Pikirkan Lagi Sebelum Kamu Masuk 5 Jurusan Kuliah Paling Susah Ini

Bagi kamu yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang perkuliahan, pastinya sudah harus mempersiapkannya. Mulai dari pilihan dan bagaimana masuk ke dalam jurusan yang kamu sukai. Terkadang meskipun kamu suka tetapi ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan. Entah pelajaran yang akan kamu peroleh hingga prospek ke depannya.

Dalam memilah jurusan yang akan kamu ambil, ada baiknya jika kamu menyimak ulasan berikut. Supaya kamu punya gambaran dan kemantapan berpikir kedepannya. Nah, Kali ini kita akan membahas mengenai 5 jurusan yang terkenal susah. Gimana kok bisa susah? Yuk kita simak!

1. Farmasi
Farmasi merupakan jurusan yang banyak diminati oleh sebagain orang. Prospek kerja yang mampuni yaitu menjadi seorang apoteker. Dan kebutuhan apoteker sangat diperlukan oleh suatu rumah sakit maupun perusahaan obat.

Tapi ketika kamu memutuskan untuk masuk jurusan ini. Kamu harus siap bersahabat dengan setumpuk laporan. Karena ilmu yang berkaitan dengan jurusan ini adalah kimia dan biologi. Dimana kedua cabang ilmu tersebut sering menuntut untuk melakukan penelitian. Alhasil kamu akan lebih sering menghabiskan waktumu untuk banyak mengerjakan laporan.

Baca juga: 6 Hal Ini Harus Dihindari Oleh Tipe Pembelajar Visual

2. Kedokteran
Tak hanya farmasi, kedokteran jauh lebih susah dibandingkan dengan ilmu medis lainnya. Jurusan kedokteran memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa lulus. Hal ini karena ilmu kedokteran mempelajari sesuatu seperti anatomi, sistem rangka dan lainnya secara lebih mendalam.

Kamu harus siap belajar dengan tekun supaya bisa memperoleh nilai baik di jurusan ini. Tak ada salahnya jika dana dan pikiranmu mampu maka hasilnya juga tidak akan sia-sia. Prospek kerja dokter juga akan sangat menjamin jika kamu bisa menjadi seseorang yang berkualitas.

3. Arsitektur
Siapa yang tidak mengenal jurusan perancang yang handal seperti arsitektur. Dalam jurusan ini, kamu tidak hanya dituntut untuk bisa menggambar tetapi juga kemampuan untuk mendesain dan memecahkan masalah yang lebih struktural.

Jika kamu tertarik dan berniat untuk menjadi insinyur, kamu harus akrab dengan cabang ilmu matematika, ilmu pengetahuan alam, dan seni. Tak hanya itu, kamu juga akan memerlukan banyak ruangan untuk bisa leluasa menyalurkan ide-idemu.

4. Matematika
Mungkin matematika merupakan ilmu yang banyak tidak disukai dikalangan pelajar. Mulai dari pelajarannya yang susah diterima sampai kemampuan memahami yang kurang. Tapi, pastinya tidak sedikit pula yang menyukai ilmu berhitung ini.

Baca juga: 5 Tips Meraih Skor IELTS Tinggi Buat Para Scholarship Hunter

Jika kamu tertarik untuk masuk jurusan matematika, kamu akan dituntut untuk bisa memahami semua cabang ilmu matematika. Namun dalam memahami ilmu yang tingkat kesulitannya lebih tinggi, kamu harus siap meluangkan banyak waktu untuk bisa memahaminya.

5. Teknik Sipil
Sama halnya dengan jurusan arsitektur, jurusan teknik sipil juga tidak kalah susahnya. Jurusan ini sedikit berbeda dengan arsitektur, dimana jurusan arsitek lebih ke perencanaan dan desain kalau jurusan teknik sipil lebih ke perencanaan pembuatan bangunan.

Kamu yang berniat masuk jurusan ini harus siap untuk mempelajari hampir semua aspek dalam kehidupan. Seperti halnya fisika, matematika, ekonomi dan juga keahlian komputer.

Susah tidaknya jurusan yang akan kamu pilih, semua itu tergantung atas dirimu sendiri dan seberapa besar pengorbanan yang akan kamu berikan. Semangat berjuang!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s