Biar Gak Jadi Mahasiswa Biasa-Biasa Saja, Lakukan 6 Kegiatan Produktif Ini

Masa kuliah bisa dibilang waktu di mana kamu membentuk dan mencari jati diri. Di usia-usia perkuliahan inilahmasa transisi dari remaja ke dewasa muda dialami. Tidak lagi disetir orangtua, kamu dituntut untuk belajar mandiri. Banyak hal dan masalah yang musti kamu atasi dan selesaikan sendiri.

Kamu akan menemukan banyak pertanyaan yang menuntut untuk dijawab seperti apa yang harus dilakukan. Petanyaan-pertanyaan itu sering kali membuat galau. Namun jangan pernah biarkan kegalauan itu melumpuhkanmu. Justru inilah saatnya kamu mencoba dan menemukan hal-hal baru yang bisa bikin kamu banyak belajar darinya. Cobalah tetap bermanfaat dan produktif dengan melakukan kegiatan-kegiatan ini.

1. Ikut kegiatan organisasi atau kepanitiaan
Organisasi mahasiswa intra kampus beragam jumlahnya dan jenisnya, mulai dari himpunan mahasiswa tingkat jurusan, kepengurusan kegiatan mahasiswa tingkat fakultas, atau organisasi tingkat Universitas seperti BEM. Kamu bisa pilih yang mana saja sesuai minatmu.

Di dalam organisasi dan kepanitiaan nanti kamu akan belajar banyak hal mengenai kerja sama, manajemen waktu dan tugas, menghargai orang lain. Dan yang nggak kalah penting, bergabung dalam organisasi atau kepanitian bisa menambah banyak teman dan membangun relasi dengan banyak pihak. Semua pelajaran itu akan membentuk soft skill yang nggak akan kalian dapatkan di dalam kelas.

Baca juga: Pikirkan Lagi Sebelum Kamu Masuk 5 Jurusan Kuliah Paling Susah Ini

2. Menjadi tentor mengajar
Kalau kamu peka dan rajin mencari informasi, sebenarnya banyak di luar sana adik-adik SD, SMP atau SMA yang membutuhkan bantuan anak kuliahan. Status mahasiswamu dianggap mumpuni untuk menularkan ilmu-ilmu yang telah kamu pelajari selama masa belajar 12 tahun.

Ilmu yang dipelajari itu nantinya bisa menjadi lebih berguna jika diajarkan ke adik-adik itu untuk meningkatkan prestasi akademik mereka. Manfaatkan waktu di sela-sela kuliahmu. Dengan menjadi tentor kamu bisa bermanfaat untuk orang lain, dan gak kalah penting, kalian bisa menambah uang bulanan kamu loh.

3. Volunteering
Volunteering atau menjadi relawan merupakan salah satu perwujudan tridharma perguruan tinggi, pengabdian kepada masyarakat. Mumpung masih muda, energi berlebih itu sebaiknya disalurkan ke kegiatan-kegiatan yang berfaedah seperti volunteering ini. Kamu bisa jadi relawan apa saja kok, seperti relawan bencana alam, relawan pengajar, relawan bagi penderita kanker, dan banyak lagi. Sudah banyak organisasi dan komunitas relawan di Indonesia.

Aktif-aktif saja mencari informasinya di internet, sesuaikan dengan kemampuan dan waktumu. Menjadi relawan bisa mengasah jiwamu untuk lebih peka terhadap lingungan sekitar. Kamu akan belajar mencari solusi dari berbagai permasalahan. Dan lagi, menjadi relawan bisa memperluas jaringan sosial dan membawamu ke sudut pandang lain yang lebih mendewasakan.

4. Ikut Proyek Penelitian Dosen
Tugas seorang dosen bukan hanya mengajar mahasiswa di kelas. Dosen juga mempunyai tugas untuk melakukan penelitian. Di saat-saat tertentu, mereka akan membutuhkan bantuanmu untuk mengerjakan projek penelitiannya. Mungkin menjadi asisten penelitian, enumerator atau bagian entry data. Well, dosen juga manusia ‘kan? Gak bisa melakukan semuanya sendirian. Maka, aktif-aktiflah mendekati dosen.

Kalau sudah dekat, biasanya kamu akan mendapatkan penawaran langsung tanpa harus bertanya atau meminta. Manfaatnya, kamu akan mendapatkan banyak ide untuk bahan skripsi nantinya. Kamu akan lebih banyak dimudahkan karena sudah mempunyai gambaran seperti apakah metode penilitan dan segala pernak-perniknya.

Baca juga: 10 Hal Ini Perlu Kamu Renungkan Biar Masa Muda Gak Sia-sia

5. Magang di perusahaan
Biasanya, magang atau internship dibuka untuk kamu yang sudah memasuki semester-semester akhir. Jam kerjanya ada yang full time dan part time dengan jangka waktu umumnya tiga bulan. Menjadi karyawan magang akan membuka pikran dan wawasan kamu mengenai dunia kerja sebelum benar-benar terjun ke dalamnya.

Di sini, niatkan diri kamu untuk banyak belajar, bukan mencari uang karena memang kamu tidak akan mendapatkan gaji setinggi ekspektasi karyawan umum. Kegiatan magang di perusahaan mampun menambah warna daftar riwaat hidupmu, sehingga peluang untuk diterima di perusahaan nantinya akan semakin besar.

6. Ikut lomba-lomba kepenulisan
Lomba kepenulisan banyak diadakan setiap tahunnya. Mulai dari lomba kepenulisan ilmiah, essay pendek, hingga lomba menulis puisi. Penyelenggaranya beragam, seperti organisasi kampus dan universitas, perusahaan, organisasi masyarakat dan komunitas, serta pemerintahaan. Kamu akan menemukan banyak sekali informasi tentang lomba-lomba ini jika rajin mencari. Saat mengikuti lomba, ingat selalu aturan mainnya, seperti format penulisannya serta deadlinenya.

Jika belum menang, jangan menyerah di satu lomba saja, sebab salah satu tujuan dari mengikuti lomba ini ialah mengasah diri untuk bangkit dari kekalahan. Tidak ada yang sia-sia dari setiap lomba yang kamu ikuti. Darinya, kemampuan menulismu akan terus terasah, sehingga jika diperlukan nanti – mungkin saat skripsi- kamu tidak akan menemukan kesulitan berarti dalam penulisannya.

Kehidupan di masa kuliah itu penuh dengan pilihan. Mau segera bergerak atau sibuk menekuri kebimbangan, semua ada di tanganmu. Pastikan kamu memilih yang terbaik untuk masa depan.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s