Hastag Campus

Tanamkan 5 Sifat Ini Sejak Kuliah Agar Terbiasa di Dunia Pekerjaan

Dunia pekerjaan merupakan sesuatu yang bersifat dinamis dan sulit untuk ditebak, hal ini lah yang menyebabkan banyak orang tidak mampu mengatasi permasalahan dan berakhir kepada ketidakmampuan dalam melanjutkan pekerjaan. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini dapat terjadi, salah satunya ada pengalaman. Kita seringkali menyepelekan dan menyamakan dunia perkuliahan dengan dunia pekerjaan, padahal dua hal itu merupakan sesuatu yang sangat berbeda.

Untuk kamu yang akan melanjutkan ke dunia pekerjaan, maka pastikan 5 sifat ini telah tertanam pada diri kamu sejak masa kuliah ya untuk mempersiapkan segala tantangan di dunia pekerjaan. Simak yuk apa saja!

1. Selalu ingin tahu pada hal baru
Jangan bersifat apatis dan merasa sudah pintar terhadap hal-hal lain, pastikan bahwa kamu selalu memiliki rasa penasaran dan ke ingin tahuan yang tinggi karena hal ini akan memudahkan mu dalam mendapatkan informasi baru yang berkaitan dengan pekerjaan. Jika kamu justru apatis dan masa bodo dengan hal-hal baru, maka kamu tentu sulit untuk mendapatkan segala informasi baru.

Baca juga: Terbongkar! 12 Strategi Jitu Lulus Tes TOEFL dengan Skor Super Memuaskan

2. Jiwa kepemimpinan dan aktif di kegiatan organisasi
Sifat kepemimpinan atau yang sering disebut dengan istilah leadership merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh dunia pekerjaan. Sifat seperti ini biasanya akan muncul ketika kamu sering mengikuti kegiatan organisasi yang melibatkan banyak orang dan membutuhkan koordinasi pada setiap kegiatannya. Hal ini lah yang harus ditanamkan sejak kuliah agar terbiasa hingga nanti sampai di dunia kerja.

3. Kreatif dan inovatif dalam merancang sebuah inovasi
Dunia pekerjaan membutuhkan banyak sumber daya manusia yang bukan hanya cerdas, tetapi juga kreatif dan inovatif terhadap segala hal. Sifat seperti ini lah yang harus diasah bahkan sejak didunia perkuliahan. Biasakan untuk selalu membuat sesuatu yang baru seperti inovasi yang memiliki cangkupan jangka panjang agar sifat seperti ini dapat kamu bawa hingga bekerja nanti.

4. Aktif berinteraksi di lingkungan sosial
Orang yang aktif di lingkungan sosial biasanya memiliki sifat yang terbuka dan mudah untuk memahami siatuasi sekitarnya dengan baik. Terkadang ada beberapa orang yang kesulitan melakukan hal seperti ini, bahkan hanya sekedar berinteraksi dengan lingkungan sosial. Justru apabila tidak dibiasakan, kita akan menemukan kesulitan di dunia pekerjaan. Lingkungan bekerja tidak hanya berisi satu atau dua orang, melainkan banyak orang dengan berbagai divisi yang berbeda.

Baca juga: Mau Kuliah S2 di Luar Negeri dengan Beasiswa? Persiapkan 10 Hal Ini!

5. Open-minded terhadap berbagai pendapat
Didunia pekerjaan selalu memiliki beribu pendapat yang berbeda dengan apa yang kita pegang. Itu lah mengapa sifat seperti ini wajib dimiliki bahkan sejak masih didunia perkuliahan. Karena jika tidak, tentu saja kita tidak akan mampu menjadi individu yang terbuka pada setiap pendapat baru. Jangan sampai karena hal ini justru kita jadi memiliki kesulitan untuk beradaptasi didunia pekerjaan.

Nah, 5 sifat itulah yang harus ditanam bahkan sejak didunia perkuliahan agar nantinya akan memuluskan kita untuk menuju dunia pekerjaan yang lebih dinamis dan keras. Bagaimana menurutmu?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star