Hastag Campus

Ini Lho 5 Hal Cerdas yang Harus Dilakukan Mahasiswa Zaman Now!

Jadi mahasiswa itu memang punya tuntutan yang banyak, apalagi mahasiswa zaman now yang hidup di era serba cepat dan dinamis. Oleh karena itu, kamu harus punya siasat yang cerdas agar hidupmu sebagai mahasiswa tetap berjalan lancar dan juga bermanfaat, setidaknya untuk dirimu saat ini dan masa depanmu nanti.

Nah, berikut ini ada 5 hal cerdas yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupanmu sehari-hari.

1. Ngerjain tugas sekaligus nongkrong di coworking space
Salah satu tempat yang asyik buat mahasiswa untuk ngerjain tugas atau nyusun skripsi adalah coworking space. Umumnya coworking space ini memiliki suasana yang fun dan tempat yang asyik buat kerja atau belajar, sehingga kamu tidak jenuh dengan suasana kamar kost atau perpustakaan kampus.

Meski fun, suasananya tetap kondusif dan membuatmu tetap fokus mengerjakan tugas atau skripsi. Soal internet pastinya juga dijamin lancar sehingga kamu bisa bebas menggunakan internet di sana selama kamu sudah bergabung menjadi member.

Selain itu, keuntungan lain yang kamu dapat kalau sering ‘nongkrong’ di coworking space adalah kamu bisa bertemu banyak orang baru yang berpotensi menambah networking-mu di masa selesai kuliah nanti. Di sana juga sering diadakan event-event seru para pegiat start-up, dan bukan tidak mungkin kamu bisa menemukan startup company yang bisa menjadi tempatmu bekerja selepas menjadi sarjana nanti.

Baca juga: Biar Gak Jadi Mahasiswa Biasa-Biasa Saja, Lakukan 6 Kegiatan Produktif Ini

2. Memanfaatkan media sosial sebagai tempat belajar
Sebagai mahasiswa zaman now yang melek teknologi dan pengguna aktif intenet, gak ada salahnya lho mencoba belajar bagaimana memanfaatkan sosial media milikmu sebagai media belajar dan bereksperimen mengenai dunia digital dan mengelola konten media sosialmu.

Terlebih lagi kalau kamu memang tertarik ingin menjadi seorang influencer atau creator, belajar mengelola konten dalam sosial media itu wajib hukumnya. Manfaatkan media sosialmu sebaik mungkin untuk menciptakan personal branding-mu. Syukur-syukur kamu beneran bisa jadi seorang influencer dengan jutaan followers. Iya, kan?

3. Mengasah soft skill dan memanfaatkannya untuk mempercantik portofolio
Meyda Bestari, Kenalkan Teater Boneka Ke Seluruh Lapisan Masyarakat
Mahasiswa zaman now itu harus mempersiapkan diri dengan soft kill yang mumpuni. Jangan ‘buru-buru’ lulus kuliah kalau kamu gak punya soft skill yang bisa kamu jadikan senjata untuk melamar pekerjaan nanti.

Misalnya saja, kalau kamu suka banget fotografi dan kamu ingin sekali bekerja dalam dunia fotografi, asah skill-mu tu sengan sebaik-baiknya. Manfaatkan media sosial yang ada untuk ‘memamerkan’ hasil karyamu.

Atau kalau kamu punya minat di dunia menulis dan ingin menjadi seorang creative writer di sebuah media online, maka kamu harus memulai untuk rajin menulis di berbagai media online yang menyediakan platform menulis. Uji dan asah terus skill-mu agar saat lulus kuliah nanti kamu sudah memiliki bukti portofolio yang bisa kamu tunjukkan pada saat melamar pekerjaan. Dijamin deh, pasti perusahaan yang kamu lamar akan tertarik denganmu!

Baca juga: 7 Keahlian yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Zaman Now Sebelum Lulus

4. Belajar mengelola bisnis dan menjadi entrepreneur
Tidak semua orang harus menjadi seorang entrepreneur dan tidak semua orang memiliki minat untuk berbisnis. Tapi, setidaknya sekali dalam seumur hidup, kamu harus mencoba atau paling tidak belajar untuk menjadi seorang entrepreneur!

Jiwa entrepreneurship itu memang harus selalu dipupuk, karena itu merupakan salah satu hal yang bermanfaat ketika kamu sudah memasuki dunia kerja – terlebih lagi kalau kamu berminat untuk terjun di dunia startup.

Di era yang serba digital seperti saat ini, kamu bisa mulai memanfaatkan media sosialmu untuk belajar mengenai digital marketing dan sejenisnya. Perkara apakah kamu akan menjadi seorang entrepreneur atau tidak, setidaknya hal ini akan jadi pengalaman yang sangat bermanfaat buatmu di masa muda.

5. Mulai gunakan uang digital agar tetap kekinian tapi juga hemat
Perkara uang bagi mahasiswa kost dan perantauan memang jadi polemik sejak dahulu. Namun setidaknya bersyukurlah bagi mahasiswa zaman now yang sudah hidup di era serba digital ini. Karena perkara uang sekarang bisa jadi lebih mudah dan praktis. Yup, dengan beralih menggunakan uang digital.

Sebagai mahasiswa zaman now, kamu harus bisa cerdas mengelola uang dan juga peka terhadap keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika harus mengeluarkan uang. Nah, dengan bertransaksi menggunakan uang digital kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih berlipat ketimbang menggunakan uang cash biasa saja.

Simple bukan? Yuk, mulai dari sekarang coba lakukan 5 hal di atas. Buktikan kalau mahasiswa zaman sekarang itu bukan generasi yang lembek, tapi justru sebaliknya. Mahasiswa zaman now itu adalah generasi muda yang cerdas dan kreatif!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star