8 Tips Biar Nyaman di Kampus Buat Kamu Mahasiswa Baru

Teruntuk para penyandang predikat “maha”, yaitu mahasiswa di seluruh Indonesia, apalagi yang baru masuk sebagai mahasiswa baru, 7 hal berikut wajib kamu terapkan untuk memudahkan kegiatanmu di kampus kedepannya. Apalagi yang merasa susah beradaptasi, untuk para perantau yang kadang merasa homesick dan merasa minder, buang jauh-jauh perasaan itu!

Ingat, lho kamu tak lagi remaja. Kamu sudah memasuki fase dewasa awal (18-30 tahun) yang menurut ahli psikologi Erik Erikson, tugas perkembangan seorang dewasa awal adalah meneguhkan identitas yang telah dicari saat remaja. Tentunya, kamu sudah tidak mencari-cari identitas, kan?

Nah, artikel ini akan membantu para mahasiswa baru dalam meneguhkan identitas diri sebagai mahasiswa sejati dan merasa nyaman di kampus. Juga untuk mempermudah hari-harimu sebagai mahasiswa tahun pertama. Simak, yuk ke-8 tips berikut!

1. Jalin relasi dengan teman seangkatan dan kakak tingkat
Dengan menjalin hubungan dengan teman seangkatan maupun kakak tingkat (kating), kamu akan lebih mudah menerima informasi-informasi penting yang tidak kamu dapatkan sewaktu masa orientasi atau ospek. Misalnya informasi mengenai bagaimana menghadapi dosen tertentu, sharing materi perkuliahan yang menurutmu susah, atau bahkan kamu bisa pinjam buku kuliah dengan kakak tingkatmu.

Baca juga: Biar Cepat Lulus, 7 Tips Kerjakan Skripsi Mahasiswa Semester Akhir

2. Sering-sering ke perpustakaan
Perpustakaan adalah tempat wajib seluruh mahasiswa. Banyak sekali buku dan referensi kuliah yang bisa kamu pinjam. Oleh sebab itu, di tahun pertamamu kamu perlu sering-sering ke perpus untuk mempelajari bagaimana cara menemukan buku yang kamu cari.

Karena tentunya, perpustakaan kampus lebih besar daripada perpustakaan SMA sehingga perlu tenaga dan waktu ekstra untuk mencari sebuah buku. Pelajarilah cara membaca klas buku supaya kamu tidak banyak bertanya kepada pustakawan.

3. Ikuti UKM yang sesuai minat bakatmu
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah sarana kamu mendapat teman, pengalaman, serta skill. Ikuti saja apa yang menjadi hobi dan minatmu. Namun, jangan coba-coba untuk mengikuti banyak UKM karena selain menyita waktu, itu akan membuatmu kewalahan. Pilihlah satu atau dua UKM yang paling kamu sukai dan kuasai secara mendalam daripada banyak UKM namun seluruhnya tidak beresensi.

4. Senyum, Sapa, Salam dengan dosen
Seluruh dosen di perguruan tinggi mana pun menyukai mahasiswa yang sopan santun dan senantiasa menyapa. Jangan lupa untuk senyum, salam, dan sapa dosenmu saat bertemu agar kesan kuat akan dirimu melekat pada ingatan dosenmu.

5. Jangan takut untuk bertanya
Jangan takut untuk bertanya pada siapa pun. Pasalnya, ungkapan malu bertanya sesat di jalan itu benar adanya di dunia perkuliahan. Banyak dosen menyukai mahasiswa yang aktif, lho. Bahkan menjadi nilai plus apabila senantiasa aktif di kelas. Selain itu, apabila info yang kamu dapatkan kurang cukup, jangan malu bertanya pada teman sekelas, ya! Beranikan dirimu untuk bertanya duluan.

Baca juga: Sedang Belajar Bahasa Inggris? Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

6. Atur keuanganmu dengan baik
Sebagai mahasiswa baru, terutama mahasiwa yang sedang di perantauan, kadang susah mengatur keuangan karena banyak sekali hal yang ingin dibeli bukan? Itu wajar, lho. Apalagi kamu dalam tahap adaptasi atau penyesuaian. Bagaimanapun, kamu perlu mendisiplinkan pengeluaranmu dengan mencatat dan membuat perkiraan pengeluaran. Banyak juga aplikasi keren untuk smartphone yang berfungsi membantu mengatur keuangan. Apabila mencatat di buku pengeluaran kamu rasa kurang praktis, manfaatkan lah teknologi yang ada dengan menginstal aplikasi budgeting.

7. Atur pola makan
Atur pola makan itu perlu, karena makan adalah kunci seseorang itu mempunyai tubuh yang sehat. Jangan sampai lupa makan kalau sudah sibuk mengerjakan tugas. Ingat, akan susah berkonsentrasi dan mengerjakan tugas secara optimal apabila perutmu kosong!

8. Cari dan temukan sohibmu
Sohib merupakan bahasa gaul dari kata sahabat. Sudah punya sahabat belum di kampus? Kamu pasti punya seseorang yang sangat cocok dan nyambung saat ngobrol denganmu, bisa jadi dialah sohibmu. Sering-sering makan bareng, jalan-jalan bareng, belajar bareng dan mengerjakan tugas bareng dengan dia, sangat membantu selain dalam hal hubungan interpersonal tetapi juga dalam perkuliahanmu ke depan.

Oke baiklah, itu saja 8 tips yang wajib diterapkan para mahasiswa baru. Semoga betah di lingkungan perkuliahan ya, Gengs. Tetap semangat!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s