Masuk Masa Ujian, 5 Kebiasaan Buruk Ini Wajib Ditinggalkan Dulu

Masa-masa menghadapi ujian merupakan masa yang sudah ditunggu-tunggu oleh pelajar. Sebagai penentu nilai akhir dan juga masa terakhir mereka berada di sekolah tersebut. Namun, masih banyak juga pelajar yang menganggap ujian seperti halnya bermain saja. Padahal ujian adalah penentu mereka bisa melanjutkan pendidikan ke sekolah selanjutnya.

Selain belajar, ada beberapa hal yang wajib dilakukan pula. Seperti, lebih banyak berdoa, berusaha untuk terus fokus, menjaga kesehatan, sampai meminta restu orangtua agar ujiannya berjalan dengan lancar. Akan tetapi, ada juga beberapa kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan selama ujian berlangsung. Ada apa saja ya?

Baca juga: 8 Cara Mengasah Soft Skill Saat Magang Biar Siap Hadapi Dunia Kerja

1. Tidur di atas jam 10 malam
Terkadang selama pelaksanaan ujian berlangsung tak jarang yang mengalami kesulitan tidur. Bisa jadi karena faktor gugup atau memang sudah menjadi kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Selama ujian berlangsung, kamu harus sudah tidur sebelum jam 10 nih, agar keesokan harinya tubuhmu menjadi lebih fresh dan bisa konsentrasi menjawab soal dengan prima.

2. Main smartphone yang berlebihan
Konsumsi penggunaan telepon seluler juga wajib diperhatikan. Selama ujian berlangsung akan lebih baik jika mengurangi bermain hp. Gunakanlah waktu yang ada untuk belajar lebih keras supaya nilai ujiannya mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Makan makanan pedas
Kebiasaan makan makanan pedas juga harus ditinggalkan sementara waktu nih. Mengantisipasi agar perutmu tidak sakit selama masa ujian berlangsung. Memang ada ujian susulan nantinya, tapi rasa mengikuti ujian susulan dengan ujian bersama teman-teman yang lain tentu berbeda.

Baca juga: 7 Amunisi Persiapan Ujian Ini Bisa Kamu Lakukan Biar Hasilnya Maksimal

4. Nonton televisi sampai larut malam
Kebiasaan lainnya adalah nonton televisi sampai larut malam. Apalagi jika ada film favorit yang sedang tayang. Kebiasaan ini wajib ditinggalkan terlebih dahulu, agar keesokan harinya kamu bisa fokus mengerjakan soal ujian. Terlebih lagi supaya kamu tidak tidur di dalam kelas.

5. Nongkrong di kafe
Sudah seperti kebiasaan anak muda zaman sekarang. Nongkrong bareng teman-teman di kafe menjadi salah satu hal yang sering dilakukan anak-anak generasi millennial saat ini. Pada saat ujian berlangsung, kegiatan ini sudah wajib harus ditinggalkan. Agar kamu bisa fokus dengan ujian yang bisa menjadi penentu masa depanmu.

Itulah lima hal yang wajib ditinggalkan saat menghadapi ujian. Semangat menyongsong masa depan.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s