Bekerja Sendirian? Ini 7 Tips yang Bisa Kamu Coba Agar Tidak Kesepian

Bekerja di rumah mungkin menjadi impian banyak orang. Jika dipikir lagi, bekerja di rumah sebagai freelancer memang menyenangkan karena ketika hampir semua teman-temanmu harus bangun pagi dan bersiap kerja, kamu justru bisa bangun dan mulai bekerja kapan pun kamu mau.

Meski begitu, menjadi freelancer juga memiliki kekurangan. Berbeda dengan pekerja kantoran yang setiap harinya dikelilingi oleh banyak orang, para freelancer menghabiskan waktunya untuk bekerja sendirian.

Karena tidak ada orang yang bisa diajak bicara, kebanyakan freelancer jadi rentan merasa kesepian. Nah kalau kamu adalah salah satunya, berikut ini tujuh tips yang bisa kamu coba agar tidak kesepian.

1. Ganti suasana bekerja
Salah satu keuntungan jadi seorang freelancer adalah kamu bisa bekerja di mana pun kamu suka. Nah daripada bosan bekerja di rumah seharian, kenapa kamu tidak mencoba bekerja di kafe, perpustakaan umum atau taman kota saja?

Selain suasana yang berbeda, bekerja di tempat umum akan membuat kamu dikelilingi oleh banyak orang. Bahkan jika kamu tidak mengenal satu pun dari mereka, berada di tengah banyak orang akan membuat kamu tidak terlalu kesepian. Keuntungan lain, kamu juga memiliki kesempatan untuk mengenal banyak orang baru.

Baca juga: Biar Makin Suka, Terapin 5 Tips Ini Saat Mulai Menanamkan Hobi Membaca 

2. Hubungi teman-teman kamu
Meski kamu sudah lulus sekolah dan bekerja di tempat terpisah, tidak berarti kamu harus melupakan teman-temanmu. Oke, kamu memang tidak bisa menghubungi mereka seenaknya seperti dulu tapi paling tidak kamu bisa mencoba menghubungi mereka saat jam istirahat kantor. Percaya atau tidak, bicara dengan seorang teman dalam waktu singkat akan membuat mood kamu jadi lebih baik dari sebelumnya.

3. Pergi hangout di akhir pekan atau makan malam bersama
Bahkan jika kamu dan teman-temanmu sibuk, kalian toh tidak akan sibuk selamanya kan? Kalau kamu tidak bisa keluar rumah, kenapa kamu tidak mengundang teman-teman kamu untuk datang dan makan malam bersama? Atau kamu juga bisa memanfaatkan waktu kosong di akhir pekan untuk pergi hangout bersama teman-temanmu. Entah itu makan, shopping, nonton film, atau hanya sekedar duduk santai di kafe langganan.

4. Memiliki hewan peliharaan
Meski tidak bisa diajak bicara, memiliki seekor hewan peliharaan akan membuat suasana rumah yang tadinya sepi jadi lebih ramai. Kamu bisa memelihara seekor anjing atau kucing. Selain suasana yang lebih semarak, memelihara mereka juga akan membuat kamu memiliki paling tidak satu kegiatan baru selain bekerja.

5. Bertemu dengan freelancer lainnya
Media sosial bukan hanya membantu kamu tetap terhubung dengan teman-temanmu tapi juga membantu kamu menemukan orang yang memiliki nasib yang sama denganmu. Kamu bisa bergabung dengan fanpage atau komunitas para freelancer di media sosial. Selain menambah teman baru, bertemu dengan mereka juga bisa membantu kamu menemukan pekerjaan yang lebih baik.

Baca juga: 7 Tips Menaklukkan Dunia Kerja Bagi Kamu Si Introvert

6. Isi waktu kosongmu untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai
Dibandingkan dengan para pekerja kantoran, freelancer memang memiliki lebih banyak waktu luang. Daripada bengong tidak karuan, kenapa kamu tidak memanfaatkan waktu yang kamu miliki untuk mengerjakan hobimu. Entah itu membaca, bermain musik atau pergi menonton film. Kamu juga punya banyak kesempatan untuk belajar hal baru setiap harinya.

7. Cari pekerjaan tetap
Jika kamu sudah mencoba tips di atas dan masih merasa bosan, kenapa kamu tidak mencoba mencari pekerjaan tetap saja? Kamu bisa melamar ke perusahaan yang berhubungan dengan pekerjaan kamu sebelumnya. Misalnya jika kamu seorang penulis lepas, kamu bisa mencoba melamar kerja menjadi editor di majalah atau perusahaan media lainnya. Selain mendapatkan pengalaman dan teman-teman baru, bekerja di tempat baru juga akan membantu kamu keluar dari zona nyaman yang selama ini kamu tempati.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s