Hastag Campus

Tanda-Tanda Kamu Seorang Introvert

Orang yang memiliki kepribadian introvert itu unik, ada beberapa hal yang menandakan bahwa kamu seorang introvert. Berikut tanda bahwa bisa jadi kamu seorang introvert :

1. Senang menghabiskan waktu sendirian

Kebanyakan orang yang memiliki kepribadian introvert menikmati menghabiskan waktu sendirian. Jika waktu sendirian terasa menyegarkan, damai, dan membantu mengisi tenaga, bisa jadi kamu seorang introvert.

2. Melakukan pekerjaan terbaik ketika sendirian.

Introvert jarang bekerja dengan keadaan lingkungan yang ramai. Semakin sepi, semakin besar kemungkinan untuk fokus dalam bekerja. Ketika sendirian, introvert mungkin merasa lebih kreatif, fokus, atau produktif, atau dapat melakukan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Bisa jadi ketika masuk ke dalam tim, introvert ingin mundur dan menyelesaikannya sendiri.

3. Lebih asik dirumah daripada keluar

Bagi seorang introvert, tidak ada hal yang lebih menyenangkan dari membaca buku, menonton film dan melakukan aktivitas lainnya sendiri di rumah. Bagi introvert, hal tersebut menjadi sesuatu yang mengasikkan. Mereka sering ‘mager’ banget setiap diajak jalan atau nongkrong di luar sama teman-teman. Mereka lebih memilih “me time” ketika tidak ada yang harus dikerjaan.

4. Bukannya Anti-Sosial, melainkan milih-milih.

Orang Introvert terkadang dianggap sosok yang tidak suka bergaul, padahal introvert super selektif memilih teman dan tidak mudah untuk langsung terbuka ke orang lain. Hanya orang-orang yang dirasa nyaman saja.

5. Terbuka kepada orang-orang yang dianggap spesial.

Karena sifat orang Introvert yang super selektif, hanya beberapa orang yang akan dianggap spesial oleh mereka, yang akan mengetahui karakter asli kita seperti apa. Tapi jangan salah, sekali disakitin aau tersinggung atau semacamnya oleh orang tersebut, maka si orang Introvert akan kembali menutup diri.

6. Pendengar Setia

Kalau kamu sedang galau dan ingin menjadi pendengar ceritamu, maka sosok introvert adalah orang yang pas. Introvert merupakan pendengar yang sangat baik, dan senang bisa memahami maslaah orang lain. Setiap saran yang diberikan oleh orang Introvert benar-benar dipikirkan dengan matang, bukan basa-basi.

7. Pengamat yang handal

Terkadang sosok introvert dianggap sebagai orang yang lemot dan susah memahami masalah, padahal introvert sedang menjadi pengamat yang mencoba untuk mendalami masalah sebelum benar-benar dengan matang menyampaikan pendapatnya.

8. Berfikir sebelum bertindak

Karena sering melakukan pengamatan sebelum bertindak, sosok introvert biasanya memikirkan terlebih dahulu secara mendalam apa yang akan dilakukan atau diucapkan.

9. Jarang merasa bosan.

Karena pikirannya yang susah pernah berhenti bicara, banyak ide bermunculan atau bahan yang menarik untuk dipikirkan. Dengan demikian, mereka jarang sekali merasa bosan.

 

[Quiet : Pahami Daya Kekuatan Sang Introvert]

Banyak orang menduga seseorang yang berkepribadian introvert adalah sosok pendiam, kutu buku dan anti sosial.

Berbagai label negatif diberikan kepada para introvert sehingga sosok extrovert-lah yang menjadi contoh baik dalam masyarakat.

Akan tetapi, Susan Cain dalam bukunya yang berjudul ‘Quiet: The Power of Introvert” (diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia : Quiet, Daya Introvert dalam Dunia yang Tidak Bisa Berhenti Bicara), mengungkapkan bahwa dibalik kepribadian introvert tercipta orang-orang sukses. Sisi-sisi positif para introvert inilah yang kemudian diulas oleh Susan Cain di dalam bukunya tersebut.

Susan Cain menjawab keresahan tersebut dengan mengungkapkan bahwa orang yang berkepribadian introvert adalah sosok orang-orang pemerhati dan pendengar yang baik.

Kamu bisa memesannya dengan mudah melalui WhatsApp ke no 0822-3209-6491 dengan format : Saya Mau Beli Buku Quiet atau klik di bit.ly/PesanQuiet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star