Kamu yang Introvert Juga Bisa Sukses di Dunia Kerja, Ini Caranya!

Siapa bilang sukses di dunia kerja hanya milik orang ekstrovert? Kamu yang berkepribadian introvert juga memiliki kesempatan yang sama, kok.

Memang, kamu sedikit lebih tertutup dan tidak mudah bergaul. Namun, tetap ada cara untuk bisa berhasil menggapai cita-citamu. Caranya tidak sulit, selama kamu punya niat untuk melakukannya. Yuk, intip 5 tipsnya berikut ini.

1. Tumbuhkan kepercayaan dirimu
Bagaimana bisa sukses kalau kamu masih memandang rendah diri sendiri? Kepribadian introvert bukan kutukan, kok. Justru hal tersebut merupakan anugerah, karena kamu memiliki sudut pandang dan keahlian yang berbeda dari orang lain.

Percaya atau tidak, novelis “Harry Potter” J.K. Rowling dan pendiri Microsoft Bill Gates ternyata juga seorang introvert seperti dirimu. Lantas, kalau mereka bisa sukses, mengapa kamu tidak? Jadi, stop merasa minder dengan kepribadian yang kamu miliki. Kamu juga bisa bersinar sebagai introvert.

Baca juga: 5 Tips Bagi Millennials Agar Mampu Bersaing di Dunia Kerja

2. Kamu juga punya kelebihan, temukan itu
Di balik kekurangan yang kamu miliki, pasti ada kelebihan yang berpotensi untuk membawa keberhasilan buatmu. Mungkin saat ini kamu belum menemukan potensimu, karena kamu belum menyadarinya. Fokusmu masih terarah pada kekurangan daripada kelebihan yang kamu miliki.

Nah, sekarang saatnya kamu temukan kelebihanmu dan memanfaatkannya untuk meraih kesuksesan. Umumnya orang berkepribadian introvert lebih teliti dan tekun saat bekerja. Meskipun cenderung pendiam, mereka lebih ahli dalam berbahasa dan menulis. Mungkin kelebihanmu berbeda, yang penting kamu menyadari dan mengembangkannya.

3. Miliki beberapa teman di kantor
Meskipun kamu lebih suka menyendiri, tidak ada salahnya kamu mulai coba berteman dengan rekan kerja di kantor. Bersosialisasi dengan rekan kerja sangat perlu karena pasti ada saatnya kamu butuh teman diskusi atau bantuan yang berkaitan dengan pekerjaan. Selain itu, kamu tidak akan canggung lagi saat datang ke acara kantor karena kamu sudah punya teman untuk mengobrol.

Mulailah dari berteman dengan rekan kerja satu departemen yang membuatmu nyaman ketika mengobrol. Akan lebih bagus jika memiliki beberapa teman yang sudah lama bekerja di sana, sehingga kamu bisa banyak menyerap ilmu dari mereka.

4. Latih terus kemampuan berkomunikasimu
Kemampuanmu berkomunikasi mungkin tidak secemerlang si ekstrovert yang memang memiliki bakat alami untuk berani berbicara di depan orang lain. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki keahlian berbicara yang mumpuni. Kamu juga bisa, asal mau berlatih untuk itu.

Caranya tidak sesulit yang kamu bayangkan, kok. Kamu bisa memulainya dari hal yang sederhana, seperti aktif melontarkan ide ketika sedang berdiskusi bersama tim kerjamu. Jika kamu kesulitan, catat dulu poin yang akan kamu bicarakan. Kelak, kamu akan bisa karena terbiasa melakukannya.

Baca juga: 5 Cara Biar Gak Grogi Saat Tampil Presentasi di Kampus

5. Cobalah untuk lebih aktif
Karyawan mana yang tidak ingin mendapatkan promosi? Semua orang termasuk kamu pasti menginginkan tawaran tersebut. Namun, bersaing di dunia kerja tidak semudah yang kamu bayangkan, karena kemampuan yang kamu miliki umumnya juga dipunyai karyawan lain. Solusinya, kamu harus menjadi pribadi yang lebih aktif dan inisiatif untuk mendapatkan nilai lebih dari atasan.

Cobalah untuk mulai berpartisipasi dalam acara-acara kantor sebagai panitia atau mengajukan diri untuk menangani tugas-tugas tertentu. Lama-kelamaan kehadiranmu pasti mencuri perhatian orang lain termasuk si bos.

Itu tadi 5 tips untuk kamu si intovert yang ingin sukses di dunia kerja. Ingat, semua orang punya kesempatan yang sama untuk berhasil, termasuk kamu.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s