Hastag Campus

Pilihan Bisnis Modal Kecil Buat Kamu yang Masih Mahasiswa

Proses pendewasaan diri dimulai ketika seseorang memasuki jenjang perkuliahan, di mana sudah mulai merasa segan ketika harus sering-sering meminta uang untuk kebutuhan sehari-hari pada orangtua.

Akhirnya, kamu akan mencari cara bagaimana untuk menambah pemasukan uang jajan. Walaupun belum bisa menghasilkan uang yang besar, tetapi paling tidak ketika akhir bulan atau “jatah” dari orang tua telat diberikan, kamu masih tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah ketika memikirkan soal bagaimana caranya memiliki penghasilan sendiri, kamu tentu akan berpikir soal memulai bisnis. Tapi bisnis apa sih yang bisa dimulai dengan modal kecil ala mahasiswa? Yuk, simak nih pilihan-pilihan bisnis yang bisa kamu coba!

1. Biar memudahkan teman-teman sekelasmu, buka aja jasa cetak tugas kuliah atau print
Di sekitar lingkungan kampus biasanya sudah ada jasa print, tetapi dengan banyaknya mahasiswa yang ada di kampus, seringkali kamu harus mengantri untuk nge-print. Nah, bagi yang memiliki fasilitas printer sendiri, pastinya ini dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mendapatkan tambahan uang jajan, yaitu dengan menawarkan jasa print tugas.

Biasanya, ditawarkan untuk teman sekelas dulu nih. Lumayan ‘kan selain bisa dapat pemasukan, kamu juga membantu teman-temanmu yang mungkin gak punya printer atau malas ribet.

Baca juga: Buat Calon Mahasiswa, Ini 8 Beasiswa Kuliah yang Layak Kamu Coba

2. Pikirkan sesuatu yang dibutuhkan semua orang. Jual pulsa bisa jadi pilihan
Bagi mahasiswa, pulsa merupakan kebutuhan penting. Apalagi di era ini ketika kebutuhan untuk selalu “online” jadi yang utama. Ini nih yang bisa jadi lahan bisnismu. Seiring berjalannya waktu, modal untuk berjualan pulsa semakin terjangkau.

Hanya dengan telepon genggam yang dipunya, kamu dapat menjual pulsa kepada temanmu. Lumayan banget lho untungnya bisa buat jajan, beli pulsa buat sendiri, atau ditabung.

3. Manfaatkan ilmumu dengan mengajar les privat. Lumayan banget lho gajinya!
Menjadi guru ataupun pengajar tidak selalu harus menunggu seseorang lulus. Misalnya dengan membuka les privat untuk mereka yang tingkatnya di bawah kamu. Misalnya kamu yang saat ini masih mahasiswa dan belum lulus, kamu bisa mengajar untuk mereka yang duduk di bangku SD sampai SMA.

Pastinya, memberikan ilmu yang sudah kamu dapat dari tingkat sebelumnya dapat menjadi bisnis dengan modal yang kecil dan mengasah daya ingatmu sendiri.

4. Skill yang kamu dapat dari bangku kuliah harus terus dilatih. Buka bisnis sesuai passionmu aja!
Bagi kamu yang mengambil suatu jurusan perkuliahan berbasis skill tentu harus bersenang hati. Sebut saja kamu yang kuliah jurusan tata boga atau seni kuliner misalnya tentu skill kamu harus terus diasah, salah satunya dengan memulai bisnis kulinermu sendiri.

Yang pasti, memanfaatkan ilmumu tidak selalu harus menunggu lulus dari bangku perkuliahan. Bagi kamu mahasiwa dengan jurusan desain grafis, bisa juga lho dengan menawarkan jasa kepada pihak lain dalam mendesain logo, kartu nama ataupun desain lainnya.

Baca juga: 7 Tips Mudah Sukses dalam Karir yang Sering Disepelekan Anak Muda

5. Suka nulis? Cari penghasilan dengan menjadi penulis lepas pasti menjanjikan
Bagi kamu yang suka menulis dan punya kemampuan untuk menyampaikan ide dalam bentuk tulisan, menjadi penulis lepas bisa jadi pilihan bisnis terbaik lho. Selain bisnis ini mudah dikerjakan, bisnis yang satu ini juga nyaris tanpa modal. Sebab yang dibutuhkan hanya kemampuan menulis, kreativitas, dan imajinasi kamu.

Di samping itu, bisnis ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu. Pastinya, kamu pun akan dengan senang hati untuk mengerjakan bisnis ini karena sesuai dengan passion-mu.

Bisnis modal kecil ini dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan tambahan uang, bahkan tidak sedikit dari bisnis yang dijalani bisa membantu orang tua juga. Yang pasti, bisnis tidak selalu harus dimulai ketika pendidikan sudah selesai, dalam proses pendidikan kamu juga tetap dapat berbisnis.

Yang terpenting dari bisnis yang dijalani adalah tidak mengganggu kegiatan pendidikan apalagi menomorduakan pendidikan. Sekalipun masih mahasiswa ataupun pelajar berbisnis tetap dapat dimulai segera, guys!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star