Hastag Campus

7 Tips Hindari Stres Menjelang Ujian di Sekolah

Ujian Nasional adalah waktu yang mendebarkan bagi siswa jenjang kelas atas. Bagi siswa kelas 6 ditingkat dasar, bagi siswa kelas 9 ditingkat menengah dan kelas 12 bagi siswa tingkat atas. Karena Ujian Nasional masih dihitung cukup menentukan kelulusan bagi mereka. Bahkan menjadi pengalaman pertama bagi siswa SD. Nah, kondisi seperti ini rawan memicu stress untuk para siswa. Jadi mari kita ikuti tips sederhana ini untuk menghindari stress menjelang ujian berlangsung. Oke!

1. Jaga kesehatan
Nah, ini poin paling penting saat menghadapi ujian. Karena tubuh sehat membuat stamina jadi prima. Cenderungnya menjelang ujian, tubuh dan pikiran terforsir secara maksimal sehingga membuat kondisi tubuh tidak sehat di hari ujiannya. Jadi, menjaga kesehatan adalah poin penting untuk diperhatikan. Salah satu caranya adalah olahraga 5-10 menit setiap hari.

Baca juga: Masuk Masa Ujian, 5 Kebiasaan Buruk Ini Wajib Ditinggalkan Dulu

2. Luangkan waktu untuk refreshing
Ya! Saat ujian cenderungnya porsi belajar akan lebih banyak dari biasanya. Bahkan tak jarang ditemui anak sekolah ikut les dimana – mana. Its oke! Tak masalah asal tetap menjaga kondisi tubuh dan hak tubuh untuk istirahat. Tidak hanya tubuh yang butuh istirahat tapi pikiran juga. So, refreshinglah sejenak ditengah kesibukan. Tak harus mahal, sederhana dengan melakukan hobby atau sekedar main game atau baca buku ringan.

3. Sempatkan untuk bertemu orang lain
Meski dalam seisi rumah hanya dirimu seorang yang ujian. Bukan berarti yang lain harus diabaikan. Tetap libatkan orang lain dalam kehidupanmu. Sapa dan berbicaralah dengan mereka. Cerita-cerita lucu dan menyenangkan akan meningkatan hormon endorfine dalam tubuh. Sehingga tubuh rileks dan pikiran akan tetap tenang meski ujian di depan mata.

4. Hindari begadang
Begadang adalah kondisi terjaga di malam hari. Pasalnya, tubuh yang kurang istirahat akan membuat tubuh lemas. Apalagi jika sampai kurang tidur. Tetap atur waktu tidurmu, usahakan bisa tidur dan bangunlebih awal agar kondisi tubuh dan pikiran fresh. Isitirahatlah dengan memenuhi kebutuhan tidur secara optimal sehingga memudahkanmu untuk berkonstrasi. Hal ini akan berdampak pada proses belajar dan hasil ujian yang memuaskan.

5. Jangan terapkan belajar sistem SKS
Apa itu SKS? SKS adalah sistem kebut semalam. Nah, ini biasanya sering dilakukan oleh mereka berkepribadian tipe korelis yang memang baru bisa ‘on’ jika waktunya mepet dengan hari-H. Tapi untuk ujian apalagi ujian nasional sebaiknya jangan lakukan ini. Karena materi yang dipelajari cukup banyak. Selain tidak efektif hal ini akan mengurangi waktu istirahat dan tidurmu. Jelas ini akan menimbulkan stress tinggi bagi tubuh dan pikiranmu.

Baca juga: 7 Amunisi Persiapan Ujian Ini Bisa Kamu Lakukan Biar Hasilnya Maksimal 

6. Belajar kelompok
Saat belajar sebaiknya jangan sendiri. Buatlah kelompok belajar agar bisa dijadikan sebagai tempat diskusi dan bertanya saat mengalami kesulitan. Ini cukup efektif agar stress tidak timbul saat menjelang ujian. Selain itu, interaksi dengan lingkungan di luar diri kita dapat membuat kita lebih fresh dan mengurangi tingkat kejenuhan saat belajar.

7. Perbanyak ibadah dan doa
Ya! Ini poin penting yang tidak boleh ditinggalkan. Karena dasarnya setiap manusia itu cenderung akan mengalami rasa nyaman dan tenang saat mengingat Tuhannya. Jadi, sebagai bentuk usaha terbaik tentunya tetap libatkan Tuhan dalam setiap aktifitas kalian. Banyak berdoa tentu akan membuat kita lebih percaya diri setelah usaha – usaha pribadi telah dilakukan secara maksimal.

Nah, itulah 7 tips hindari stress menjelang ujian. Kunci kesuksesan terbesar adalah ada pada dirimu sendiri. Karena kalianlah yang tahu kemampuan dan kondisi diri kalian masing-masing. Dengan mengikuti tips di atas, semoga menjadi sarana sebagai usaha terbaik yang kalian lakukan sehingga meraih nilai yang lebih maksimal. Hadapi ujian dengan rasa senang dan tenang. Hindari stress dan raih sukses ujian nasional kawan!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star