Hastag Campus

5 Hal Ini Perlu Dipersiapkan Bagi Calon Mahasiswa Sebelum Kuliah

Bagi sebagian siswa SMA yang sebentar lagi akan menjadi mahasiswa baru (Maba), tentu dunia kampus adalah masa-masa yang paling ditunggu. Karena, di kampus ini kalian akan mendapatkan segudang pengalaman dan teman-teman baru.

Nah, sebelum memasuki dunia kampus, kamu juga harus mempersiapkan apa saja sebelum pergantian status dari siswa SMA menjadi seorang mahasiswa. Apa Saja yang dibutuhkan?

1. Kamu harus siapkan mental
Berhubung dunia perkuliahan yang akan dijalani berbeda dengan waktu di SMA dulu, jadi mental kalian harus diubah. Kamu harus tahan banting dan bermental baja untuk menghadapi tugas dan menghadapi dosen-dosen.

Maka, mulailah untuk melatih mentalmu. Mulailah untuk bisa menerima saran dari orang lain dan jangan cepat puas dengan pujian. Karena orang yang tidak bisa menerima saran dan cepat puas adalah orang yang bermental lemah.

Mahasiswa baru harus menyiapkan dan mengubah mental dari mental ‘anak sekolah’ jadi anak kuliahan karena kehidupan sebagai mahasiswa jauh berbeda dengan saat masih sekolah.

Salah satunya ketika sekolah terbiasa dikasih semuanya dari sekolah, tapi jadi mahasiswa kita yang harus aktif mencari tahu semua informasi yang ada di kampus. Jadi, enggak boleh malas mencari tahu informasi.

Baca juga: 5 Tips Biar Fresh Lagi Buat Kamu yang Jenuh Kuliah

2. Pelajari kampus tujuan
Sebelum masuk kuliah, penting banget untuk mencari tahu apa aja yang ada di kampus. Info yang didapat ini akan menjadi senjata yang membantu kita agar bisa beradaptasi dengan lebih mudah.

Pelajari juga tentang proses administrasi yang berhubungan dengan kegiatan akademik. Misalnya harus tahu cara mengurus KRS untuk jadwal kuliah.

3. Kenali wilayah tempat tinggal jika kalian harus kos
Bisa saja kita kuliah di luar kota atau kampus yang dituju letaknya jauh dari rumah. Sehingga, kalian memutuskan untuk kos dan hidup mandiri. Begitu sudah dinyatakan diterima, segera cari tempat kos yang dekat kampus dan nyaman untuk ditinggali.

Pastikan juga lokasi kost-kosan tersebut aman, terlebih di malam hari, karena bisa saja kita pulang malam saat harus mengerjakan tugas atau ada jadwal kuliah malam.

Kalau boleh menyarankan, carilah tempat kos yang deket dengan kampus. Karena apa? karena kamu nggak bakalan capek jauh-jauh pergi ke kampus. Selain itu, bisa lebih irit dan hemat biaya juga.

Atau kalau enggak carilah asrama milik universtas mu, biasanya tiap universitas punya asramanya sendiri dan berdasarkan pengalaman sebagian mahasiswa, tinggal di asrama kampus itu jauh lebih murah lho.

Satu lagi, carilah tempat kos yang lingkungannya baik untuk mendukung tumbuh kembang dan prestasimu. Jangan cari tempat kos yang di dalamnya terdapat perkumpulan orang yang berandalan.

4. Siap mengikuti kegiatan di luar akademik
Menjadi mahasiswa biasanya kita tidak hanya disibukkan dengan rutinitas belajar atau kegiatan akademi saja. Dunia mahasiswa atau kampus juga memiliki kegiatan lain di luar akademis. Salah satunya dengan ikut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau kepanitiaan.

Bergabung di komunitas atau organisasi dan kepanitiaan tentu akan menambah pengalaman selama perkuliahan untuk menghadapi dunia kerja nanti. Kita bisa belajar banyak hal dengan ikut di kepanitiaan dan organisasi ni. Karena itu, cari tahu komunitas atau organisasi apa aja yang ada di kampus dan cari yang sesuai dengan minat.

Baca juga: Terapkan 5 Langkah Ini Supaya Kamu Jadi Pembelajar yang Kompeten

Selain itu, jam belajar di sekolah dan di kampus itu berbeda. Di sekolah kita memiliki jam belajar yang sudah pasti, misalnya dari jam 7 sampai 3 sore. Kalau kuliah jamnya berubah-ubah dan belum tentu setiap hari ada kuliah. Ditambah dengan bikin tugas kelompok, ujian, dan kegiatan non akademik, sehingga wajib banget untuk bisa mengatur waktu dengan baik.

5. Mulai biasakan menabung untuk masa depan
Pindah dari SMA ke universitas berarti kita memasuki fase kehidupan yang baru. Tentunya, apa yang akan kita hadapi berbeda banget dengan kehidupan sebelumnya.

Sebagai mahasiswa baru, kita harus beradaptasi dengan kehidupan baru ini. Ada banyak hal yang harus kita persiapkan untuk memulai kehidupan sebagai mahasiswa.

Awal memasuki dunia perkuliahan membutuhkan sedikit pengeluaran ekstra, seperti untuk beli peralatan kuliah, perlengkapan ospek dan lain-lain. Untuk itu sebelum kamu memasuki dunia perkuliahan mualailah menabung dari sekarang ya, agar nanti tidak terlalu menguras kantong orang tua.

Masuk ke lingkungan baru membuat kita harus beradaptasi dengan dunia baru tersebut. Karena itu, kita harus siap untuk menerima apa pun hal yang bisa terjadi di kampus nantinya. Jangan malu bertanya agar bisa beradaptasi dengan baik, misalnya kepada senior atau teman lain, juga kepada dosen dan staf kampus.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star