Hastag Campus

Tanda Bahwa Kamu Seorang Introvert yang Berkualitas

Kalau kamu seorang introvert, tidak jarang kamu mendapat tatapan aneh dari banyak orang karena menganggap kamu sosok yang tidak biasa. Apalagi kamu yang lebih memilih untuk menyendiri dibandingkan berkumpul dengan banyak orang, mereka yang tidak mengetahuinya akan menganggap itu menyebalkan.

Tapi, kamu tetap harus cuek dan melakukan apa yang membuatmu nyaman. Apalagi kalau kamu melakukan 9 tanda di bawah ini, itu tandanya kamu itu seorang introvert yang berkualitas!

 

1. Kamu menetapkan batasan yang jelas.

Dia tidak terlalu dekat dengan sekumpulan orang karena dia tahu batasan mana dia harus menjalin hubungan dengan orang lain. Introvert berkualitas tahu, terlalu dekat dengan orang akan membahayakan diri sendiri suatu saat nanti.

2. Kamu punya intuisi yang kuat.

Lebih kepada kamu tahu apa yang kamu mau dan tahu apa yang harus kamu lakukan untuk mencapainya. Kamu punya intiusi yang menuntunmu dalam melakukan segala sesuatu.

3. Kamu sadar apa kekurangan dan kelebihanmu.

Kamu sadar betul tidak ada yang sempurna di dunia ini dan kamu paham akan kekurangan dan kelebihanmu. Terlebih, kamu mencoba untuk memperbaiki dirimu sendiri dan tahu bersikap saat bersinggungan dengan sifat jelekmu.

4. Kamu menggunakan waktumu untuk mengenal dirimu dengan baik.

Bukan hanya sekadar menghabiskan waktu sendiri dengan melakukan apa yang kamu sukai, tapi kamu menggunakannya untuk mengenal dirimu dengan baik. Saat semua orang lupa untuk meluangkan waktu untuk dirinya, kamu punya banyak waktu untuk dirimu.

5. Kamu tidak ragu melakukan kebaikan.

Walau kamu seorang yang pendiam dan tertutup, tapi kamu tidak berpikir ulang untuk membantu orang lain karena kamu tahu itu sebuah keharusan.

6. Kamu punya kesadaran yang tinggi terhadap orang-orang di sekitarmu.

Tidak bisa dipungkiri, introvert cenderung lebih menaruh perhatian pada apa yang ada di sekelilingnya. Bahkan sampai hal kecil dari warna baju atau sepatu, dia tahu dan mengingatnya.

7. Kamu mencintai dirimu sendiri.

Introvert berkualitas tidak menganggap dirinya aneh. Justru, kamu malah mencintai dirimu sendiri dan tahu bahwa kepribadianmu ini bukan sebuah kesalahan. Kamu nyaman dengan apapun yang kamu lakukan.

8. Kamu punya pemikiran yang terbuka.

Dia menerima perbedaan dan pendapat semua orang. Dia jauh dari kata menghakimi karena dia yakin semua orang punya hak untuk berpikiran berbeda.

9. Kamu sosok yang bisa diandalkan.

Meski pendiam, banyak orang yang bergantung padamu dalam berbagai macam hal. Mereka mengakui kamu orang yang bisa diandalkan sehingga mereka memberimu tanggung jawab.

Dengan melakukan semua tanda di atas, tidak dipungkiri lagi kamu memang introvert yang berkualitas. Tidak peduli dengan pandangan orang lain terhadapmu, kamu tetap harus bangga dan nyaman dengan dirimu sendiri.

[Quiet : Pahami Daya Kekuatan Sang Introvert]

Banyak orang menduga seseorang yang berkepribadian introvert adalah sosok pendiam, kutu buku dan anti sosial.

Berbagai label negatif diberikan kepada para introvert sehingga sosok extrovert-lah yang menjadi contoh baik dalam masyarakat.

Akan tetapi, Susan Cain dalam bukunya yang berjudul “Quiet: The Power of Introvert” (diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia : Quiet, Daya Introvert dalam Dunia yang Tidak Bisa Berhenti Bicara), mengungkapkan bahwa dibalik kepribadian introvert tercipta orang-orang sukses. Sisi-sisi positif para introvert inilah yang kemudian diulas oleh Susan Cain di dalam bukunya tersebut.

Susan Cain menjawab keresahan tersebut dengan mengungkapkan bahwa orang yang berkepribadian introvert adalah sosok orang-orang pemerhati dan pendengar yang baik.

Kamu bisa memesannya dengan mudah melalui WhatsApp ke no 0822-3209-6491 dengan format : Saya Mau Beli Buku Quiet atau klik di bit.ly/PesanQuiet

 

Credit Konten : IDNTIMES

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star