Buat Calon Mahasiswa, Ini 8 Beasiswa Kuliah yang Layak Kamu Coba

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tentunya jadi impian banyak orang, khususnya bagi kamu pelajar yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas. Namun apa daya, perekonomian Indonesia yang belum merata membuat banyak pelajar harus mengubur dalam-dalam mimpinya untuk bisa mendapat gelar sarjana.

Untungnya saat ini pemerintah dan juga lembaga lainnya telah menyiapkan berbagai macam beasiswa bagi kamu pelajar dan mahasiswa yang secara ekonomi kurang beruntung tetapi berprestasi secara akademik. Buat kamu mahasiswa dan juga calon mahasiswa, berikut ada delapan beasiswa kuliah yang layak kamu coba.

1. Bidikmisi
Kamu sudah tahu belum dengan beasiswa yang satu ini? Bidikmisi merupakan beasiswa dari pemerintah yang dikhususkan bagi mahasiswa yang kurang mampu. Fasilitas berupa pembebasan biaya kuliah dan uang saku serta kuota yang besar membuat beasiswa ini jadi incaran banyak pelajar.

Pendaftaran beasiswa ini bisa dilakukan sejak kamu masih bersekolah maupun setelah menjadi mahasiswa baru.

2. Peningkatan Prestasi Akademik
Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik berasal dari Direktorat Jendral Perguruan Tinggi. Kamu bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa ini setelah resmi menyandang status sebagai mahasiswa. Untuk mendapatkan beasiswa ini kamu perlu memenuhi beberapa syarat yang telah ditentukan oleh Dikti seperti IPK minimal dan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

Baca juga: 6 Manfaat Kalau Pengetahuanmu Luas, Gak di Situ-situ Aja

3. Astra 1st
Beasiswa Astra diberikan oleh PT. Astra Internasional. Beasiswa Astra ditujukan kepada mahasiswa jurusan tertentu yang sedang menempuh bangku kuliah maksimal semester 6. Kamu yang beruntung mendapatkan beasiswa ini akan mendapat bantuan biaya kuliah yang jumlahnya cukup besar dan juga pelatihan yang pastinya berguna untuk kariermu kelak.

4. Toyota Astra
Beasiswa Toyota Astra juga berikan oleh PT Astra Internasional. Bedanya, beasiswa ini disalurkan oleh Yayasan Toyota Astra dan ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menempuh tugas akhir. Kamu yang lolos seleksi beasiswa Toyota Astra akan mendapat bantuan berupa uang saku perbulan dan juga biaya untuk menunjang kelancaran penelitianmu.

5. Djarum Beasiswa Plus
Djarum Beasiswa Plus merupakan salah satu beasiswa yang sangat terkenal di kalangan mahasiswa dan juga bergengsi. Pasalnya beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa.

Bagi mahasiswa yang lolos seleksi, akan diberikan fasilitas berupa bantuan biaya kuliah selama setahun dan juga berbagai pelatihan yang meningkatkan keterampilanmu seperti Leadership Development yang pastinya bisa menjadi nilai tambah ketika kamu bekerja nantinya.

6. Beastudi Etos
Beastudi Etos merupakan salah satu program dari dompet dhuafa. Sasaran dari beasiswa ini adalah mahasiswa kurang mampu tetapi memiliki prestasi dan juga resmi diterima sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi yang telah ditentukan oleh pihak beastudi etos.

Fasilitas yang diberikan beastudi etos juga sangatlah lengkap yaitu berupa bantuan biaya kuliah selama 8 semester, asrama, berbagai pelatihan dan pengembangan diri serta biaya penelitian.

Baca juga: 5 Tips Agar Kamu Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

7. ORBIT Hasri Ainun Habibe
Beasiswa ini terbagi menjadi 2 kategori yaitu reguler dan unggulan. Beasiswa reguler diberikan pada pelajar yang sedang merencanakan kuliah ataupun yang sedang menempuh pendidikan di bangku perguruan tinggi. Sedangkan beasiswa unggulan diberikan khusus bagi pelajar yang baru akan menempuh.

Untuk mahasiswa yang lolos seleksi beasiswa reguler akan mendapat bantuan berupa uang saku sejumal Rp 750 ribu per bulan selama satu tahun. Sedangkan untuk jalur unggulan akan mendapatkan beberapa bantuan yang mencakup biaya kuliah, uang saku, kos, dan buku. Menarik bukan?

8. Tanoto
Beasiswa Tanoto diberikan oleh Tanoto Foundation untuk kamu yang baru akan memulai kuliah ataupun sudah kuliah. Selain uang kuliah dan tunjangan bulanan. Kamu yang terdaftar sebagai penerima beasiswa ini juga akan mendapatkan program pelatihan kepemimpinan serta pengembangan karier.

Supaya bisa mendapatkan beasiswa ini, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi seperti nilai minimum dan juga terdaftar sebagai mahasiswa perguruan tinggi yang merupakan mitra Tanoto Foundation.

Sekarang kamu gak perlu khawatir tak bisa kuliah karena nyatanya pemerintah telah memberikan fasilitas yang luar biasa buat kamu yang punya cita-cita tinggi. Sekarang ini tugasmu hanyalah berusaha semaksimal mungkin agar kamu bisa jadi yang terbaik dan bisa fokus menata masa depan.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s