Hastag Campus

Wahai Fresh Graduate, Ini 5 Tips Jitu Menghadapi Interview

Mencari pekerjaan memang gampang-gampang susah, banyak hal yang perlu disiapkan mulai dari membuat surat lamaran, melengkapi berkas-berkas hingga tahap wawancara/interview. Nah, sebagai seorang fresh graduate tentu kamu sangat senang bila mendapat kesempatan wawancara kerja di perusahaan yang kamu lamar.

Masalahnya nih, fresh graduate yang notabene baru menyelesaikan pendidikannya, tentu punya pengalaman yang minim sekali atau bahkan tidak ada sama sekali mengenai dunia kerja. Kamu termasuk salah satunya? Bila iya, jangan khawatir dulu ya sebab di bawah ini akan dibahas tentang lima tips jitu menghadapi interview untuk kamu para fresh graduate. Penasaran? Yuk simak!

1. Mencari informasi tentang latar belakang perusahaan yang kamu lamar
Ingat, penting banget bagi kamu terutama seorang fresh graduate untuk mencari tahu informasi tentang latar belakang dan seluk perusahaan yang kamu lamar. Kenapa? Ya, tujuannya untuk mendapat gambaran besar tentang perusahaan tersebut, bergerak di bidang apa, sudah berapa lama perusahaan tersebut berdiri dan sebagainya.

Baca juga: 4 Cara Ini Bisa Membuat Kerja Sambil Kuliah Lebih Efisien dan Menyenangkan

Nah, nantinya bila kamu diwawancarai oleh HRD ataupun pimpinan perusahaan mengenai pertanyaan ini maka kamu sudah bisa menjawab dengan tenang. Dan, kemungkinan besar mereka akan memberimu nilai plus dibanding kandidat lain tentang pemahamanmu dan soal keseriusan bekerja di perusahaan tersebut.

2. Meski tidak punya pengalaman kerja, ketahuilah gambaran tentang pekerjaan yang kamu lamar
Nah, gak punya pengalaman bekerja bukan berarti gak perlu tahu soal gambaran job desk dari posisi pekerjaan yang kamu lamar bukan? Misalkan kamu melamar sebagai staff akunting tanpa pengalaman, kamu tentu wajib tahu dong dasar-dasar pekerjaan seorang akunting itu bagaimana, sehingga di situ pewawancara bisa menilai level pemahamanmu soal posisi yang kamu lamar.

Selain itu, toh bila diterima kerja kamu sudah gak kaget lagi dengan tugas dari pekerjaanmu, karena sudah mengerti sebelumnya mengenai job desk posisi yang kamu lamar.

3. Pelajari tips-tips penting mengenai sesi wawancara kerja
Mungkin banyak dari kamu yang mendengar bahwa sesi wawancara kerja pada dasarnya tidak ‘bersahabat’ dan bikin gugup abis. Benarkah? Sekali lagi, tergantung dari sudut pandangmu dan bisa jadi benar kalau kamu baru pertama kali mendapat sesi wawancara sebagai seorang fresh graduate. Tanpa bekal apapun rasanya sulit untuk bisa menghindari rasa gugup selama sesi interview.

Oleh karena itu, sering-seringlah mencari referensi mengenai interview entah dengan teman yang sudah berpengalaman, membaca artikel seputar wawancara di internet dan lain sebagainya. Intinya, kamu telah melakukan persiapan matang misalnya bila diberi pertanyaan yang sering dianggap menjebak, kamu tentu sudah tahu cara menjawab yang baik dan tepat.

Baca Juga: 5 Tips Asyik Belajar Bahasa Inggris

4. Pelajari tentang bahasa tubuh yang baik saat wawancara kerja
Dalam test wawancara, bahasa tubuhmu juga merupakan semacam alat komunikasi lho! Ya, bahasa tubuh atau gestur tubuh yang baik bisa jadi trik psikologi yang harus kamu kuasai. Karena bahasa tubuh kamu pasti diperhatikan oleh si pewawancara dan seringkali menunjukkan apa yang ada di benakmu dibanding kata-kata yang kamu ucapkan.

Oleh karena itu, carilah pengetahuan atau referensi soal bahasa tubuh yang baik dan mampu meyakinkan pewawancara, mulai dari gerakan tangan, cara berjabat tangan, kontak mata, posisi duduk dan sebagainya. Belum lagi soal psikotes yang harus kamu jalani selama proses rekrutmen, sehingga kamu harus paham betul soal pentingnya bahasa tubuh ini.

5. Buang jauh-jauh pikiran tentang kegagalan
Yang terakhir dan terpenting, jangan pernah berpikir tentang apakah kamu akan gagal atau sukses dengan tahap interview yang kamu jalani. Memang bagi fresh graduate, pasti ada rasa gugup dan takut gagal yang muncul dibenakmu. Tapi sadarilah, bagi orang yang sudah sering melakukan interview saja terkadang masih gugup bila menjalani sesi wawancara kerja. Jadi, fokuskan energi dan pikiranmu tentang apa yang harus kamu lakukan daripada berpikir tentang hasilnya yang belum pasti.

Akhir kata, semoga tips-tips di atas bermanfaat buat kamu para job seeker yang sedang berjuang. Semoga berhasil!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star