Hastag Campus

7 Cara Menghadapi Teman yang Apatis Saat Kerja Kelompok

Mahasiswa sering dianggap sebagai seseorang yang punya pikiran dan tingkah laku yang lebih dewasa. Begitulah masyarakat berpikir ketika melihat mahasiswa lewat di depannya atau hanya mendengar kata “mahasiswa”. Namun kedewasaan itu hanyalah stereotip yang berlaku hanya untuk mahasiswa yang benar-benar niat menjadi mahasiswa.

Salah satu yang sering jadi momok dalam dunia perkuliahan adalah sikap apatis saat kerja kelompok. Sudah menjadi rahasia umum di dunia perkuliahan, ada saja oknum-oknum mahasiswa yang tidak memiliki kedewasaan dan kebijaksanaan saat harus berhadapan dengan kerja kelompok.

Menghilang, susah dihubungi, susah diajak berkumpul, sampai yang paling sering dikeluhkan oleh para mahasiswa adalah cuma nitip nama tanpa ikut kerja.

Menyikapi hal tersebut, di bawah ini ada beberapa cara menghadapi orang-orang yang dikenal punya sifat apatis saat kerja kelompok. Simak di bawah ini.

1. Buat peraturan yang jelas untuk tiap individu dalam kelompok
Ketika kalian tahu bahwa ternyata ada individu-individu yang dikenal apatis saat kerja kelompok, langkah pertama yang harus dilakukan adalah buatlah peraturan yang jelas untuk tiap individu. Jelaskan fungsi dan tanggung jawab tiap orang yang berada di kelompok akan sangat menentukan tugas kalian. Jangan lupa buat aturan yang bisa membuat para individu-individu apatis dalam kelompok kalian menjadi lebih berpikir untuk berkontribusi.

Baca juga: 5 Tips Mudah Untukmu yang Bingung Menentukan Ide Dalam Menulis

2. Jangan bersikap lunak
Orang-orang apatis yang sering menjadi benalu dalam kelompok biasanya senang dengan orang-orang yang bersikap lunak di dalam kelompok. Maka dari itu jangan pernah bersikap lunak. Tegaslah dan coba keras terhadap individu-individu apatis tersebut.

3. Bagi tugas dengan porsi yang adil
Pembagian tugas juga penting, usahakan pembagian tersebut adil dan penuh musyawarah. Tugas tiap individu tidak berat sebelah adalah hal yang tentunya tidak akan membuat iri satu sama lain.

Jika kamu tidak ingin mengambil risiko tugas mandek, kamu bisa beri porsi lebih sedikit kepada anggota kelompok yang dikenal apatis. Namun hal tersebut cukup kamu lakukan bila sudah sangat terdesak.

4. Jangan takut untuk menyindir
Sindir saja jika dia tidak sadar dengan tugasnya. Dihubungi sulit dan diajak berkumpul tidak mau datang. Kamu harus pandai bersikap dengan orang-orang apatis ini. Jika ada kesempatan untuk duduk bersama, sindir saja habis-habisan.

Orang-orang apatis kadang punya seribu alasan untuk berkelit dari tugas yang diberikan kepadanya. Kamu juga harus lebih cerdas untuk menyadarkan orang-orang apatis tersebut.

5. Selalu pantau proses pengerjaan
Selalu pantau dan ingatkan baik melalui grup chat kelompok atau saat berpapasan langsung. Mereka yang apatis di dalam kelompok adalah mereka yang cenderung tidak peduli dan malas untuk mengingat tugas yang dilimpahkan kepadanya. Terus ingatkan mereka dalam kondisi apapun.

Baca juga: Judul Skripsi Sering Ditolak? Nih, 5 Tips Biar Cepat di-ACC Dosen

6. Bersikaplah cerewet
Walaupun pada akhirnya dianggap cerewet, tentu harus ada yang berani memulai dan mengatur. Karena jika dalam suatu kelompok tidak ada yang memulai dan bersikap seolah pemimpin, tugas tidak akan pernah selesai. Maka dari itu bersikaplah cerewet.

7. Ambil langkah tegas jika tidak mengerjakan atau tidak merespon, nama akan dicoret
Langkah terakhir jika kamu benar-benar tidak bisa lagi menghadapi orang-orang apatis di kelompokmu adalah ancam mereka dengan mencoret nama mereka dari kelompok. Hal ini kadang bisa memberikan efek jera yang ampuh. Namun jika masih saja apatis, lakukan saja pencoretan nama tersebut dan juga laporkan ke pihak dosen.

Orang-orang apatis di suatu kelompok tidak dipungkiri sangat sering ditemui dalam dunia perkuliahan. Tidak untuk dibiarkan, perlu ada tindakan tegas agar tidak merugikan anggota kelompok yang lain.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

3 replies to “7 Cara Menghadapi Teman yang Apatis Saat Kerja Kelompok

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star