Hastag Campus

5 Cara Biar Gak Grogi Saat Tampil Presentasi di Kampus

Mahasiswa pasti gak pernah lepas dengan namanya presentasi di depan kelas. Hampir di semua mata kuliah yang diambil seorang mahasiswa di kampus, selalu ada tugas dari sang dosen untuk presentasi, baik itu tugas individu atau kelompok.

Dampak positif dari tugas presentasi sebenarnya melatih kepercayaan diri seseorang untuk tampil di hadapan forum atau publik, dan membawa gagasannya terkait tema tertentu. Nah, biar kegiatan presentasimu makin oke, ada baiknya melatih kepercayaan diri terlebih dahulu. Ini penting untuk kamu lakukan, apalagi jika kamu belum terbiasa tampil di muka publik untuk kegiatan presentasi, pasti akan terasa canggung dan merasa gak percaya diri karena menjadi pusat perhatian teman-teman di kelas. Untuk itu berikut ini 5 cara biar kamu percaya diri saat tampil presentasi di kampus.

1. Kuasai bahan presentasi terlebih dahulu untuk menunjang performamu di depan kelas
Modal percaya diri tapi gak paham materi presentasi yang kamu bawa, sama saja omong kosong. Presentasi erat hubungannya dengan kemampuanmu menguasai materi yang ingin dijelaskan kepada teman-teman. Biasanya untuk tugas presentasi, dosen kerap memberi deadline minimal 2 atau 3 hari hingga maksimal 1 minggu untuk menyiapkan bahan presentasi. Usahakan selama waktu yang diberikan itu, kamu sudah riset dan mencari referensi bahan presentasi agar tidak nge-blank saat pemaparan berlangsung.

Baca juga: Wajib, 5 Keuntungan Jika Kamu Jago Berbicara di Hadapan Umum

Cari bahan referensi untuk presentasimu seperti ke perpustakaan kampus, atau berselancar di internet. Latih dirimu untuk bisa menguasai bahan yang sudah kamu peroleh itu. Dengan begitu, kamu bisa percaya diri saat sesi tanya jawab, ketika teman-temanmu mengkritisi atau memberi masukan terhadap presentasimu, kamu sudah mampu menjawabnya.

2. Gunakan pakaian terbaikmu asal sopan
Pakai pakaian terbaikmu untuk menunjang performa presentasimu. Kenakan pakaian yang sopan dan nyaman. Rasa percaya dirimu pun akan terbangun, dengan begitu kamu bisa menepis perasaan grogi untuk tampil di hadapan teman-teman kelas.

3. Gunakan intonasi suara yang jelas saat tampil presentasi
Presentasi tak akan efektif dan terkesan hambar jika kamu tidak memainkan intonasi suara yang tepat saat pemaparan, misalnya hanya menggunakan suara yang datar. Untuk itu, gunakan intonasi suara yang jelas dan lantang namun tetap bulat, sehingga suaramu terdengar jelas oleh seisi kelas. Alhasil, tidak ada yang luput dari setiap kata dan kalimat yang kamu lontarkan. Dengan begitu, pesan pun tersampaikan.

Sebagai contoh, ketika ada kalimat dalam presentasimu yang harus kamu tekankan, gunakan intonasi yang sedikit tinggi, namun di kalimat-kalimat lain kamu bisa gunakan intonasi rendah. Perpaduan intonasi tinggi dan rendah membuat presentasimu tidak hambar dan menambah kepercayaan dirimu.

Suara yang jelas akan membuat rasa percaya dirimu bertambah, kamu berhasil mencuri perhatian audience dengan intonasi suaramu. Dengan begitu seisi kelas fokus padamu dan mereka tidak mengantuk. Sebagai bahan pembelajaran, mungkin kamu bisa menyimak intonasi suara pembawa berita televisi sebagai referensimu berlatih.

4. Pakai bahasa tubuh supaya lebih luwes saat presentasi
Salah satu tips mengatasi grogi saat presentasi bisa diatasi dengan tampil lebih luwes, yakni dengan menggunakan bahasa tubuh seperti gerakan tangan, mimik wajah, serta langkah kaki. Buat dirimu rileks dengan melakukan beberapa gerakan tangan dan kontak mata kepada audience agar mereka perhatian terhadap presentasimu. Presentasi lah dengan cara berdiri dan lakukan beberapa langkah kaki baik ke kanan dan ke kiri sesekali, tujuannya biar kamu gak monoton dan hanya berdiri di satu titik saja. Selain itu melangkahkan kaki juga membuat rasa grogimu berangsur hilang.

Baca juga: 5 Langkah Cerdas Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

5. Jangan lupa berdoa biar lancar
Elemen penting sebelum presentasi dimulai adalah berdoa, yakini dan minta ketenangan dari Sang Maha Pencipta agar kamu bisa tampil percaya diri di kelas nanti. Jika sudah melakukan segala upaya terbaikmu, jangan khawatir, kamu mampu untuk melewatinya.

Demikian lima hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi grogi saat presentasi di kampus. Selagi masih mahasiswa, manfaatkan waktu untuk berlatih mempresentasikan sesuatu di hadapan kelas, kelak pelajaran ini juga akan terpakai saat kamu memasuki dunia kerja. Ingatlah, pesan dalam presentasimu akan sukses mengenai audience jika kamu mampu memadukan intonasi suara dan juga bahasa tubuh. Semoga tips ini bermanfaat ya.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star