4 Cara Ini Bisa Membuat Kerja Sambil Kuliah Lebih Efisien dan Menyenangkan

Pada awalnya bekerja dan kuliah dalam waktu bersamaan mungkin akan terasa sulit untuk dijalani. Apalagi sebagai mahasiswa kita dituntut untuk selalu belajar, sedangkan sebagai pekerja kita dituntut untuk selalu mencapai target dan profesional. Karena keduanya harus kita jaga agar bisa saling berjalan berdampingan. Tentunya ini bukan perkara mudah, namun bukan berarti sulit untuk dijalani juga. Nah, simak hal-hal berikut ini yang bisa kamu terapkan agar bekerja dan kuliah semakin lancar, efisien dan menyenangkan

1. Manajemen Waktu yang Baik
Menyandang status sebagai seorang pekerja dan mahasiswa dalam waktu bersamaan menuntut kita harus memiliki manajemen waktu yang baik. Hal ini yang harus menjadi catatan penting, salah satu cara awalnya yaitu jangan sampai jadwal keduanya bertabrakan alias bentrok. Selalu selesaikan tugas tepat waktu, jangan menunda pekerjaan dan tetap profesional.

Baca juga: 5 Tips Asyik Belajar Bahasa Inggris

2. Terkadang Harus Merelakan Waktu Istirahat
Ini memang kenyataan yang harus kamu hadapi, apalagi yang bekerja dengan sistem off atau bekerja jadwal shift. Yang biasanya waktu tidurmu 7-8 jam sehari tapi setelah kerja sambil kuliah ini kamu harus rela tidur hanya 5 jam atau bahkan 3 jam sehari. Tapi agar tidak gampang sakit, tetap jaga pola makan dan jangan lupa minum vitamin walaupun kurang tidur ya guys.

3. Menjaga Nilai Agar Tidak Menurun
Pastikan nilai tidak bermasalah walaupun kuliah sambil bekerja. Segera selesaikan tugas yang diberikan, isilah semua kuis yang ada, kerjakan tugas kelompok dengan baik dan jangan terlambat mengikuti UTS dan UAS. Tentunya jangan sampai terkena ujian susulan juga ya.

Baca juga: 5 Hal Penting Sebelum Masuk Organisasi Ini Wajib Kamu Lakukan

4. Bersyukurlah, Karena Apapun yang Dijalani dengan Ikhlas Selalu Ada Hikmahnya
Mau bagaimanapun pengorbananmu, sesulit apapun perjuanganmu, intinya jangan pernah mengeluh atas kehidupanmu. Kerja sambil kuliah adalah salah satu hal yang harus kamu syukuri. Tidak semua orang bisa seberuntung kamu loh, Ingat lagi apa alasan kamu bisa memperjuangkannya sampai sejauh ini, bagaimana cara kamu bertahan dalam semua ini. Apa cita-cita yang ingin kamu raih. Itu bisa menjadi motivasi kamu disaat-saat kamu mulai lelah dan ingin menyerah agar semangatmu muncul kembali.

Karena menjalani dua hal sekaligus memang tidaklah mudah, diperlukan kesabaran lebih dalam menghadapinya. Keikhlasan hati dalam menyikapi berbagai persoalan didalamnya. Lagipula tidak semua orang bisa semandiri kamu. Jadi jangan mengeluh atau bersedih lagi ya, banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kamu petik dari ini semua kok.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s