Hastag Campus

5 Alasan Mengapa Menyendiri Terasa Lebih Baik bagi Introvert

Bukanlah perkara mudah bagi introvert–karakter yang cenderung menyendiri dan tertutup–untuk menghabiskan waktu bersama orang lain. Baginya, menghabiskan waktu bersama dirinya sendiri terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Banyak manfaat yang dirasakan para introvert ketika menghabiskan waktu sendirian tanpa orang lain, terutama saat liburan. Dikutip dari Psychology Today dan Huffington Postkumparan (kumparan.com) merangkum lima alasan mengapa menghabiskan waktu sendiri terasa lebih baik bagi kamu, yang merasa dirinya introvert.

1. Bepergian sendiri dapat menyegarkan pikiran tanpa gangguan

Bepergian sendiri dapat membuka kesempatan untuk menyegarkan otak dan pikiran kembali. Otak yang bekerja setiap hari cenderung lebih cepat frustasi dan stres.

Dengan menghabiskan waktu sendirian, otak dapat kembali segar tanpa gangguan dari luar. Cara ini bermanfaat dalam memulihkan pikiran dan tubuh secara bersamaan.

2Kesendirian membantu tingkatkan konsentrasi dan produktivitas

Berkelana sendirian ke tempat baru mampu menyegarkan otak, meningkatkan konsentrasi, motivasi dan produktivitas diri.

Kegiatan seperti ini dapat membantu kamu berpikir secara lebih mendalam, sehingga dapat mempersiapkan segala sesuatu dengan lebih baik dan matang.

3. Kesendirian membantu kamu menemukan jati diri anda

Jika menjadi bagian dari sebuah kelompok, kamu cenderung mengikuti apa yang dikatakan dan dilakukan oleh kelompok tersebut. Padahal, tak selalu keputusan dan aksi kelompok terasa sesuai dengan dirimu.

Maka, jadilah diri sendiri. Kesendirian akan membantu menemukan siapa diri dan jati dirimu yang sebenarnya. Dalam prosesnya, perbanyak merenung dan memahami apa yang kamu inginkan secara mendalam.

4. Menghabiskan waktu sendiri adalah cara introvert menemukan kebahagiaan

Seorang introvert berinteraksi dengan cara yang berbeda dari sekelilingnya. Mereka cenderung melakukan segala sesuatunya sendiri, karena itulah gaya ternyaman bagi mereka. Para introvert membutuhkan energi dari keheningan dan alam untuk dirinya sendiri.

Karakter ini tentunya berbeda dengan extrovert yang cenderung membuka diri kepada orang lain, sebab sumber energi yang mereka butuhkan didapat dari orang-orang disekelilingnya.

5. Menghabiskan waktu sendiri membuat fokus melakukan apa yang anda cintai

Seringkali kita tidak memiliki waktu untuk diri kita sendiri dan melakukan apa yang kita mau karena tuntutan pekerjaan atau orang lain. Kerap kali, apa yang menjadi perintah orang lain bertolak belakang dengan keinginan hati sendiri.

Ketika liburan datang, mengapa tidak sesekali mulai mengerjakan kembali apa yang kita impikan dan cintai, misalnya jika anda hobi bermain musik, namun karena tuntutan pekerjaan hal itu jadi terabaikan. mengapa tidak segera memakai liburan panjang anda untuk memanfaatkannya ? bentuklah sebuah band, latihan setiap hari, wujudkan apa yang menjadi passion anda selagi ada kesempatan dan jangan pernah ragu untuk memulai.

[Quiet : Pahami Daya Kekuatan Sang Introvert]

Banyak orang menduga seseorang yang berkepribadian introvert adalah sosok pendiam, kutu buku dan anti sosial.

Berbagai label negatif diberikan kepada para introvert sehingga sosok extrovert-lah yang menjadi contoh baik dalam masyarakat.

Akan tetapi, Susan Cain dalam bukunya yang berjudul “Quiet: The Power of Introvert” (diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia : Quiet, Daya Introvert dalam Dunia yang Tidak Bisa Berhenti Bicara), mengungkapkan bahwa dibalik kepribadian introvert tercipta orang-orang sukses. Sisi-sisi positif para introvert inilah yang kemudian diulas oleh Susan Cain di dalam bukunya tersebut.

Susan Cain menjawab keresahan tersebut dengan mengungkapkan bahwa orang yang berkepribadian introvert adalah sosok orang-orang pemerhati dan pendengar yang baik.

Kamu bisa memesannya dengan mudah melalui WhatsApp ke no 0822-3209-6491 dengan format : Saya Mau Beli Buku Quiet atau klik di bit.ly/PesanQuiet

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star