Siapa yang gak mau menjadi pribadi inovatif? Tentu semua orang mau menjadi pribadi yang lebih baik. Bahkan kadang banyak orang rela membaca banyak buku hingga ikut berbagai seminar demi memperoleh ide baru. Dan kenyataannya, memang menjadi orang inovatif itu tidak mudah.

Meski gak mudah, bukan berarti gak mungkin kan? Jadi, simak langsung cara mengubah diri menjadi lebih inovatif.

1. Ubah mindset menjadi positif
Sering kali ketika dihadapkan dengan sebuah tantangan untuk kreatif, kadang kamu akan down dan secara tidak sadar menciptakan pola pikir yang negatif. Padahal membangun sebuah mindset positif adalah kunci terpenting untukmu dalam membangun kreatif. Lewat mindset positif ini, kamu akan merasa lebih percaya diri dengan dirimu sendiri.

Baca juga: 11 Alasan Kenapa Kamu Perlu Ambisi Supaya Bisa Sukses

2. Berpikir out of the box
Kamu harus berani berpikir out of the box. Mengingat kadang ide kreatif baru bisa ditemukan ketika kamu keluar dari zona nyamanmu. Namun, ketika kamu sudah menemukan ide tersebut, perhatikan juga apakah mengandung manfaat positif untuk kedepannya.

3. Terus motivasi dirimu sendiri
Jangan pernah bosan untuk terus mencari motivasi agar kamu gak menyerah di tengah jalan. Namun, yang terpenting bukan motivasi dari pihak luar, melainkan dari dirimu sendiri. Karena kunci utama proses kreatif terbentuk hingga menjadi orang inovatif adalah kemauan dan tekadmu sendiri.

Baca juga: 6 Manfaat Kalau Pengetahuanmu Luas, Gak di Situ-situ Aja

4. Berani untuk gagal
Meskipun kamu sudah memperhitungkan seluruh idemu dengan matang, tetapi kadang kenyataan tak sesuai dengan ekspektasi. Jadi, jangan menyerah, hanya karena kamu gagal, apalagi gagalmu baru sekali, anggap saja, kamu sedang mempelajari hal baru.

5. Terus mencoba
Meskipun kamu sudah gagal berkali-kali, jangan pernah menyerah. Harusnya lewat gagalmu tersebut, kamu bisa introspeksi diri dan memperbaiki susunan idemu yang kurang tepat. Sehingga, gagalmu tersebut bisa jadi batu loncatan untuk menjadikan dirimu orang inovatif. Oh ya, ingat, bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

Memang kalau belum terbiasa, menjadi pribadi yang inovatif adalah hal berat. Namun bukan hal mustahil untuk dilakukan. Sudah siap mencobanya?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star