Bosan Belajar Secara Teoritis? 5 Cara Ini Dapat Dilakukan di Kelas

Saat ini berbagai metode pembelajaran sedang gencar-gencarnya digerakan pada berbagai institusi pendidikan, khususnya instutusi formal dari sekolah dasar hingga universitas. Hal ini karena telah berkembangnya berbagai ilmu pengetahuan dan cara praktiknya sehingga mungkin dapat dikatakan bahwa metode teoritis yang sudah umum turun menurun dapat tergantikan dengan metode yang lebih modern dan efektif.

Untuk kamu yang penasaran mengenai metode lain yang dapat dilakukan dalam kelas selain teoritis, simak yuk apa saja!

1. Observasi
Metode yang satu ini cukup menarik untuk dilakukan karena mengombinasikan suatu aspek masalah dengan cara pemecahannya melalui sebuah penelitian sehingga akan menemukan titik terang dan jawaban yang lebih konkret dan dapat dipertanggungjawabkan. Metode ini pula dapat melatih kemampuan kognitif seseorang ketika dihadapkan pada sebuah masalah sehingga nantinya akan terbiasa.

Baca juga: 5 Skill Ini Juga Wajib Kamu Kuasai Bagi yang Kuliah Jurusan Akuntansi

2. Diskusi melalui masalah yang ada
Mungkin diskusi merupakan hal yang sudah lumrah di kalangan semua orang, tetapi tentu akan lebih berbeda apabila diskusi tersebut mengambil tema tentang permasalahan yang sedang terjadi pada suatu wilayah sehingga tentu akan lebih mudah menemukan jawabannya. Melalui metode ini tentu akan lebih banyak menuntut kita untuk berani mengekspresikan suatu pendapat melalui berbagai perspektif yang berbeda.

3. Pembelajaran melalui permainan
Permainan atau games tentu sudah sangat sering dilakukan di kelas, namun umumnya games akan dilakukan sebagai ice breaking atau hiburan semata dan hanya mengambil unsur keseruan di dalamnya. Sementara games dapat menjadi kombinasi yang luar biasa apabila disisipkan pembelajaran di dalamnya sehingga tentu akan lebih menyenangkan dalam mempelajari materi baru. Satu hal yang akan lebih seru adalah bahwa metode ini memungkinkan untuk dilakukan melalui permainan online.

4. Pertanyaan yang bersifat spontan
Mungkin di antara kita sudah sering menjadi objek pertanyaan dari para guru, bukan? Nah, hal tersebut dapat menjadi suatu kombinasi yang luar biasa apabila dilakukan dengan cara yang berbeda. Melalui metode pertanyaan spontan, kita akan lebih dituntut untuk berpikir secara cepat dan spontan dengan menjawab pertanyaan tersebut sehingga kemampuan kognitif kita pun juga akan mampu berkembang dengan baik.

Baca juga: Coba Deh Lakukan 9 Cara Ini agar Skripsimu Bisa Selesai 1 Semester

5. Inovasi kreatif
Dalam cara ini sudah tentu hal utama yang akan dilatih adalah kreativitas dan inovasi dari kita untuk menciptakan hal baru yang bahkan sebelumnya belum ada. Tentu saja ini akan sangat menyenangkan karena kita bebas berekspresi, namun tetap harus sesuai dalam jalur yang telah disesuaikan. Pastikan untuk membuat setiap perencanaan memiliki jangka yang panjang sehingga tidak hanya terpaku untuk saat ini saja.

Nah, 5 cara di atas merupakan pilihan penting yang tentunya dapat dicoba apabila merasa bosan untuk belajar hanya secara teoritis, tentunya setiap cara akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagaimana menurutmu?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s