6 Tips Agar Presentasi Kuliah Jadi Menarik, Cocok buat Mahasiswa!

Presentasi sebagai salah satu bentuk komunikasi di depan umum memang gak bisa lepas dari dunia pendidikan, terutama di tingkat perguruan tinggi.

Dengan presentasi, mahasiswa maupun mahasiswi akan belajar banyak hal, mulai dari cara berkomunikasi yang baik, pemilihan kata yang tepat, meningkatkan kepercayaan diri, hingga mengasah kreativitas dalam mengemas suatu informasi.

Salah satu unsur penting dalam presentasi adalah slide. Slide merupakan lembar atau tampilan yang berisi informasi berupa uraian, gambar, maupun grafik. Slide yang menarik akan menggugah audience untuk lebih antusias. Nah, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantumu menyajikan slide presentasi agar lebih menarik. Simak, yuk!

1. Berikan judul pada setiap materi yang akan dibahas
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah judul materi. Penulisan judul pada setiap pembahasan materi merupakan hal yang penting karena akan membantu audience untuk mengetahui topik apa yang sedang dibicarakan.

Kalau audience udah tahu topik apa yang sedang dibahas, mereka akan lebih mudah memahaminya. Lupa menuliskan judul akan membuat para audience merasa bingung. So, jangan sampai kamu lupa menuliskan judul topik yang akan dibahas, ya!

Baca juga: 5 Tips Aplikatif Untuk Mahasiswa Baru, Dijamin Bikin Kuliah Berkesan!

2. Gunakan template keren yang mendukung
Template merupakan tema dasar dalam menyajikan presentasi. Pemilihan template yang bagus akan membuat presentasimu jadi lebih menarik. So, pilihlah template yang keren namun tetap sesuai dengan materi yang akan kamu bahas, ya!

Sebenarnya ada banyak situs yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan berbagai macam template yang bagus, seperti TemplatesWise, Flashdemo, Free PPT Templates, dan masih banyak lagi. Tinggal bagaimana kamu pintar memilihnya, ya!

3. Hanya memasukkan poin-poin penting dalam slide
Yang satu ini juga gak kalah penting. Slide presentasimu akan jauh lebih menarik kalau berisi poin-poin penting aja. Kenapa? Karena kalau semua slide kamu penuhi dengan teks dan paragraf, itu yang membuat banyak orang jadi merasa malas untuk membacanya.

Hal ini juga bisa jadi penilaian terhadap diri kamu, lho! Kalau kamu memasukkan semua teks dan paragraf ke dalam slide tanpa menyaringnya lebih dulu, kamu bisa dinilai asal-asalan dalam mengerjakannya. Yang ada malah kamu dicap sebagai pemalas oleh teman-teman maupun dosenmu.

4. Gunakan pilihan kata yang mudah dipahami audience
Tips ini juga berhubungan dengan tips yang ketiga. Usahakan untuk memasukkan poin-poin ke dalam slide menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami.

Walaupun sumber materi yang kamu gunakan mungkin menggunakan bahasa formal tingkat tinggi, tapi kamu perlu menyajikannya ulang dengan bahasa yang mudah dipahami.

Caranya, sebelum presentasi, kamu bisa bertanya ke teman-temanmu dulu apakah poin-poin yang kamu masukkan itu mudah dimengerti atau tidak. Kemudian, minta masukan dari mereka kalau masih ada yang kurang. Nah, usahamu itu bisa jadi sarana teman-temanmu untuk memahami materinya, lho!

Baca juga: 11 Alasan Kenapa Kamu Perlu Ambisi Supaya Bisa Sukses

5. Jangan gunakan warna yang terlalu mencolok
Pemilihan warna menjadi sangat penting karena warna yang terkesan mencolok dan bertabrakan justru bisa bikin gak enak dilihat! Jangankan sekadar melihat, membacanya aja mungkin jadi banyak yang gak mau dan bahkan membuat mereka jadi sibuk sendiri. Jangan sampai deh presentasimu jadi dicuekin karena hal ini!

6. Selingi juga dengan gambar dan animasi yang kece
Selain memasukkan teks berupa poin-poin tadi, kamu juga bisa menambahkan gambar dan animasi yang kece untuk menarik perhatian audience.

Tips ini bisa membantu mengasah sisi kreativitasmu. Semakin keren pemilihan gambar maupun animasi yang kamu gunakan, maka semakin menarik juga materi yang akan kamu sampaikan itu.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar bisa menampilkan slide presentasi dengan menarik. Tujuan tips-tips di atas bukan sekadar untuk membuat penampilanmu terlihat baik aja, tapi agar setiap informasi yang kamu sampaikan bisa dipahami oleh teman-temanmu dengan baik, dan nilai yang bagus dari dosen akan jadi bonus untuk usahamu!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s