7 Keahlian yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Zaman Now Sebelum Lulus

Banyak orang mengatakan perguruan tinggi serupa dengan kawah candradimuka. Mahasiswa ditempa dengan berbagai pengalaman akademis maupun non-akademis agar mereka kelak berhasil menjadi alumnus yang berguna ketika berbaur dengan masyarakat.

Ada 7 kemampuan yang hendaknya diasah sebaik mungkin oleh mahasiswa karena hal ini akan berguna banget saat sudah lulus.

1. Bisa berbicara dengan baik di hadapan umum
Kemampuan berbicara di depan publik atau public speaking menjadi salah satu kompetensi yang perlu dimiliki mahasiswa zaman now.

Kalau kamu gak punya keahlian ini, mulailah berlatih dengan presentasi tugas kuliah di kelas atau berbicara sambil bercermin.

Baca juga: Jangan Khawatir karena Mahasiswa dengan Nilai C Berpotensi Jadi Orang Tersukses

2. Memiliki kemampuan menulis jadi nilai tambah
Hari gini gak bisa nulis? Hmm, kamu kayaknya perlu berlatih. Sebab, menulis adalah cara untuk merunutkan alur berpikirmu. Saat kuliah kamu pasti sering membuat tugas paper kan?

Kemampuan menulis bisa jadi nilai tambah lho. Ya, minimal kamu bisa menulis riwayat hidupmu dengan baik.

3. Tahu etika berkirim surat elektronik (e-mail)
Hai mahasiswa, belajarlah tentang etika mengirim surat elektronik (surel). Tak jarang, pihak birokrasi perguruan tinggi pun mengeluhkan rendahnya kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi via surel.

Kamu bisa mencari tahu etika berkirim surel di Google. Serius, ini penting banget apalagi di zaman digital banyak perusahaan yang meminta para pelamar untuk mengirimkan berkas lamarannya melalui surel.

4. Bisa mendesain grafis juga jadi nilai tambah lho
Di zaman sekarang, kemampuan untuk mendesain produk visual juga bisa menjadi nilai tambah buatmu. Perusahaan pasti senang jika ada karyawannya yang menekuni pekerjaan kreatif.

Baca juga: Meski Gak Pintar, Ini 7 Cara Jadi yang Paling Sukses di Tempat Kerja

5. Bisa menjalin relasi dengan baik
Mampu menjalin relasi secara baik dengan orang lain ini amat dibutuhkan di dunia kerja. Pastikan ketika kamu kuliah, setidaknya ada dua atau tiga organisasi yang kamu ikuti. Tujuannya, bisa membuatmu luwes bergaul dengan siapa pun.

6. Bisa bekerja sama dan memimpin sebuah tim kerja
Selain kemampuan menjalin relasi, seorang organisatoris pasti memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin yang baik. Ketika kamu masuk di dunia kerja atau memutuskan studi lanjut, dengan kemampuan memimpinmu yang baik, bukan tidak mungkin kamu bakal diberi amanah untuk memimpin tim kerja.

7. Jangan lupakan kemampuan akademis
Umumnya, besaran indeks prestasi kumulatif (IPK) hanya mengantarkanmu pada seleksi administrasi atau tahapan awal dalam rangkaian tes pekerjaan atau studi lanjut. Tapi, bukan berarti itu tidak penting lho. Bikin target supaya nilai IPK-mu bisa di atas 3,00.

Nah, itulah tujuh kemampuan yang harus dipunyai mahasiswa sebelum menyandang status alumnus. Semangat!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s