Hastag Campus

5 Cara Atasi Perasaan Capek Saat Pertama Kali Masuk Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja dan memiliki penghasilan sendiri adalah keinginan para mahasiswa semester akhir nih biasanya. Tanpa tahu betapa kerasnya dunia kerja, kita sering bermimpi jadi pegawai kantoran dan terlepas dari yang namanya tugas akhir kuliah.

Tapi, buat yang baru lulus kuliah dan pertama kali bekerja, bukan gak mungkin akan mengalami kejenuhan, kecapekan, dan rasa rindu akan masa-masa kuliah yang bisa dinikmati sambil hang out sama teman-teman.

Nah, berikut ini beberapa cara biar kamu gak gampang capek saat bekerja untuk pertama kalinya ya.

1. Jangan sering mengeluh
Mengeluh adalah kebiasaan buruk yang sepertinya sudah mendarah daging di masyarakat kita. Kebiasaan mengeluh ini sebenarnya gak akan membuat keadaan menjadi lebih baik. Malah, kamu bisa saja jadi merasa semakin capek dan tertekan gara-gara pekerjaan yang rasanya gak ada habisnya saat kamu mulai mengeluhkan segalanya.

Makanya, stop mengeluh dari sekarang dan perbanyak beryukur.

Baca juga: 5 Kunci Lulus Kuliah Tepat Waktu Buat Kamu yang Sambil Kerja

2. Mengingat tanggal gajian juga bisa jadi solusi
Apa lagi sih yang dinanti ketika baru bekerja kalau bukan gaji. Gak ada salahnya juga bagimu untuk mengingat tanggal gajihan, menandai kalender mu, dan mulai beraktivitas seperti biasa. Hal ini bisa membuat kamu lebih semangat saat bangun pagi karena satu hari lagi akan terlewati dan semakin dekat dengan tanggal gajian.

3. Carilah alasan yang membuat kamu cinta dengan pekerjaanmu ini
Mencintai pekerjaan juga bisa membuat kamu gak terlalu capek lagi dengan semua tumpukan tugas yang harus dilakukan. Jika gak memungkinkan untuk mencintai pekerjaannya, kamu bisa mencari alasan lain seperti lingkungan kerja yang nyaman, suasana yang tenang, rekan yang menyenangkan, dan lainnya.

4. Berkumpul bersama teman kuliah dan berbagi cerita
Berkumpul kembali bersama teman se-geng mu bisa juga jadi penyemangat di akhir pekan nih. Mereka yang sudah bekerja juga pasti akan punya permasalahan masing-masing. Dengan begitu, kamu gak akan merasa sendirian dan semakin tau bahwa semua pekerjaan pasti memiliki keluhannya sendiri-sendiri.

Baca juga: 10 Tips Sukses Jadi Mahasiswa S2 yang Gak Pernah Diketahui Anak Muda

5. Tetap lakukan hobimu di waktu tertentu
Hobi adalah kegiatan yang akan tetap memotivasimu dan membuat kamu bersemangat. Maka, jangan sampai kamu melupakan untuk mengerjakan hobi mu di waktu tertentu. Mungkin sepulang kerja, atau saat libur, dan lainnya.

Ingat ya guys, semua pekerjaan gak ada yang gampang. Pasti ada plus dan minus yang harus kamu terima. So, jalani dengan penuh rasa syukur maka semua pasti akan menyenangkan.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star