11 Alasan Kenapa Kamu Perlu Ambisi Supaya Bisa Sukses

Selama ini, ambisi banyak dikategorikan sebagai hal yang buruk. Ambisi dianggap sebagai ego besar yang menutupi mata manusia untuk meraih apa yang diinginkan. Namun, ambisi bisa dikatakan berada di antara baik ataupun buruk, bijak atau egois.

Meski begitu, ambisi bisa menjadi salah satu modal kita dalam meraih mimpi lho! Terutama kalau kamu memang menargetkan dirimu bisa sesukses orang-orang seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates, Dave Morin (pendiri Path), Sergey Brin (Co-Founder Google) dan tokoh lainnya.

1. Ambisi bisa membuat pikiranmu lebih terbuka.
Terutama ketika kamu mengejar karier yang kamu inginkan. Ambisi membuat pikiranmu lebih terbuka agar bisa menyesuaikan dan memahami lingkup kerja impianmu.

2. Ambisi membuatmu lebih mampu memanfaatkan kesempatan.
Ya! Kesempatan tidak datang dua kali itu benar adanya. Dengan ambisi itu, kamu berani untuk memanfaatkan dan menggunakan kesempatan yang ada dengan baik.

3. Ambisi membuatmu tidak sungkan untuk bertindak.
Kamu jadi pribadi yang berani ambil risiko. Kamu tidak sungkan untuk mengambil jalan yang sulit untuk meraih hasil yang maksimal. Pada akhirnya membuat dirimu lebih berani dalam membuat keputusan.

Baca juga: Pilihan Bisnis Modal Kecil Buat Kamu yang Masih Mahasiswa

4. Ambisi membuatmu lebih baik dalam mengambil keputusan.
Nah, ketika kamu berani mengambil risiko, kamu berarti mampu mengambil keputusan dengan baik. Pemikiranmu yang terbuka juga mendukungmu untuk membuat keputusan dengan baik.

5. Karena ambisi akan membuatmu berpikir kritis.
Kamu akan berpikir kritis terhadap karier atau mimpimu. Ketika meraih kesempatan di depan mata, kamu akan berpikir sekritis mungkin. Mulai dari positif atau negatifnya sampai prospek kariermu dalam pekerjaan.

6. Kemudian, ambisi akan ‘memaksamu’ untuk berubah.
Berubah dalam hal apa? Dari sisi profesionalismemu. Ambisi membuatmu memaksakan dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik agaar bisa meraih karier yang kamu inginkan. Membuatmu ‘berevolusi’ secara ethos kerja.

7. Ambisi membuat semangatmu ‘terbakar’.
Terbakar lebih besar untuk terus berusaha. Ambisis yang terus memotivasimu untuk melangkah maju menuju karier yang kamu incar.

8. Ambisi juga akan membuatmu sadar mana yang penting dan tidak.
Kamu jadi tahu prioritas yang harus kamu kerjakan. Kamu jadi tahu manakah yang bisa kamu kerjakan dengan tenaga yang besar dan mana yang butuh tenaga lebih kurang. Namun, semua hasilnya akan maksimal.

Baca juga: Wahai Fresh Graduate, Ini 5 Tips Jitu Menghadapi Interview

9. Ambisi membantumu mengembangkan kemampuan diri.
Ketika kamu punya kemampuan lebih, tapi kamu tidak punya ambisi untuk mengembangkannya. Maka, sama saja kamu menghambat kamu untuk punya karier yang lebih baik. Ambisilah yang membuatmu tidak lepas dari belajar dan terus belajar.

10. Ambisi menjadi salah satu alasan kamu membentuk pribadi yang kreatif.
Selain kritis, ambisi membuatmu berpikir out of the box. Kamu menggunakan banyak perspektif untuk mengerjakan pekerjaan. Kamu memberikan ide-ide segar yang akan memberikan jalan bagimu dalam menanjaki karier.

11. Pada akhirnya, ambisilah yang akan menjadi salah satu ‘pembentuk masa depan’.
Kenapa begitu? Karena ambisi akan membuatmu melihat ke depan. Istilahnya, kamu jadi visioner dalam masalah karier. Apakah kamu mau tetap di posisi yang sama selama bertahun-tahun tanpa perkembangan, atau kamu mau berusaha keras untuk meraih kesuksesan.

Tidak selama ambisi itu buruk bukan? Tidak ada salahnya memiliki ambisi. Sekarang adalah kembali pada diri sendiri dalam bagaimana memanfaatkan ambisimu dalam hal positif demi karier yang lebih baik.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s