Tips Manjur Biar Pekerjaan Tetap & Freelance Berjalan Lancar!

Kerja sampingan memang kerap dilirik oleh sebagian besar orang, entah mahasiswa ataupun orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap. Berbagai alasan tentu dapat dibenarkan untuk sebagian orang memilih pekerjaan sampingan ini, untuk mendapatkan tambahan finansial, ajang mengembangkan diri atau hanya karena kamu menyukai pekerjaan tersebut.

Meskipun begitu tetap saja kamu harus punya managemen waktu yang baik agar pekerjaan sampinganmu ini tidak mengganggu pekerjaan tetapmu. Agar kamu dapat mengatur ritme dua pekerjaanmu ini, yuk terapkan 5 tips di bawah ini agar pekerjaan utama dan freelance-mu tidak bentrok.

1. Selalu perhatikan deadline pekerjaanmu.
Jika kamu memilih memiliki pekerjaan sampingan, ada baiknya kamu mengatur deadline kedua pekerjaanmu hal ini sangat ampuh dilakukan untuk manage waktu agar tidak mengganggu dengan pekerjaan utamamu. Misalnya nih, kamu mengecek deadline keduanya. Kamu mengerjakan pekerjaan sampinganmu dimalam hari agar pekerjaanmu cepat selesai dan juga tidak menumpuk di hari berikutnya.

Baca juga: 5 Tips Agar Kamu Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

Selain itu kamu juga bisa bangun lebih pagi dari biasanya untuk mengerjakan pekerjaan sampinganmu. Hal ini bisa kamu lakukan selain bermanfaat agar pekerjaanmu on time kamu juga dapat berjaga-jaga jika kamu harus lembur di kantor.

2. Buatlah jadwal untuk mempermudah pekerjaan.
Selain membuat daftar deadline, kamu juga bisa membuat jadwal untuk menyelesaikan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Pisahkan pekerjaan pokokmu dengan tugas-tugas sebagai pekerja lepas. Ada baiknya juga, jika kamu membuat skala prioritas atau target yang akan kamu kerjakan dalam sehari untuk memenuhi deadline pekerjaanmu.

3. Fokus bekerja.
Untuk menyeimbangakan pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan, kamu juga dapat melakukan hal ini. Pekerjaan utama sebaiknya kamu kerjakan dan selesaikan di kantor begitu juga sebaliknya pekerjaan sampinganmu kerjakan juga di rumah. Mengapa kedua hal ini jangan sampai kamu lakukan, karena dua hal ini dapat membuat pekerjaan utama ataupun sampinganmu keteteran dan juga membuatmu terlihat tidak profesional.

Baca juga: Bekerja Sendirian? Ini 7 Tips yang Bisa Kamu Coba Agar Tidak Kesepian

4. Managemen penghasilan.
Kamu harus pandai memenage penghasilanmu, ada baiknya kamu memisahkan penghasilan pokokmu dan penghasilan dari freelancer. Jika kamu memisahkan kedua penghasilan tersebut kamu dapat membuat estimasi apakah penghasilanmu sudah sesuai dengan hasil pekerjaanmu atau tidak.

5. Menjaga kesehatan itu penting.
Untuk kamu yang memiliki banyak pekerjaan, menjaga kesehatan tubuh sangatlah perlu diperhatikan. Istirahat cukup dan perhatikan pola makananmu agar kamu tetap fit menjalani pekerjaan.

Jika kamu merasa lelah segeralah istirahat, jangan sepelekan pula jam tidurmu selain itu imbangi dengan olahraga agar pikiran tidak stres. Karena dengan menjaga kebugaran tubuhmu kamu pun bisa mengatur pekerjaan juga, bila kamu sakit kamu gak bisa kerja kan?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s