Hastag Campus

10 Hal Ini Perlu Kamu Renungkan Biar Masa Muda Gak Sia-sia

Kalau kamu sekarang merasa bahwa kamu belum memiliki pencapaian padahal usiamu sudah tidak bisa dibilang muda maka ada beberapa hal yang harus kamu benahi dan pikirkan agar masa tuamu nantinya tidak sia-sia.

Mungkin hal-hal ini dapat membantumu untuk menemukan hal apa saja yang selama ini membuat waktumu banyak berlalu begitu saja.

1. Complain but doing nothing!
Mengeluh, mengeluh dan mengeluh. Kamu hanya mengisi hidupmu dengan penuh keluh tanpa mau mengeluarkan peluh untuk melakukan sesuatu yang bisa mengubah kehidupanmu berubah menjadi lebih baik. Untuk itu, stop complain and do something for your life!

2. Hanya diam termenung dan menunggu inspirasi datang
Kalau kamu melakukan sesuatu sampai kamu siap, percayalah bahwa kamu tidak akan pernah siap. Alasan tidak ada inspirasi-lah dan lagi nunggu inspirasi datang.

Inspirasi bukan ditunggu. Cobalah cari inspirasi sampai kamu tahu bahwa ia meminta bertemu, tetapi bukan dengan cara kamu hanya duduk diam termenung dan termangu.

Baca juga: 7 Cara Menghadapi Teman yang Apatis Saat Kerja Kelompok

3. Khawatir dengan apa yang orang lain pikirkan
Memikirkan kritikan orang lain memanglah tidak selalu buruk tetapi terlalu khawatir dengan apa yang orang lain pikirkan terhadapmu tentu akan membuat langkahmu menjadi terganggu. Hidupmu akan sulit karena apapun akan membuatmu menjadi berpikir berlebihan. Ingatlah, hidup itu terkadang harus dicoba dulu tanpa banyak dipikirkan terlebih dulu. Coba dan jalani aja dulu!

4. Berusaha menyenangkan semua orang
Membuat orang lain senang tentu merupakan hal yang baik namun jika kamu terlalu berusaha untuk menyenangkan semua orang dan hal itu tidak sesuai dengan kamu malah akan membuat kamu tersiksa. Bukankah tidak ada makhluk yang sempurna? Bukankah manusia memang tempatnya kurang, khilaf dan lupa? Jadi, untuk apa kamu berusaha mennyenangkan semua orang kalau akhirnya kamu akan tersiksa dengan apa yang akan kamu lakukan.

5. Membuat perbandingan diri dengan orang lain
Setiap orang memiliki masalah hidup dan waktu suksesnya masing-masing sehingga membuat perbandingan diri dengan orang lain tentu merupakan suatu kebodohan. Hidup bukan untuk membandingkan tetapi untuk diusahakan agar lebih baik.

6. Berusaha mengesankan haters
Kamu punya hatters? Tentu setiap orang punya haters dan punya fans tersendiri. Bukankah hidup memang selalu ada plus minusnya jadi jangan terlalu berusaha mengesankan orang yang sudah membencimu karena bagaimana pun usahamu tetap akan membuat dia tidak terkesan.

7. Ingin semuanya tampak sempurna
Menunggu kesempurnaan saat akan melakukan sesuatu tentu bukan ide brilian karena seorang yang brilian juga melakukan sesuatu pada awalnya secara amatir. Ingatlah, cerita seorang Michael Jordan, berapa kali gagal tembakan ke ring basket yang harus dia lalui sebelum akhirnya dia berhasil dan menjadi legenda basket dunia.

Baca juga: Pikirkan Lagi Sebelum Kamu Masuk 5 Jurusan Kuliah Paling Susah Ini

8. Over Multi-Tasking
Terlalu banyak melakukan pekerjaan secara multi-tasking akan membuat kamu kurang fokus dan hasil pekerjaanmu tidak akan baik. Untuk itu, kamu harus mampu membuat prioritas mana yang terpenting, penting dan kurang penting. Selesaikanlah terlebih dulu hal yang terpenting dan mendesak sebelum melakukan hal lainnya.

9. Takut gagal dan ragu mencoba
Memikirkan kegagalan akan sesuatu, ujian misalnya akan membuat kamu bersiap-siap untuk lebih banyak belajar dan berlatih namun jangan sampai kamu jadi takut gagal dan akhirnya takut untuk mencoba. Ingatlah bahwa keberhasilan pada percobaan pertama itu selain faktor persiapan yang matang juga merupakan faktor rezeki, keberuntungan.

10. Tidak memelihara mimpi karena pengaruh omongan orang lain
Jika kamu punya mimpi, berusahalah untuk mengejar, memperjuangkan dan menggapainya bukan malah ketakutan akan mimpi tersebut. Apalagi kalau ketakutanmu berasal dari apa yang orang lain katakan dan kamu memperdulikannya dan tidak mencoba mati-matian mencari tahu dan memperjuangkannya.

Nah, jika hal-hal yang membuang waktu sudah berhasil kamu kurangi, dengan usaha yang sedikit lebih keras akan membuatmu mudah menggapai kesuksesanmu sendiri nantinya.

Good luck! Selamat berusaha!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

3 replies to “10 Hal Ini Perlu Kamu Renungkan Biar Masa Muda Gak Sia-sia

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star