Hastag Campus

Gampang-gampang Susah, 5 Jurusan Ini Pas Untuk Kamu yang Ekstrovert

Kebanyakan dari kita menganggap orang dengan kepribadian ekstrovert lebih fleksibel dalam memilih jurusan ataupun pekerjaan. Karena seperti yang kita tahu, ekstrovert cenderung membuka diri dengan lingkungan, senang beraktivitas dengan sekitarnya serta aktif berbicara. Berbeda dengan introvert yang cenderung diam dan menutup diri, ekstrovert mempunyai percaya diri yang tinggi dan suka bergaul. Tapi bukan dengan kelebihan itu juga, ekstrovert mudah menemukan jurusan. Banyak para ekstrovert yang salah masuk jurusan hingga minat dan bakatnya pun akhirnya tidak terasah. Sayang, yaa!

Yuk, kita simak 5 jurusan yang cocok untuk kepribadian ekstrovert, agar kamu tidak salah pilih jurusan dan menyesal nantinya!

1. Jurusan Hukum
Apakah kamu termasuk salah satu orang yang sering beranggapan bahwa jurusan hukum adalah jurusan yang berkutat dengan hafalan? Nah, kali ini kamu harus merubah mindsetmu tentang jurusan hukum. Sebenarnya, dalam jurusan hukum tidak melulu mengandalkan kelihaianmu dalam menghafal. Malah, dalam jurusan ini kamu akan banyak menemui pengetahuan dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.

Menganalisis, problem solving, berpikir strategis, menulis, mempersuasi, dan mengolah kata juga data akan banyak kamu pelajari di jurusan ini. Selain itu, dalam memecahkan suatu kasus dalam jurusan ini butuh banyak pola pikir kritis dan jiwa kepemimpinan. Tuh, cocok banget kan bagi pribadi ekstrovert yang selalu percaya diri, penuh rasa ingin tahu dan punya jiwa kepemimpinan!

Baca juga: 6 Trik yang Wajib Diterapkan Saat Hadapi Banyak Tugas

2. Jurusan Ilmu Komunikasi
Apalagi jurusan satu ini, pas banget pastinya untuk kamu yang punya kepribadian ekstrovert! Ilmu komunikasi adalah jurusan yang mempelajari tata cara berkomunikasi dan penggunaan media sebagai sarana komunikasi antar manusia. Nah, di jurusan ini kamu akan mempelajari teori komunikasi, seni dalam mengolah pesan kepada lawan bicara, psikologi komunikasi, fotografi hingga praktek langsung dalam bidang advertising, broadcasting, serta public relation. Kamu pun akan mendapat banyak tugas seru dalam jurusan ini seperti menulis berita, siaran radio dan bikin film. Seru, kan ?

3. Jurusan Hubungan Internasional
Udah gak asing sama jurusan yang satu ini, kan ? Hubungan Internasional adalah jurusan yang mempelajari relasi, interaksi, dan komunikasi internasional. Di jurusan ini, kamu akan mengkaji tentang diplomasi antar negara, politik dan perdagangan luar negeri, hukum juga ekonomi internasional. Wawasan, pola pikir kritis, keterampilan komunikasi, dan diplomasi yang baik akan diasah banget di jurusan ini. Pas untuk kepribadian ekstrovert yang berjiwa petualang dan selalu aktif berbicara. Iya, kan ?

4. Jurusan Ilmu Politik
Kamu suka hal yang berbau politik, sejarah dan hukum ? Nah, jurusan ini layak dapat perhatianmu! Wawasan luas, pola pikir kritis, keterampilan komunikasi dan interpersonal akan diasah dalam jurusan ini. Mengkaji demokrasi, sistem politik hingga hak asasi manusia, jurusan ini banyak mengajarkan teori dan praktik dari berbagai macam sistem politik dunia. Ilmu politik cocok untuk ekstrovert karena disini kamu akan berinteraksi, banyak berbicara dan berkelompok dengan yang lain. Pastinya, di jurusan ini kamu juga harus banyak melakukan riset, analisa dan diplomasi.

Gampang-gampang susah yaa ternyata ilmu politik itu!

Baca juga: Mendaftar Lintas Jurusan? Sontek 5 Cara Ini Agar Sukses Lolos Ujian!

5. Jurusan Psikologi
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, mental serta pikirannya. Jurusan yang satu ini banyak banget peminatnya, lho! Di jurusan ini, kamu akan banyak mempelajari pola perilaku, pola pikir dan pola emosi manusia. Dengan mata kuliah teori-teori kepribadian, psikologi pendidikan, psikologi konseling hingga psikodiagnostik, jurusan ini menantang banget untuk kamu yang berkepribadian ekstrovert karena kamu akan bertemu dengan berbagai tipe manusia. Tertarik ?

Itulah 5 Jurusan yang cocok untuk kamu yang berkepribadian ekstrovert. Telusuri lebih lanjut pribadi serta minat bakatmu yaa, agar tidak salah memilih jurusan dan menyesal nantinya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star