Hastag Campus

7 Tips Menaklukkan Dunia Kerja Bagi Kamu Si Introvert

Dalam dunia kerja, hal yang dibutuhkan selain kualitas pekerjaan adalah kemampuan dalam bersosialisasi. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik. Salah satu penyebab orang tidak pandai bersosialisasi dikarenakan orang tersebut memiliki kepribadian introvert. Sebagian besar orang dengan kepribadian ini cenderung tertutup dan sulit membuka diri pada orang lain. Sikap seperti yang pada akhirnya membuatnya sulit bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

Memasuki dunia kerja, kamu tentu akan bertemu dengan lingkungan dan orang-orang baru. Bagi si introvert, melalui hal ini bukanlah hal yang mudah. Kamu membutuhkan kiat-kiat khusus untuk bisa menaklukkan dunia kerjamu yang baru. Nah berikut adalah 7 tips menaklukkan dunia kerja bagi para introvert!

1. Pahami situasi di lingkungan barumu
Introvert membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama dalam memasuki lingkungan baru. Untuk itu kamu bisa menyiasatinya dengan terlebih dahulu mempelajari situasi lingkungan kerja yang akan kamu masuki. Kamu bisa memulainya dengan berangkat kerja lebih pagi sehingga lebih siap dalam menghadapi hari barumu di lingkungan kerja.

2. Jadikan tempat kerja sebagai tantangan untuk keluar dari zona nyaman
Bagi sebagian besar introvert, jika sudah berada di zona nyaman maka ia akan betah berlama-lama disana tanpa berniat keluar ke zona yang baru. Nah di lingkungan kerja ini, bisa menjadi suatu tantangan baru bagi introvert untuk keluar dari zona nyamannya selama ini. Karena di dalam lingkungan kerja, mau tidak mau seseorang harus dapat mengenal lingkungan dan rekan kerja untuk bisa menunjang kualitas pekerjaannya.

3. Tidak perlu minder karena kepribadian introvertmu
Kepribadian adalah sesuatu yang tidak dapat diubah. Memiliki kepribadian introvert bukan merupakan suatu kesalahan. Menjadi pendiam dan penyendiri bukanlah hal yang salah selagi kamu tidak merugikan orang lain. Jangan pernah membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain yang bisa lebih terbuka dan memiliki banyak teman.

4. Memulai hubungan sosialisasi dengan orang-orang yang membuatmu nyaman
Seorang introvert biasanya sulit dekat dengan orang lain. Tetapi jika ada orang yang bisa membuat nyaman, maka ia akan berusaha untuk selalu dekat dengan orang tersebut. Jika kamu sudah menemukan orang ini di dunia kerja, maka kamu bisa menjadikannya sebagai ‘jembatan’ untuk mulai bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja yang lain.

5. Jangan takut untuk meminta pendapat atau saran dari rekan kerja
Menjadi pekerja baru tentunya membutuhkan bimbingan dari rekan-rekan kerja yang telah lebih dahulu menggeluti bidang yang kamu masuki. Jangan ragu untuk meminta pendapat atau saran mengenai pekerjaanmu kepada mereka. Jalinlah komunikasi yang baik, sampaikan dengan santun dan selalu ucapkan ‘terima kasih’. Kamu juga bisa menjadikan obrolan mengenai pekerjaan ini sebagai awalan untuk mulai bersosialisasi dengan rekan-rekan kerjamu.

6. Tetaplah percaya diri karena ‘kekuatan’ introvert juga dibutuhkan di tempat kerja
Introvert adalah kepribadian yang di dalamnya memiliki banyak sisi mengagumkan. Sikap penyendiri dari introvert adalah kekuatan dimana sebenarnya dalam kesendirian itu ia memiliki banyak kemampuan yang produktif. Introvert biasanya tidak bisa bertindak dalam keadaan spontan sehingga ia terbiasa melakukan sesuatu dengan terjadwal. Introvert juga cenderung telaten dan tenang sehingga lebih fokus dan mampu berpikir lebih matang. Segala sifat yang dimiliki intovert ini sangat dibutuhkan di dalam dunia kerja.

7. Menjadi diri sendiri
Poin terakhir adalah yang paling penting, yaitu tetap menjadi diri sendiri. Kamu tidak perlu mengubah kepribadianmu untuk bisa memenuhi kriteria untuk masuk ke dalam ruang lingkup rekan-rekan kerjamu yang baru. Jika kamu pernah mendengar bahwa rekan-rekan di dunia kerja itu ‘kejam’, maka pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah. Karena itu jika kamu telah melakukan yang terbaik namun tetap menemui hal yang kurang menyenangkan di tempat kerja, maka tidak perlu kamu pedulikan. Cukup bagimu untuk tetap bekerja sebaik mungkin dan buktikan bahwa kamu memang layak berada disana.

Nah itulah 7 tips yang bisa diterapkan bagi kamu para introvert saat mulai memasuki dunia kerja yang baru. Mulai sekarang jangan takut memulai hari barumu. Semoga sukses!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star